Sukses

Astronot Buzz Aldrin Umumkan Menikah Lagi di Usia 93 Tahun Lewat Twitter

Astronot Buzz Aldrin menikahi pacar lamanya, Anca Faur di usia 93 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Astronot Buzz Aldrin menikah dengan Anca Faur di ulang tahunnya yang ke-93 pada Jumat 20 Januari 2023. Ia dikabarkan menikahi pacar lamanya tersebut di Los Angeles.

"Pada hari ulang tahun saya yang ke-93 dan hari saya dihormati oleh Legenda Penerbangan Hidup, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa cinta lama saya Dr. Anca Faur dan saya telah menikah," tulis Aldrin di akun Twitter pribadinya, dikutip dari People, Minggu 22 Januari 2023. 

"Kami bersatu dalam pernikahan suci pada sebuah upacara pribadi kecil di Los Angeles dan sama bersemangatnya seperti remaja yang kawin lari," sambungnya. 

Melengkapi kicauan tersebut, tertera dua foto dari upacara intim pasangan itu, termasuk salah satu pasangan bahagia yang berpose bersama, serta momen yang lebih jujur ​​dari keduanya sedang saling mengobrol. Untuk hari istimewa mereka, Faur mengenakan gaun pengantin berwarna putih berhiaskan berlian imitasi, sedangkan Aldrin mengenakan jas hitam yang ia hiasi dengan berbagai pin.

Pernikahan Buzz Aldrin dengan Faur yang saat ini menjabat sebagai wakil presiden eksekutif Buzz Aldrin Ventures adalah yang keempat kalinya bagi pria antariksa NASA. Dia pertama kali menikah dengan Joan Archer pada 1954, sebelum pernikahan berakhir dengan perceraian pada 1974. Bersama-sama, pasangan tersebut memiliki tiga anak yaitu dua putranya bernama James dan Andrew, ditambah putri Janice.

Aldrin kemudian menikahi istri keduanya Beverly Van Zile pada 1975, meskipun hubungan mereka berakhir hanya dalam waktu tiga tahun. Sepuluh tahun kemudian, Aldrin menemukan cinta lagi dengan istri ketiganya Lois Driggs Cannon, yang dinikahinya selama 24 tahun sebelum mereka bercerai pada 2012.

Aldrin, merupakan orang kedua yang berjalan di bulan setelah Neil Armstrong, ia menjabat sebagai pilot Lunar Module Eagle selama misi Apollo 11 tahun 1969. Aldrin adalah satu-satunya astronot yang masih hidup dari tiga astronot yang ikut serta dalam perjalanan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Popularitas Buzz Aldrin

Aldrin merupakan salah satu pilot pada penerbangan luar angkasa Apollo 11 yang legendaris pada tahun 1969. Ia menjadi salah satu dari dua orang pertama yang berjalan di Bulan setelah komandan misi, Neil Armstrong.

Dia satu dari hanya empat orang yang masih hidup yang pernah berjalan di Bulan. Pada 1969, diperkirakan 600 juta orang menyaksikan astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin menjadi orang pertama yang berjalan di Bulan sebagai bagian dari misi Apollo 11. Tayangan tersebut menyedot penonton televisi terbesar dalam sejarah saat itu.

Hampir dalam semalam, Aldrin jadi salah satu nama paling terkenal di planet ini dan lalu bulan-bulan berikutnya adalah kabur dari penampilan media, kesempatan foto dan pidato setelah makan malam. "Saya tidak terlalu memikirkan apa yang akan terjadi setelah itu," kata Aldrin kepada Los Angeles Times pada 2001. Ia menyambung, "Saya tidak terlalu siap atau nyaman untuk ditampilkan ke mata publik sebanyak itu."

 

3 dari 4 halaman

Lelang Foto NASA

Di samping berita pernikahannya, belum lama serangkaian foto asli NASA dari misi Apollo terjual dengan total 1,16 juta krona Denmark (171.831 dolar AS sekitar Rp2,4 miliar) di sebuah lelang yang berlangsung di Kopenhagen pada Rabu 9 Maret 2022.

Mengutip kanal kanal Global Liputan6.com dari CNN, Kamis 10 Maret 2022, sebanyak 74 foto milik pribadi dari misi Apollo 8-17 termasuk  yang terkenal yaitu moon walk Buzz Aldrin selama pendaratan Bulan berawak pertama pada Juli 1969, dijual seharga 52.000 krona (7.703 dolar AS atau sekitar Rp109 juta).

Foto Buzz Aldrin bersama setelan astronaut lengkap dan Neil Armstrong, yang mengambil foto tersebut dan tampak sekilas dalam pantulan kaca mata Aldrin, ditampilkan di sampul majalah National Geographic dan Life pada 1969. Potret berwarna pertama dari foto pertama earthrise yang pernah disaksikan manusia, yang diambil selama misi Apollo 8 pada 1968 dijual dengan harga tertinggi 88.400 krona (13.095 dolar AS sekitar Rp186 juta).

Earthrise merupakan foto Bumi dan sebagian permukaan Bulan yang diambil dari orbit Bulan oleh astronot William Anders pada tanggal 24 Desember 1968. Foto-foto asli NASA kuno diterbitkan terbatas untuk studi ilmiah dan publikasi di majalah internasional.

4 dari 4 halaman

Penerbangan Apollo 11

Sementara itu, astronaut NASA Buzz Aldrin pergi ke Bulan tahun 1969 dengan menaiki Apollo 11. Jaket yang dikenakan Buzz Aldrin saat itu, kini terjual dalam lelang senilai 2,7 juta dolar AS atau sekitar Rp 40 miliar di New York, pada Selasa 27 Juli 2022.

Jaket putih berbendera Amerika Serikat yang terdapat inisial NASA dan nama "E.ALDRIN" yang tersemat, adalah bagian dari koleksi pribadi benda-benda yang diputuskan untuk dijual astronaut berusia 92 tahun itu. "Baju langka ini diburu banyak penawar selama hampir 10 menit sebelum dijual kepada penawar lewat telepon," kata pihak rumah lelang Sotheby's di New York dalam pernyataannya, dikutip dari AFP pada Rabu 28 Juli 2022.

"Setelah mempertimbangkan masak-masak, sekarang waktu yang tepat untuk berbagi barang-barang ini kepada dunia, yang buat sebagian orang yaitu simbol momen bersejarah, namun buat saya adalah kenangan pribadi dari hidup yang didedikasikan untuk sains dan eksplorasi," kata Aldrin, sebagai satu-satunya kru penerbangan Apollo 11 yang masih hidup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.