Sukses

5 Cara Mudah dan Murah Bikin Mulut Segar, Salah Satunya Pakai Obat Kumur

Agar terhindar dari masalah seputar bau mulut, harus rajin menjaga kebersihan mulut.

Liputan6.com, Jakarta - Bau mulut bukan hanya membuat kita tidak percaya diri, lawan bicara akan merasa kurang nyaman saat berhadapan. Sudah barang tentu, pembicaraan yang diharapkan jadi kurang berkualitas karena bau mulut yang tak sedap.

Bau mulut tak sedap tidak bisa dibiarkan. Harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius. Buat kamu yang ingin bebas dari bau mulut, salah satu praktisi oral care dari Spiros, Heriyanto Khi, Head of Research and Development memberikan tips seputar kesehatan mulut.

“Untuk yang ingin terhindar dari masalah seputar mulut, terutama bau tak sedap, harus rajin menjaga kebersihan mulut. Sebab, penyebab utama bau mulut adalah bakteri dan sisa makanan,” kata Heriyanto, Rabu (11/1/2023).

Berikut lima cara praktis dan murah yang direkomendasikan Heriyanto Khi, Head of Research & Development dari Spiros agar mulut bersih, sehat dan tidak berbau.

1. Rajin Gosok Gigi

Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dengan rajin menggosok gigi adalah cara paling umum dan mudah dilakukan semua orang. Gosok gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi ber-fluorida efektif membantu melindungi gigi dari kerusakan.

Rutin menggosok gigi juga bisa membersihkan plak dan sisa makanan yang tertinggal. Bila tidak segera dibersihkan, plak dan sisa makanan tersebut akan membusuk dan menimbulkan bau tak sedap.

2. Pakai Obat Kumur

Membersihkan mulut pakai mouthwash alias obat kumur adalah cara paling praktis. Dengan obat kumur yang tepat, bau mulut bisa hilang dalam sekejap.

Selain menghilangkan bau mulut, berkumur juga dapat membersihkan keseluruhan rongga mulut dari sisa makanan dan plak. Sebaiknya berkumur rutin dua kali sehari setelah menyikat gigi dan flossing.

“Banyak obat kumur yang beredar di pasaran. Sebaiknya hindari membeli obat kumur yang mengandung alkohol. Obat kumur Spiros misalnya, selain obat kumur juga bisa jadi mouth sanitizer yang berfungsi untuk menyegarkan nafas,” ucap Heriyanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

Menghindari makanan penyebab bau mulut adalah cara paling mudah dan tidak mengeluarkan biaya. Meski rasanya nikmat disantap, sejumlah makanan seperti bawang putih, durian, petai, dan jengkol bisa jadi biang keladi bau mulut. Sebaiknya, hindarilah makanan tersebut, terutama buat kamu yang ingin bertemu dengan klien ataupun rekan bisnis.

 

4. Membersihkan Lidah

Plak dan bakteri penyebab bau mulut juga bisa menempel di lidah. Bila plak dan bakteri terus dibiarkan tumbuh dan bersarang di lidah, maka napas bau akan terus menghantui.

Karena itu, membersihkan lidah harus jadi bagian dari rutinitas kita sehari-hari. Anda bisa membersihkan lidah menggunakan sikat gigi. Gosok mulai dari pangkal lidah paling dalam sampai bagian ujung secara perlahan menggunakan sikat gigi. Setelah itu, kumur-kumur dengan air bersih.

5. Berhenti Merokok

Cara terakhir ini adalah cara yang paling mudah sekaligus tersulit. Sebab tidak semua perokok bisa berhenti seketika. Bau mulut orang yang merokok memang tidak sedap.

Selain itu, nikotin dalam asap rokok juga dapat merusak gigi. “Perokok dua kali lebih berisiko mengalami penyakit gusi dibanding mereka yang tidak merokok,” kata Heriyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.