Sukses

6 Rekomendasi Tempat Perayaan Malam Tahun Baru Seru, dari Jakarta sampai Bali

Sudah tahu akan habiskan malam tahun baru 2023 di mana?

Liputan6.com, Jakarta - Malam Tahun Baru menjadi momen yang dinanti-nanti sebagian besar orang untuk menggelar pesta atau mencari hiburan, terutama setelah sejumlah pembatasan terkait pandemi Covid-19 dicabut. Diyakini bahwa pesta malam tahun baru 2023 akan lebih meriah dibandingkan dua tahun sebelumnya.

Sejumlah daerah sudah menyiapkan agenda perayaan khusus, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bali. Bahkan, promosi kegiatan pesta malam tahun baru sudah gencar dilakukan sebelum memasuki bulan Desember. Apa saja agenda seru yang bisa diikuti di 31 Desember 2022 malam?

1. DKI Jakarta

Malam Tahun Baru di Jakarta selalu identik dengan Ancol yang akan menggelar pesta kembang api di Malam Tahun Baru 2023. Mengutip dari kanal News Liputan6.com, pesta kembang api akan dilaksanakan di tiga titik yaitu Pantai Lagoon, Pantai Festival, dan Putri Duyung Ancol.

Bukan hanya itu, jelang malam pergantian tahun pun akan ada street art performance di Stone Area Symphony of The Sea. Pengunjung juga bisa menikmati hiburan live music Ancol Musication di Pantai Lagoon mulai pukul 15.00 WIB.

Selain Ancol, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menjadikan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur sebagai pusat lokasi perayaan malam Tahun Baru 2023. Momen ini sekaligus menjadi penanda aktivasi TMII pasca-renovasi infrastruktur.

"Kita juga melihat TMII berbagai ikon destinasi wisata di Jakarta dan baru buka sehingga kita aktivasi TMII dan alhamdulillah responsnya sangat baik," sebut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bandung

Ada enam kawasan wisata yang biasa dipadati warga saat malam tahun baru, seperti Trans Studio Bandung, Kebun Binatang Bandung, Kiara Artha Park, Taman Lalu Lintas, Karang Setra, dan Saung Angklung Udjo. Mengutip dari Antara, Selasa (27/12/2022), Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi mengatakan pihaknya akan mengawasi lima lokasi itu untuk meminimalisir kerumunan masyarakat.

Pada pengamanan keramaian Tahun Baru 2023 ini, pihaknya akan mengerahkan 575 personel untuk patroli ke berbagai tempat keramaian, termasuk lima lokasi tersebut. Selain lokasi wisata, menurut Rasdian, kawasan Jalan Asia Afrika hingga Alun-Alun Bandung pun berpotensi dipadati masyarakat.

Ruas Jalan Asia Afrika akan ditutup saat malam pergantian tahun untuk pelaksanaan Car Free Night. Meski begitu, warga akan diminta membubarkan diri satu jam setelah momen pergantian tahun.

"Mungkin paling lama satu jam setelah tahun baru kita imbau untuk kembali ke rumah masing-masing. Kebetulan kita ada sarananya seperti megaphone, woro-woro," ujar Rasdian.

3. Surabaya

Pesta malam tahun baru di Surabaya bisa dirayakan dengan mengunjungi berbagai destinasi, di antaranya Kebun Binatang Surabaya (KBS), THP Kenjeran, Tunjungan Romansa, susur Sungai Kalimas, Kya-Kya, Romokalisari Adventure Land, dan lainnya. Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji, menyebutkan warga juga dapat merayakan liburan Tahun Baru di kawasan Jalan Tunjungan yang memberikan pilihan kuliner kaki lima hingga bintang lima dan destinasi wisata belanja. Ia mengatakan, Kawasan Wisata Romokalisari menghadirkan sejumlah wahana permainan anak-anak dan dewasa yang tetap beroperasi menjelang libur Tahun Baru 2023.

3 dari 4 halaman

4. Yogyakarta

Adapun Yogyakarta sejak dulu menjadi tujuan wisata populer untuk merayakan momen Tahun Baru 2023. Dengan julukan Kota gudeg, Yogyakarta memiliki beragam tempat wisata yang biasa ramai untuk perayaan malam Tahun Baru.

Para wisatawan bisa menikmati momen Tahun Baru 2023 bersama orang-orang terdekat, sambil mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta. Mengutip kanal Regional Liputan6.com, tempat yang biasa ramai salah satunya adalah Titik Nol KM Yogyakarta. Kawasan Titik Nol Km berada di simpang 4 Monumen Serangan Umum 1 Maret dan tidak jauh dari Jalan Malioboro, sebagai pusat lainnya untuk malam pergantian tahun.

Di kawasan Titik Nol Km ini seringkali diadakan pesta kembang api untuk menyambut Tahun Baru. Wisatawan biasanya duduk bersantai di tepi jalan atau di kawasan pedestrian kawasan ini. Adapun Jalan Malioboro yang populer juga pasti ramai yang pada perayaan malam Tahun Baru akan dipenuhi pesta kembang api. 

5. Labuan Bajo

Labuan Bajo yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas bersolek untuk menggelar perayaan malam tahun baru bertajuk Marina Labuan Bajo. Berlokasi di Marina yang merupakan ruang terbuka, acara itu akan dimeriahkan sejumlah bintang tamu, seperti Andmesh Kamaleng, Gigi, dan Tiara Eve.

Mengutip dari @escapebajo dan @labuanbajo_info, hiburan musik tersebut dibuka untuk umum dengan tiket masuk Rp150 ribu untuk warga di luar NTT dan Rp100 ribu untuk pemilik KTP NTT. Tiket tersedia di Escape Bajo, Jalan Binongko Labuan Bajo, dengan menghubungi nomor yang tertera pada Instagram resmi Escape Bajo. Ada promo spesial untuk pembelian tiket tersebut yaitu beli 1 gratis 1.

4 dari 4 halaman

6. Bali 

 

Sementara di Bali, perayaan malam Tahun Baru salah satunya akan diadakan di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Park. Dalam acara bertajuk Bali Countdown 2023, akan ada pertunjukan musical kembang api. Berbagai musisi terkenal akan memeriahkan acara tersebut antara lain band Ungu, Sheila On 7, Kahitna, hingga penampilan Sheila Marcia. 

Meski sudah ada pelonggaran protokol kesehatan, wisatawan yang akan bersenang-senang di luar rumah selama malam tahun baru tetap diingatkan untuk mengutamakan keselamatan dan berjaga-jaga akan potensi cuaca buruk di pergantian tahun. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan edaran kepada seluruh stakeholder pariwisata.

"Mulai dari destinasi, transportasi, agar penyelenggaranya melakukan pengetesan kesiapsiagaan dan memastikan juga agar keamanan, keselamatan, mitigasi bencana itu diutamakan," ucapnya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun di Jakarta, Senin, 26 Desember 2022.

Ia mendukung penyelenggaraan event di berbagai tempat karena bisa kembali menggeliatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di subsektor musik. Hal itu pertanda baik mengingat selama dua tahun terakhir terpuruk karena pandemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.