Sukses

Layanan Penerbangan Carter Khusus Jemaah Umrah Asal Indonesia

Rute penerbangan carter Dream Aviation untuk jemaah umrah, yakni Saudi Arabia, Jedah, dan Madinah dari beberapa kota di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Dream Tour melebarkan sayap dengan mengembangkan unit usaha baru, yaitu Dream Aviation, yang berfokus pada penerbangan carter khusus jemaah umrah. Layanan itu secara resmi diluncurkan pada Rabu, 14 Desember 2022.

Di penerbangan carter itu, pihaknya melayani rute Saudi Arabia, Jeddah, dan Madinah yang diberangkatkan dari beberapa kota besar di Indonesia. Ini termasuk Medan, Jakarta, Pekanbaru, Solo, Makasar, dan Surabaya. 

CEO Dream Aviation, Muhammad Umar Bakadam, menyebut bahwa Dream Aviation memudahkan "rekan-rekan agen perjalanan dalam mendapatkan tiket untuk jamaah umrah di seluruh wilayah di Indonesia." Tahun ini, mereka mengklaim berhasil memberangkatkan 322.380 jemaah dari seluruh Indonesia.

Dalam seminggu, pihaknya bisa melayani 36 kali penerbangan hingga penjualan tiket mencapai 60 ribu. Lalu dalam satu bulan, lanjut dia, "terdapat 150 pesawat yang kami carter." Terkait hal ini, Kasubdit Perizinan Umrah, Akreditas, dan Bina PPIU Kementerian Agama, Rudi Nurudin Ambari, mengatakan bahwa kemudahan yang ditawarkan Dream Aviation sejalan dengan kebijakan pihaknya, yaitu meminimalisir terlantarnya jemaah umrah. 

Dream Aviation juga telah meneken kontrak dengan Lion Air dan Batik Air selama setahun. Saat ini, pihaknya juga menguasai penjualan tiket carter umrah maskapai Lion Air sebesar 65 persen, sedangkan pada maskapai Batik Air sebanyak 100 persen. 

Lebih lanjut, Umar mengatakan bahwa strategi blusukan ke daerah-daerah merupakan salah satu opsi untuk menggaet para agen perjalanan umrah di seluruh Indonesia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

Layanan penerbangan carter khusus jemaah umrah ini dibanderol mulai dari Rp12,9 juta hingga Rp15,7 juta dengan program mulai dari sembilan hingga 13 hari. Dream Aviation juga menyediakan tiga jenis promo untuk menggaet agen perjalanan umrah di Indonesia.

Pertama, early bird deposit yang menawarkan pemesanan tiket mulai dari seribu kursi hingga 20 ribu kursi. Pembukuan ini dihargai senilai Rp3 juta per kursi. 

End season jadi promo kedua. Para agen perjalanan umrah bisa mendapatkan hadiah setelah mengakumulasi jumlah kursi yang dipesan. Periode ini berlaku setelah bulan Syawal. 

Terakhir, promo flight charter. Di penawaran ini, agen perjalanan umrah yang memesan satu pesawat Lion Air dan Batik Air akan mendapatkan hadiah langsung setelah tiga hari pelunasan teken kontrak.

Promo-promo yang ditawarkan juga memungkinkan pihak agen perjalanan umrah mendapatkan hadiah langsung. Pilihannya mulai dari emas senilai 25 gram, mobil listrik keluaran terbaru, hingga apartemen dua kamar. 

3 dari 4 halaman

Penerbangan Langsung

Terkait layanan penerbangan carter khusus jemaah umrah, Umar berkata, "Semoga musim ini bisa berjalan lancar sampai Mei (2023) dan akan menerbangkan lagi di bulan Agustus (2023) mendatang. Semoga sudah 50 penerbangan per minggu." 

Saat ini, terdapat 15 pesawat Lion Air yang membantu penerbangan rute umrah, dengan harapan akan terus bertambah pada tahun depan. Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi, Presiden Direktu Lion Air Group, menyebut, kiranya di tahun yang akan mendatang, penerbangan langsung bagi jemaah umrah dari Indonesia juga makin mumpuni.

"Jadi, tanpa harus transit di negara lain," katanya.

Ia juga menyebut bahwa memang sudah saatnya Lion Air Group bersama afiliasinya, termasuk yang berada di luar negeri, menerbangkan jemaah umrah Asia dan ASEAN melalui pemberangkatan langsung ke Arab Saudi.

"Saya juga sudah diskusi terkait hal ini (penerbangan langsung) dengan beberapa pengelola bandara. Bismillah akan terwujud," katanya, seraya berharap kerja sama ini akan terus berkembang ke depannya. 

4 dari 4 halaman

Visa Umrah

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa visa umrah ke Arab Saudi untuk jemaah Indonesia bisa berlaku selama 90 hari, lapor kanal News Liputan6.com. Sebelumnya, visa tersebut hanya dibatasi berlaku selama 30 hari.

"Bisa (mengunjungi) seluruh wilayah kerajaan Arab Saudi," kata Menag Yaqut, Oktober lalu. "Ini saya kira berita sekaligus informasi yang sangat menggembirakan, terutama bagi kaum muslimin dan muslimat yang berkeinginan untuk bisa datang ke tanah suci."

Di kesempatan sama, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah menyebut bahwa pihaknya akan memberikan pelayanan terbaik untuk jemaah haji dan umrah Indonesia. Ia mengatakan, visa umrah untuk jemaah Indonesia bisa dilayani dengan cepat.

"Kami telah menyampaikan pada bapak Menag, Saudi menerima seluruh jemaah haji dan umrah tanpa syarat. Kami juga telah (berupaya mempercepat) proses mendapatkan visa. Yang tadinya makan waktu cukup lama, sekarang sudah sangat cepat," ia mengklaim. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.