Sukses

Viral Video Wali Nikah dan Pengantin Sama-Sama Gugup Saat Ijab Qabul

Kejadian lucu saat wali nikah dan pengantin pria sama-sama gugup di momen ijab qabul menuai gelak tawa tamu yang hadir.

Liputan6.com, Jakarta - Pengantin mana yang tidak berdebar-debar sebelum hari pernikahan. Namun ada sebuah momen lucu ketika sedang ijab qabul terjadi lantaran seorang wali nikah justru menyebut namanya sendiri saat akan menikahkan anaknya.

Hal itu terjadi lantaran wali nikah dan pengantin pria sama-sama gugup. "Eh, ini nama bapak," kata mempelai pria yang berjabat tangan dengan walinya, disusul gelak tawa para tamu sekitar, dikutip dari mStar, Kamis (19/1/2023). 

Momen lucu itu terekam dan video viral di media sosial sejak Senin lalu. "Dia cepat sadar...hahaha khawatir. Untung mempelai perempuan sadar, kalau tidak bapaknya yang menikah," sambung pengantin pria.

Kepada mStar, sang mempelai pria, Muhammad Nor Hafiz Nor Rashidi mengatakan, momen tersebut terekam saat pernikahannya di Jelebu, Negeri Sembilan 11 Desember lalu. Pria berusia 24 tahun itu mengakui gugup di momen tersebut, namun tidak menyangka bapak mertuanya, Mohamad Azman Sawir (59) juga merasa gugup.

"Pagi itu saat ingin masuk rumah keluarga pengantin perempuan, ayahnya bertanya ke saya nama lengkap dan saya jawab. Jadi mengertilah kalau saat akad nikah dia tak ingin melihat contekan kertas," ungkapnya. 

Sang wali nikah juga mengatakan bahwa semuanya terjadi secara spontan, namun gugup hilang setelah semua keluarga yang hadir tertawa. Tapi saat lafaz kedua bapak mertua pengantin pria kembali salah. "Melihat contekan kertas tertera nama, baru pengucapannya betul Alhamdulilah," sebut pengantin pria.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiga Tahun Pacaran

Usai dinyatakan sah, pria yang lebih akrab disapa Apex itu merasa lega karena pernikahan bersama gadis pujaannya dari Jelebu, Nur Aqidah Mohamad Azman (24) di majelis pernikahan berjalan lancar di hari yang sama. Namun ia sempat khawatir harus menunda pernikahan karena salah dua kali. "Ayah mertua seorang yang suka bercanda," ujar pria asal Palong, Negeri Sembilan itu.

Mengenai saat perkenalan dengan sang istri, ia mengatakan sudah tiga tahun menjalin hubungan asmara. Apex selalu meminta izin ke ayah Nur saat ingin mengajak keluar rumah ketika mereka masih pacaran. Kemudian mereka sampai pada perbincangan untuk bertunangan dan menikah karena memiliki keinginan yang sama untuk membangun rumah tangga.

Apex mengaku kesetiaan dan kepribadian yang membuatnya terpikat hingga memperisteri Nur. "Dia seorang yang setia dan memahami serta tak menuntut saya. Paling pentimg dia menerima saya sejak masih bukan siapa-siapa," katanya. 

3 dari 4 halaman

Terlalu Semangat

Momen sakral ijab qabul seringkali berubah menjadi lucu, usai hal tak terduga terjadi. Dibagikan oleh akun Twitter @ndagels, Rabu, 4 Januari 2023, video viral di lini masa memperlihatkan pengantin pria yang siap untuk mengucapkan ijab kabul pernikahannya, di depan wali, penghulu, sserta para saksi dan pengantin perempuan.

Ia tampak mengenakan pakaian pengantin Sunda bernuansa putih, sambil menggenggam tangan wali nikah dari pihak pengantin perempuan. Usai ijab kabul dengan lancar, ia pun menghentakkan tangannya dengan semangat.

Tanpa sadar pengantin pria menghentakkan tangan wali nikah tinggi-tinggi sampai jam tangannya terpentok ke meja. Hal ini membuat wali nikahya langsung mengelus-ngelus aksesori miliknya untuk melihat kondisinya.

Sementara orang di sekitarnya tidak bisa menahan tawa, termasuk sang pengantin perempuan. Ada pula yang ikut memeriksa keadaan tangan wali nikah yang baru dibanting mempelai pria.

Si pria jadi merasa tak enak hati dan memperlihatkan ekspresi lucu. Video ini langsung menjadi perhatian bahkan telah dilihat lebih dari 604 ribu kali dengan komentar beragam. "Punya dendam pribadi kayaknya," ungkap seorang warganet.

4 dari 4 halaman

Mengulang Ucapan Wali

Momen akad nikah yang biasanya cuma terjadi sekali seumur hidup ini sering membuat calon pengantin sangat gugup. Saking gugupnya, tak jarang tercipta kejadian unik dan tidak terduga dari pengantin membuat suasana yang tadinya serius berubah menjadi lucu.

Seperti halnya yang dilakukan mempelai pengantin pria satu ini. Terlalu grogi saat proses ijab kabul, ia justru mengulangi ucapan wali nikah. Mengutip kanal Citizen6 Liputan6.com, 20 April 2021, momen itu pun lantas membuat para saksi dan tamu undangan yang hadir tak kuasa menahan tawa.

Melalui akun TikTok @ippank.gokiel, sebuah video menampilkan acara akad nikah yang mengundang tawa karena pengantin pria salah menjawab ijab kabul. Hal itu pun ramai menjadi perbincangan warganet di media sosial.

Di videonya, terlihat pengantin pria yang mengenakan pakaian serba merah itu grogi waktu ijab kabul akan dimulai. Dengan kepala menunduk, ia tegang menjawab ijab tersebut. Tapi, alih-alih menjawab ijab dengan lantang, ia justru mengulangi ucapan sang wali dari mempelai wanita. "Saya nikahkan dan kawinkan Citra Safitri," sebut pengantin pria yang mengulangi kata-kata wali nikah yang langsung disambut tawa tamu yang hadir di pernikahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.