Sukses

Lagi Viral Bahasa Gaul Atapu, Apa Artinya?

Viral di tiktok dan media sosial lainnya, sedang tren bahasa gaul atapu.

Liputan6.com, Jakarta Viral di TikTok dan media sosial lainnya, sedang tren bahasa gaul atapu. Orang yang belum mengerti pun banyak yang mencari tahu artinya.

Membuka aplikasi TikTok ternyata ada banyak video yang memberitahu arti bahasa gaul atapu. Di video singkat yang beredar tampak seorang laki-laki yang mengatakan i love you ke adiknya.

Namun sang adik yang masih balita menjawabnya dengan atapu, lantaran cadel dan belum sepenuhnya bisa melafalkan kata i love you. Sehingga atapu sendiri adalah plesetan dari i love you.

Beberapa video viral di TikTok juga menjelaskan lewat tayangan pesan bergerak. "Win, lo tau yang di TikTok itu gaj? yang atapu," tulis isi pesan. "Tau, kenapa," balas pesan. "Atapu artinya apa," tanya pengirim pesan, lalu dijawab temannya, "Ye masa gatau, i love you," sambung temannya.

Lalu balasan itu dibalas sebagai becandaan oleh temannya, "I love you more," dan dibalas dengan jawaban heran berkali-kali, "hah,"hah", "HAH,". Di video lainnya juga terdapat sebuah tangkapan layar pesan seseorang kepada pasangannya. "Mas", tulis pesan, "Iya?," balasnya, lalu disambung "atapu," yang dijawab pertanyaan, atapu? apa itu dek?.

Kemudian masih banyak video lainnya yang dibuat mengenai atapu. Namun kebanyakan menyematkan video pertama seorang balita yang mengucap kata atapu tersebut. Itulah arti dan asal usul kata atapu yang tengah viral di TikTok dan media sosial, karena akhirnya ada banyak orang yang mengunggah kata atapu sebagai statusnya. 

 

2 dari 4 halaman

Bahasa Gaul Spill

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, 19 November 2022, ada bahasa gaul lain yang orang mungkin telah sering mendengar atau membacanya yaitu spill. Tapi tidak sedikit pula yang belum mengerti apa arti spill. Spill adalah kata dalam Bahasa Inggris, yang kalau diterjemahkan secara harfiah dalam ke dalam bahasa Indonesia berarti tumpahan atau tumpahan.

Tapi dalam percakapan di media sosial, kata spill mengacu pada tindakan untuk mengungkapkan, membocorkan, menunjukkan, atau memberitahukan. Mungkin banyak orang bertanya-tanya, bagaimana kata yang secara harfiah berarti tumpahan atau tumpah, digunakan untuk mengungkapkan tindakan seperti mengungkapkan atau membocorkan.

Secara harfiah spill memang tumpah atau tumpahan, akan tetapi ada hal yang melatarbelakangi spill lalu digunakan sebagai istilah yang merujuk pada tindakan-tindakan seperti memberitahukan, mengungkapkan, menceritakan, membocorkan, serta sebagainya. Arti spill yang bergeser dari arti harfiahnya ini, tak lepas dari makna idiomatik kata spill.

Dari bahasa asalnya, yakni bahasa Inggris, ada sebuah idiom atau ungkapan "spill the tea." Dari ungkapn itulah, kata spill mulai populer dalam bahasa percakapan, terutama di media sosial. 

3 dari 4 halaman

Bahasa Gaul Chill

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, 4 Desember 2022, media sosial berkontribusi besar akan munculnya istilah baru. Bukan hanya itu, banyak pula istilah atau kata asing yang masuk, salah satunya chill.

Chill memiliki arti santai. Chill merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris yang sebenarnya tidak hanya memiliki arti santai. Menurut Merriam-Webster, chill  adalah kata benda yang mengacu pada sensasi dingin disertai menggigil (seperti karena sakit), atau kondisi dingin yang sedang namun tidak tidak menyenangkan.

Di samping itu, chill punya arti sesuatu yang menggambarkan kondisi antusiasme atau kehangatan perasaan. Sebagai kata benda (nomina), chill juga masuk kategori kata sifat. Sebagai kata sifat, chill artinya cukup dingin, atau memiliki gaya santai atau sikap mudah. Sedangkan sebagai kategori kata kerja (verba), chill artinya menjadi dingin, atau menggigil atau gemetar dengan atau seolah-olah karena dingin.

Dengan kata lain, chill artinya bisa bermacam-macam tergantung konteks percakapan. Chill artinya juga bisa mengacu pada kondisi fisik yang dingin atau sensasi dingin, maupun mengacu pada kondisi perasaan.  

4 dari 4 halaman

Arti Chill

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, chill bisa bermakna kondisi dingin yang menggigil pada seseorang lantaran kondisi udara yang dingin, atau suasana hati yang santai. Misalnya chill artinya sensasi dingin disertai menggigil karena sakit, bisa dilihat dalam kalimat berikut:

(1) He had caught a chill that night, and was now down with a fever. (Pria itu kedinginan malam itu, dan sekarang demam)

Dalam contoh kalimat ini, bisa dipahami bahwa chill artinya lebih mengacu pada kondisi fisik yang menggigil disebabkan kedinginan atau sakit.

Tetapi, seperti yang telah dibahas sebelumnya, chill artinya pun bisa mengacu pada kondisi perasaan juga. Seperti pada contoh kalimat berikut:

(2) The song is so beautiful, it gives me chills. (Lagu yang sangat indah yang membuatku merinding.)

Berdasarkan contoh kalimat kedua, dapat dipahami, merinding atau menggigil yang dimaksud bukan menggambarkan kondisi fisik seseorang yang gemetar disebabkan kedinginan atau sakit, melainkan menggambarkan kondisi suasana hati atau perasaan karena sesuatu, dalam konteks kalimat tersebut adalah karena mendengarkan sebuah lagu.