Sukses

Daftar Tempat yang Gelar Perayaan Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta

Dari pertunjukan kembang api sampai panggung musik, berikut titik-titik perayaan malam Tahun Baru 2023 di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan malam Tahun Baru 2023 hampir menjelang, dan Jakarta tidak mau ketinggalan euforianya. Di antara banyak, ada beberapa titik perayaan malam tahun baru di ibu kota.

Setelah dua tahun absen akibat pandemi COVID-19, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mengungkap bahwa perayaan tahun baru 2023 akan terpusat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), lapor kanal News Liputan6.com. 

"Di TMII, posisinya di panggung budaya Archipelago mulai pukul 20.00 WIB," kata Sub Koordinator Atraksi dan Kemitraan Disparekraf DKI, Anita Novianti.

Selain TMII, perayaan malam Tahun Baru 2023 di Jakarta juga akan berlangsung di lokasi-lokasi lain. Berikut beberapa di antaranya:

Festival Malam Muda-Mudi

Perayaan ini akan berlangsung pukul 20.00--01.00 WIB di sembilan titik. Mereka adalah:

1. Pos Bloc

2. Sarinah

3. Stasiun MRT Bundaran HI

4. Jl. Imam Bonjol Bundaran HI, di samping Mandarin Oriental Hotel

5. Pedestrian Gedung Da Vinci

6. Di depan SCBD

7.  FX Sudirman

8. Pedestrian Gedung Panin Bank

9. M Bloc Space

Monas

Di akun Instagram-nya, pengelola Monas menulis, "Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru 2023, Monas Jakarta Fountain hadir kembali." Pertunjukan tersebut berlangsung hari ini, Sabtu (31/12/2022), di kawasan Taman Monas Sisi Barat.

Pertunjukan air mancur dibagi per sesi, yakni:

Sesi 1: 19.30

Sesi 2: 20.30

Sesi 3: 21.30

Sesi 4: 22.30

Sesi 5: 23.30

Kota Tua

Di akun Instagram @disparekrafdki, disebutkan bahwa agenda perayaan malam tahun baru di Kota Tua adalah atraksi komunitas Kota Tua. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ancol

Di akun Instagram-nya, Ancol menyiapkan Ancol Wonderfest dalam perayaan malam Tahun Baru 2023. "Kuota terbatas dan beli tiket (masuk Ancol) wajib online H-1 sebelum kunjungan di ancol.com," kata pihaknya.

Rangkaian acaranya termasuk Ancol Musication, Om Perlan 86, dan Year end culinary yang akan berlangsung pada 31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023. Sementara, pertunjukan kembang api akan berlangsung hanya hari ini, Sabtu (31/12/2022). Keseluruhannya akan berlangsung di Pantai Festival.

Selain itu, rangkaian acara pihaknya juga berlangsung di Pantai Lagoon, Pasar Seni, Plaza Lagoon, dan event Symphony of the Sea berupa beach show pada 31 Desember 2022 dan beach parade pada 1 Januari 2023.

Car free night Sepanjang Sudirman-MH THamrin:

Pemprov DKI Jakarta juga mengadakan car free night dengan titik-titik panggung hiburan, yakni:

Panggung 1 di area Sarinah

Panggung 2 di area Bundaran HI

Panggung 3 di area Dukuh Atas-

Panggung 4 di area JPO Sudirman

Panggung 5 di area Bendungan Hilir

Panggung 6 di SCBD

 

3 dari 4 halaman

Festival Tingkat Kota

Masih dalam kemeriahan menyambut Tahun Baru 2023, festival tingkat kota akan terselenggara hari ini, Sabtu (31/12/2022). Titik-titiknya antara lain:

1. Kota Jakarta Pusat berlokasi di Thamrin 10.

2. Kota Jakarta Utara di halaman kantor Wali Kota Jakarta Utara.

3. Kota Jakarta Barat di halaman kantor Wali Kota Jakarta Barat.

4. Kota Jakarta Selatan berlokasi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

5. Kota Jakarta Timur berlokasi di Old Shanghai.

6. Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa.

Di akun Instagram-nya, Pemprov DKI Jakarta juga memberikan beberapa imbauan. Salah satunya adalah cara merayakan malam tahun baru dengan minim sampah.

Pihaknya mencatat membawa botol minum sendiri, membawa alat makan yang bisa dipakai kembali, membawa tas belanja untuk menghindari pemakaian plastik sekali pakai, dan buang sampah sesuai jenisnya sebagai sederet rekomendasi.

Mereka pun mengimbau hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat ikut perayaan malam Tahun Baru 2023. Pertama, wajib pakai masker dan sudah vaksin lengkap.

4 dari 4 halaman

Bertahan di Kerumunan

Kedua, memakai alas kaki yang nyaman. Kemudian, pastikan tubuh dalam keadaan sehat. Sementara, pihaknya melarang publik membuang sampah sembarangan, membawa senjata tajam dan obat-obatan terlarang, serta membawa hewan peliharaan.

"(Dilarang) menyerukan ujaran kebencian, rasisme, kampanye politik, dan lain-lain. (Dilarang juga) melakukan vandalisme," sambung pihaknya.

Mengingat potensi keramaian di malam tahun baru, mereka pun mensosialisasikan cara-cara bertahan di kerumunan. Pertama, selalu waspada dan jangan panik. "Kalau kamu merasa mulai sulit bergerak, cek sekitar dan cari jalan keluar ya. Ingat, jangan berusaha bergerak melawan arus atau saling dorong," mereka memperingatkan.

Kedua, tinggalkan lokasi jika kerumunan terpantau terlalu padat. Pihaknya menulis, "Kalau kerumunan yang bergerak mulai melambat, itu pertanda kepadatan orang meningkat."

Kemudian, dianjurkan untuk mempertahankan area untuk bernapas. "Selalu jaga jarak dan lindungi area dada. Kamu bisa manfaatkan tas yang dibawa dan taruh di depan dada," pihaknya menyarankan.

Terakhir, mereka juga mengimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. "Pastikan PeduliLindungi berwarna hijau, selalu pakai masker, bawa hand sanitizer, dan pastikan tubuh dalam keadaan sehat," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.