Sukses

10 Potret Finalis Miss Universe 2022 di Kompetisi Gaun Malam, Ada Busana Daur Ulang Kaleng Soda

Kompetisi gaun malam yang jadi bagian Preliminary Competition Miss Universe 2022 ini telah digelar pada Rabu, 11 Januari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Preliminary Competition Miss Universe 2022 telah digelar di New Orleans Ernest N. Morial Convention Center, Louisiana, Amerika Serikat, Rabu, 11 Januari 2022. Di kesempatan itu, para kontestan berparade dengan gaun pembuka, gaun malam, dan pakaian renang di depan para juri sebelum malam final, Sabtu (14/1/2023), waktu lokal.

Setelah perkenalan dan kompetisi baju renang, kompetisi gaun malam pun dimulai. Ada sederet desain menarik yang diperlihatkan di atas panggung, dan dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya.

Indonesia

Laksmi De Neefe, yang jadi wakil Indonesia di Miss Universe 2022, telah membagikan tampilannya dengan gaun malam. Di salah satu unggahan Instagram-nya, perempuan berdarah Bali ini menjelaskan bahwa busana tersebut bertema air terjun.

"Gaun Air Terjun oleh @maisonmet adalah simbol keindahan, kemurnian, dan energi air yang memesona," tulisnya sebagai keterangan unggahan. "Banyak air terjun dapat ditemukan di seluruh Bali dan air merupakan dasar agama Bali. Ini memberikan penyembuhan spiritual, pengetahuan, dan kejelasan."

Ia menyambung, "Gaun itu terbuat dari material bervisual mewah dalam nuansa biru mutiara lembut dan abu-abu tiram dan jatuh ke tanah dalam pancaran cahaya yang berkilauan, seperti air terjun yang anggun. Itu memberi penghormatan pada kekayaan alam kita dan mengingatkan kita akan perlunya melestarikan air terjun kita, ekosistem kita yang unik dan warisan nasional kita."

"Tampilan gaun tersebut kian ditonjolkan dengan sepasang anting berlian desain tradisional Bali. Seperti pancaran cahaya yang berkilauan, mereka melengkapi gambar air keperakan yang berkilauan," tutup Puteri Indonesia 2022 itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahrain

Miss Bahrain, Evlin Abdullah Khalifa, yang telah sangat vokal dengan pilihan busananya, tampak mengenakan gaun pas badan yang mewah dengan tudung serasi di kompetisi gaun malam. Busana tersebut merupakan rancangan couturier Filipina, Furne One.

Thailand

Miss Thailand Anna Sueangam-iam jadi berita utama untuk gaun malamnya yang berkelanjutan dan bermakna. Mengutip Yahoo News, "Gaun Berlian Berharga Tersembunyi" dirancang merek fesyen Thailand Manirat dan menampilkan tab penarik daur ulang dari kaleng soda yang dihiasi kristal Swarovski.

"Gaun ini terinspirasi dari lingkungan masa kecil saya. Tumbuh bersama orangtua yang bekerja seabgai pemulung, kehidupan saya sebagai seorang anak berada di antara tumpukan sampah dan barang-barang daur ulang," tulisnya dalam keterangan unggahan Instagram, baru-baru ini.

Venezuela

Miss Venezuela Amanda Dudamel menonjol dalam gaun hijau limaunya. Desainer Filipina, Manny Halasan, mencatatnya sebagai "semburan warna yang kami butuhkan dalam sekumpulan aksen metalik," dikutip dari Phil Star Life.

3 dari 4 halaman

Amerika

Jim Ryan Ros, kepala penata rias Aces and Queens, berbagi bahwa gaun terompet Miss USA R'Bonney Gabriel mampu menarik kombinasi tekstur yang berbeda, berhasil menggabungkan manik-manik khas rancangan desainer Filipina Rian Fernandez yang terlibat dalam desainnya, dengan sempurna.

Ia juga mencatat bahwa pilihan warnanya "sangat berani dan unik." Penata busana Myrrh Lao To mengatakan bahwa momen Viva Magenta "diwujudkan dengan cara yang elegan dan canggih" oleh Miss USA.

Sementara Randell Giel, yang juga seorang penata busana, berbagi bahwa ia menyukai Gabriel yang "glamor ala Hollywood," mencatat bahwa gaun itu "sangat menakjubkan."

Vietnam

Miss Vietnam Ngoc Chau berjalan di atas panggung mengenakan gaun malamnya yang disebut "Butterfly Effect." Sesuai namanya, itu dijelaskan melambangkan keindahan magis kupu-kupu dalam potongan busana yang tidak biasa.

India

Dirancang Falguni Shane Peacock India, Miss India Divita Rai tampil memesona di panggung Preliminary Competition Miss Universe 2022. Visual busana tersebut dinilai menegaskan tampilan anggun Rai.

4 dari 4 halaman

Bhutan

Miss Bhutan Tashi Choden tidak kalah memukau di kompetisi gaun malam Miss Universe 2022. Terkait penampilannya, ia menulis di keterangan unggahan Instagram, baru-baru ini, "Di atas segalanya, Berani, Tegas, Tidak Biasa."

"Saya tidak lagi takut akan kegelapan begitu saya tahu burung phoenix dalam diri saya akan bangkit dari abu, karena itu ada burung phoenix di gaun saya. Terima kasih untuk gaun cantik ini ashim @dchens_atelier," imbuhnya.

Nigeria

Miss Universe Nigeria 2022 Montana Onose Felix dinilai sebagai "lambang kecantikan" dalam balutan gaun malam rancangan Estaz yang memesona. Badan pas gaun dengan aksen berkilau di hampir seluruh bagiannya ini sukses membuat tampilannya kian anggun.

Guatemala

Miss Guatemala Ivana Batchelor mengenakan gaun malam rancangan desainer Indonesia Hengki Kawilarang, merujuk pada unggahan akun Instagram Miss Guatemala, baru-baru ini. One shoulder dress berwarna krem itu tampak senada dengan warna kulit Batchelor.

Detail emas di seluruh gaun membuatnya terlihat memesona, dengan sedikit memperlihatkan bagian pinggang kanan Batchelor. Busana tersebut dipadukan dengan platform heels berwarna senada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.