Sukses

6 Gaun Malam Putri Indonesia di Ajang Miss Universe, Laksmi DeNeefe Usung Tema Air Terjun

Tampilan gaun malam wakil Indonesia di ajang Miss Universe selalu mencuri perhatian, termasuk Laksmi DeNeefe dengan tema air terjun.

Liputan6.com, Jakarta - Tampilan gaun malam wakil Indonesia di ajang Miss Universe selalu mencuri perhatian setiap tahunnya. Gaun biasanya dibuat sangat mewah dan berkilauan untuk memancarkan kecantikan layaknya seorang ratu sejagat. 

Berikut adalah tampilan gaun malam enam tahun terakhir wakil Indonesia di Miss Universe sejak tahun 2016--2022. Dimulai dari yang terbaru hingga yang lebih lawas dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (12/1/2023). 

1. Laksmi Shari De-Neefe Suardana Miss Universe 2022

Baru-baru in Laksmi DeNeefe Suardana, wakil Indonesia di Miss Universe 2022 kembali mengunggah potret terbarunya dalam gaun malam yang indah. Penampilannya tak kalah bagus dari sebelumnya yang sempat memakai kebaya dari Intan Avantie hingga busana kostum nasional rancangan Morphacio Body Art.

"Gaun Air Terjun oleh @maisonmet adalah simbol keindahan, kemurnian, dan energi air yang mempesona. Banyak air terjun yang dapat ditemukan di seluruh Bali dan air merupakan dasar agama Bali. Ini memberikan penyembuhan spiritual, pengetahuan dan kejelasan," tulisnya di keterangan foto yang diunggah di akun pribadinya @laksmideneefe bersama @officialputeriindonesia, dikutip Kamis (12/1/2023). 

Lebih lanjut ia mengungkapkan, gaun itu terbuat dari kain mewah dalam nuansa biru mutiara lembut dan abu-abu tiram dan jatuh ke tanah dalam pancaran cahaya yang berkilauan, seperti air terjun yang anggun. Desainnya memberi penghormatan kepada kekayaan alam Indonesia dan juga mengingatkan akan perlunya melestarikan air terjun, ekosistem yang unik dan warisan nasional.

Sebagai Puteri Indonesia pertama yang berasal dari Bali, Laksmi juga menempatkan gaun yang ditonjolkan oleh anting-anting berlian desain tradisional Bali. Seperti pancaran cahaya yang berkilauan, semua tampilan melengkapi gambar air keperakan yang berkilauan. 

Ajang Miss Universe masih berlangsung dengan serangkaian acara sebelum malam Grand Final yang akan digelar pada 14 Januari 2023 di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat. Akankah Laksmi masuk ke dalam jajaran 3 besar Miss Universe 2022?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ayu Maulida Miss Universe 2020

Mengutip dari Showbiz Liputan6.com, 15 Mei 2021, di ajang Miss Universe 2020 Ayu Maulida Putri hanya bisa lolos ke babak 21 besar. Saat itu Ayu Maulida mengikuti ajang Miss Universe 2020 yang digelar di Seminole Hard Rock Hotel & Casino Amerika Serikat. 

Ayu memakai busana rancangan Sebastian Gunawan bertema "Stardust" yang terinspirasi dari serpihan bintang yang berkilauan. "Memberikan perasaan ajaib yang seperti mimpi dan romantis dengan perpaduan emas dan perak yang berkilauan," tulisnya di keterangan foto.

Seiring perjalanan Ayu menuju Miss Universe yang ibarat penuh taburan bintang, sebgai wakil Indonesia kala itu publik berharap dia bisa bersinar terang seperti bintang untuk Indonesia. Meski tak menjadi juara, namun sosok perempuan jangkung ini tetap mencuri perhatian. 

3. Frederika Alexis Cull di Miss Universe 2019

Dalam Grand final Miss Universe 2019 yang diselenggarakan di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Minggu, 8 Desember 2019, Frederika Alexis tampil menawan dalam balutan gaun warna merah tua karya Tex Saverio. Adapun gaun super memesona tersebut mengusung tajuk Spirit of Phoenix dengan sentuhan aksesori dari Rinaldy Yunardi.

Tampilan tersebut terlihat ketika Frederika tampil dalam babak malam pra-eliminasi Miss Universe 2019 pada Jumat, 6 Desember 2019. Tata rambutnya dibuat bun, memakai sepatu hak tinggi hitam, dan polesan makeup oleh Bubah Alfian.

Masuk ke grand final, perempuan berdarah Inggris-Lampung ini berhasil masuk sebagai lima finalis dari region Afrika Asia Pasifik bersama Afrika Selatan, Nigeria, Vietnam, dan Thailand untuk Top 20 Miss Universe 2019.

3 dari 4 halaman

4. Sonia Fergina Citra Miss Universe 2018

Adapun Sonia Fergina Citra saat itu berhasil masuk jajaran 20 besar Miss Universe 2018 lewat wild card. Selain Sonia, empat wakil lainnya yang lolos jalur wild card adalah Miss Australia, Miss Brasil, Miss Venezuela, dan Miss AS. 

Mengulik kembali laman Instagram pribadinya @soniafergina, saat itu ia memakai gaun berkilauan dari label Ana. Bertema "Guardian Angles" gaun dengan bentuk V berwarna keperakan itu terlihat berkilauan dan menampilkan siluet tubuhnya. 

5. Bunga Jelitha Ibrani, Miss Universe 2017

Putri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani akan mengikuti ajang Miss Universe 2017 yang berlangsung di Las Vegas, AS 12-27 November 2017. Saat itu ada banyak gaun yang dipakainya, salah satunya merupakan gaun rancangan lini busana Sherri Hill dalam warna emas, berupa midi dress berlengan panjang. 

4 dari 4 halaman

6. Kezia Warouw di Miss Universe 2016

Puteri Indonesia Kezia Warouw mendapatkan gelar Miss Phoenix Smile di ajang Miss Universe 2016. Artinya, ia memiliki senyum terbaik di antara 85 finalis di ajang tersebut. 

Wanita kelahiran Manado, 18 April 1991 memang memiliki senyum yang menawan. Bibirnya mengembang menampilkan giginya yang putih dan rapi. Kezia dapat membuat orang lain tersenyum juga karenanya. Kezia Warouw juga berhasil menorehkan prestasi di ajang Miss Universe ke-65.

Kezia ketika itu masuk Top 13 dan meraih predikat Top 10 Best National Costume dan Miss Phoenix Best Smile. Kezia Warouw bersaing bersama 85 finalis lain untuk memperebutkan mahkota dan gelar Miss Universe ke-65. Namun, gelar tersebut diraih oleh wakil dari Prancis, Iris Mittenaere.

Saat itu salah satu gaunnya untuk ajang Miss Universe adalah rancangan Ivan Gunawan. Sebuah gaun hitam yang tidak terlalu heboh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.