Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Masjid Raya Al Jabbar Diresmikan Ridwan Kamil

Top 3 berita hari ini seputar Masjid Raya Al Jabbar yang baru diresmikan Ridwan Kamil hingga berkah bisnis kerajinan gerabah.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini diisi dengan pemberitaan mengenai Masjid Raya Al Jabbar yang baru saja diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Jumat (30/12/2022). Untuk meminimalisir pengunjung yang padat, telah diatur skema keluar masuk masjid.

Terdapat tiga akses untuk menuju masjid, yakni Summarecon yang diperuntukkan pemegang kartu undangan biru, berikut Jalan Cimincrang dan Jalan Gedebage Selatan untuk pemegang kartu undangan warna lain dan umum.

Akses  menuju keluar masuk Masjid Al Jabbar hari ini menggunakan ruas Jalan Gedebage Selatan - Sarana Olahraga (SOR) GBLA. Seluruh pemegang undangan berwarna putih, hijau, dan kuning diwajibkan memarkirkan kendaraannya di area Stadion GBLA dengan pembagian kendaraan pemilik undangan kuning masuk melalui Gerbang Biru, sedangkan putih dan hijau melewati Gerbang Merah.

Berita kedua yang paling banyak dibaca adalah mengenai Andre Tete yang mengalami kasus dugaan pemerkosaan. Pihak berwajib Rumania pun menahan mantan kickboxer profesional itu, setelah ia dilaporkan memberi informasi lokasinya selama pertengkaran di media sosial dengan aktivis lingkungan Greta Thunberg.

Kemudian berita ketiga adalah mengenai berkah dari bisnis kerajinan gerabah. Dwi Arum Sari mulai membuat gerabah pada 2012, dari keengganannya. Namun kini justru bisnis tersebut membawa berkah untuk dirinya lantaran menekuni dunia gerabah tidak seburuk yang ia kira. 

Arum lalu membuka workshop Gerabah Arum Art di rumah keluarganya. Di halaman rumah yang cukup luas itu dipajang hasil-hasil kerajinan dengan berbagai bentuk dan ukuran. Simak selengkapnya mengenai Top 3 Berita Hari Ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masjid Raya Al Jabbar Diresmikan Ridwan Kamil 30 Desember 2022, Dibuka Sejak Pagi Hanya untuk Undangan

Masjid Al Jabbar yang merupakan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan dihadiri undangan sejak pukul 8 pagi. "Mohon maaf atas kepadatan lalu lintas yang ditimbulkan selama kegiatan peresmian Masjid Raya Al Jabbar, esok hari," keterangan dari akun Instagram @humas_jabar, Jumat (30/12/2022).

Tak hanya undangan, warga umum juga bisa mengunjungi Masjid Al-Jabbar di hari peresmian asalkan sudah meregistrasi diri lewat aplikasi Sapa Warga. Panitia membatasi kuota hanya 3000 pendaftar per sesi. Sesi umum dibuka mulai dari pukul 15.30--19.30 WIB.

"Satu pendaftar berlaku untuk satu undangan dan hanya dapat memilih satu sesi acara. Setelah terdaftar, kamu akan menerima SMS berisi undangan resmi beserta link untuk mendapatkan QR code. QR code wajib ditunjukkan saat akan masuk," jelas admin akun tersebut dalam unggahan berbeda.

Masjid Raya Al Jabbar tersebut adalah rancangan Ridwan Kamil saat masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Disebut Masjid Terapung Gedebage, mengandung filosofi dari salah satu Asmaul Husna, yakni Al Jabbar yang berarti Maha Perkasa.

Selengkapnya....

3 dari 4 halaman

Andrew Tate Tersandung Kasus Dugaan Pemerkosaan Setelah Adu Mulut dengan Greta Thunberg di Medsos

Mantan kickboxer profesional Andrew Tate ditahan atas dugaan perdagangan manusia, pemerkosaan, dan membentuk kelompok kejahatan yang terorganisir. Hal ini terjadi setelah ia dilaporkan memberi informasi lokasinya selama pertengkaran di media sosial dengan aktivis lingkungan Greta Thunberg.

Tate, yang diblok dari banyak platform media sosial lantaran komentar misoginis dan ujaran kebencian, dan saudara laki-lakinya Tristan ditahan selama 24 jam bersama dua tersangka Rumania, kata jaksa dari unit anti kejahatan terorganisir dalam sebuah pernyataan setelah menggerebek properti mereka di Bucharest.

Tate bersaudara menjalani penyelidikan kriminal sejak April 2022. Warga negara Inggris itu mengolok-olok Thunberg minggu ini, mengunggah tentang mobilnya yang boros bensin dan mengatakan ia memiliki 33 mobil dengan "emisi yang sangat besar." Argumen lainnya memuncak begitu Tate membagikan video dirinya bersama kotak cerutu dan pizza yang dicetak dengan detail sebuah restoran Rumania.

Jaksa mengatakan, pihaknya telah menemukan sebanyak enam wanita yang diduga telah dieksploitasi secara seksual oleh para tersangka. Tate sebelumnya pernah menyebut, perempuan ikut bertanggung jawab atas kasus pemerkosaan dan bahwa mereka adalah milik laki-laki.

Selengkapnya....

4 dari 4 halaman

Berkah Tak Disangka dari Bisnis Kerajinan Gerabah di Kawasan Borobudur

Menjalankan bisnis kerajinan gerabah dan wisata edukasi tidak sesuai dengan rencana awal Dwi Arum Sari. Perempuan lulusan Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) ini mulanya berencana kerja di pabrik atau di luar negeri. Rencana ini gugur ketika ia tak mendapatkan izin dari orangtuanya.

"Saya mulai (membuat gerabah) dari 2012, awalnya jujur nggak mau," ujar perempuan yang karib disapa Arum saat ditemui di kediamannya di kawasan Karanganyar, Borobudur, Jawa Tengah, Jumat, 25 November 2022.

Namun tak disangka, menekuni dunia gerabah tidak seburuk yang ia kira. Berkat membuat gerabah, perempuan usia 28 ini dapat bertemu dengan orang-orang dari berbagai kalangan.

"Kalau kerja di pabrik, ketemu orangnya itu-itu aja. Kalau kerja di rumah, banyak yang datang termasuk para artis, Pak Sandi (Sandiaga Uno) dan Duta India untuk Indonesia," sebutnya.

Sejak masih kecil, kehidupan Arum tak jauh dari tanah liat dan gerabah. Untuk mendapatkan uang saku, Arum harus membantu orangtuanya menjemur gerabah terlebih dulu. Keahlian membuat gerabah juga didapat dari sang ayah, karena usaha gerabah ini merupakan usaha keluarganya turun temurun.

Selengkapnya....

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.