Sukses

Tutorial Makan Seblak Mercon Anggunly Chef Vindy Lee Tuai Protes Warganet

Sebelum seblak mercon, konten makan anggun chef Vindy Lee sudah pernah menuai protes warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Konten chef Vindy Lee kembali jadi buah bibir di dunia maya. Kali ini, tutorial makan seblak anggunly ala chef Vindy yang menarik perhatian tidak sedikit warga jagat maya. "(Makan) seblak tetap bisa super slay," tulisnya sebagai keterangan unggahan TikTok yang merupakan balasan dari komentar seorang pengguna.

Di klip yang saat penulisan artikel ini sudah mencatat 3,1 juta penayangan, chef Vindy berkata, "Seblak mercon komplit. Karena dia pedas, saya suka (memakannya) bersama teh panas biar mencegah pedas (kepedasan)."

Ia kemudian menunjukkan ekstra piring untuk menaruh tulang ceker, disambung dengan memperlihatkan sendok sup dan gardu sebagai alat makan. Setelah menaruh serbet di pangkuannya, chef Vindy mulai memakan bakso dalam sajian seblak mercon.

"Jangan ditancap terus digigit," tuturnya. "Kurang rapi gigitannya dan berisiko netes (kuahnya)." Alih-alih, ia menyarankan membelah bakso lebih dulu jadi bagian lebih kecil sebelum dimakan.

Kemudian, menyantap ceker. "Karena ceker ini super lunak, pisahkan dulu dalam seblaknya. Tulang cekernya bisa dipisahkan (di esktra piring tadi). Jangan dicampur ke piring (makan)."

Chef Vindy juga menyarankan untuk menaruh alat makan dengan rapi terlebih dulu sebelum minum. "Tetap bisa slay," tandasnya dengan ucapan khasnya.

Unggahan ini menuai beragam komentar warganet dengan kebanyakan memprotes cara makan seblak mercon anggunly tersebut. "Keburu dingin," tulis salah satu pengguna, sementara yang lain menyambung, "Keburu seblaknya jadi bubur."

2 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Ada juga yang berkomentar, "Taruh sendok garpu sebelum minum di samping piring mana bisa. Orang tukang bakso enggak pake alas kadang mangkoknya wkwkwkwk."

Di samping itu, ada juga sejumlah pengguna yang malah meminta tutorial makan makanan lain dengan cara anggun. Permintaannya mulai dari nasi padang pakai nasi, nasi uduk, hingga basreng.

Ini tentu bukan kali pertama konten chef Vindy Lee viral di dunia maya. Sebelumnya, ia sudah terlibat debat sengit dengan warganet soal cara anggun makan kerupuk dalam sebuah unggahan Twitter pada 10 Juni 2022.

 "Fine art of eating Kerupuk," tulisnya dalam keterangan unggahan video berdurasi kurang dari satu menit tersebut. Di klip tersebut, ia mengatakan, "Kerupuk adalah snack favorit, dan hampir (selalu) ada di meja makan Indonesia, tapi berisik dan berantakan."

"Jika Anda berada di acara penting dan makan kerupuk 'bar-barly,' itu sangat turn off dan berisik," chef Vindy melanjutkan. "Kerupuk besar seperti ini, dipatahkan, (dibagi jadi bagian) kecil-kecil. Makan anggunly."

3 dari 4 halaman

Cara Makan Kerupuk dengan Anggun

Chef Vindy Lee menyambung, "Ini kerupuk kulit, jika digigit mungkin bisa muncrat. Kuncinya, pilih keripik daripada kerupuk."

"Ambil keripiknya. Taruh di atas lidah. Keripik akan empuk jika dicampur air liur. Menikmati (kerupuk) mungkin tidak, tapi Anda akan jadi teman yang diam (tidak berisik) dan slay," ia menuturkan.

Tidak berhenti di situ, chef Vindy juga mencontohkan cara makan kerupuk dengan anggun saat makan makanan dengan sedikit kuah. "Ambil sepotong kerupuk, campur dengan cairannya (kuah makanan), biar dia tidak terlalu berisik, baru makan. Tetap slay," ucapnya.

Setelah video tersebut dibagikan, ternyata tidak semua orang menganggap itu "cara makan kerupuk yang benar." Ada pengguna yang berkomentar, "Kalo aku tim ga makan kerupuk/keripik kalau makan di luar (kecuali warteg/kaki lima) soalnya males ribet. Sekarang malah semenjak pandemi kalo dateng ke kondangan cuma makan cake kecil aja udah, atau puding. Padahal makanannya enak-enak dan banyak bgt, apalagi kalo di hotel mewah."

 

4 dari 4 halaman

Debat Sengit

Komentar ini dibalas chef Vindy Lee dengan menulis, "Honestly I prefer a crispy kerupuk. It’s one of many hassel foods I wouldn’t eat during a formal meal. The strategizing (Jujur saya lebih suka kerupuk yang renyah. Ini adalah salah satu dari banyak makanan hassel yang tidak akan saya makan saat makan formal. Strateginya)"

Pengguna lain berkata, "Ribet banget. Emang ada menu rengginang di fine dining ya?" Chef Vindy menjawab, "I  did events in Los Angeles, Hollywood and San Francisco with Jakarta Tourism Board at W Hotel, attended by business associates and political dignitaries. Yes we served various kerupuk, guests enjoying Fine Indonesian street food in suit and tie (Saya mendatangi acara di Los Angeles, Hollywood, dan San Francisco dengan Dewan Pariwisata Jakarta di Hotel W, dihadiri rekan bisnis dan pejabat politik. Ya kami menyajikan berbagai kerupuk, para tamu menikmati makanan kaki lima Indonesia yang enak dengan jas dan dasi)."