Sukses

5 Rekomendasi Makanan Berkuah yang Lezat, Hangatkan Tubuh saat Cuaca Dingin

Di musim hujan atau suasana dingin memang paling nikmat menyantap makanan berkuah panas.

 

Liputan6.com, Malang Di musim hujan atau suasana dingin memang paling nikmat menyantap makanan berkuah panas. Pasalnya, di cuaca dingin tubuh cenderung banyak kehilangan cairan. Napas juga jadi lebih berat dan dalam. Selain itu, tubuh juga dapat menghasilkan lebih banyak urin sebagai cara menjaga panas tubuh.

Selain memakai pakaian dan minuman hangat, makanan berkuah juga salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat dan terhidrasi cukup.

Nah, berikut ini ada rekomendasi makanan yang berkuah yang enak disantap saat cuaca dingin.

 

1. Mie Godog Jawa

 

Kata ‘godog’ dalam bahasa Jawa berarti rebus, jadi mie godog adalah mie rebus atau mie kuah. Sajian mie ini terkenal di wilayah Yogyakarta, yang memiliki banyak variasi topping, seperti telur, ayam, serta sayur-sayuran. Biasanya mie akan dimasak di wajan yang memakai tungku api arang. Mie godog mempunyai rasa gurih dan lebih nikmat jika dimakan selagi panas. 

2. Bakso Malang

 

Bakso Malang atau yang biasa disebut bakwan Malang ini merupakan salah satu kuliner ikonik di daerah Malang. Yang membedakan bakso Malang dengan bakso biasa adalah isiannya yang lebih variatif. Selain bakso bulat dan mie, hidangan ini ada tambahan, seperti pangsit goreng, bakso goreng, dan siomay rebus. Bakso Malang menjadi hidangan sempurna jika disajikan saat sore hari, cuaca dingin, ataupun saat musim hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tongseng Kambing

Makanan selanjutnya ada tongseng kambing. Tongseng adalah makanan legendaris Jawa Tengah sejenis gulai dengan racikan kuah kental yang penuh rempah yang khas. Isiannya terdiri dari daging kambing, potongan tomat, serta kubis, cabai rawit serta ditambah kecap. Namun, ada variasi lain yaitu tongseng sapi atau ayam. Hidangan ini cocok dimakan saat cuaca dingin dan ditambah dengan nasi hangat. 

4. Soto Betawi

 

Soto Betawi adalah makanan khas daerah DKI Jakarta. Hidangan ini berupa kuah santan yang berisi potongan daging beserta jeroan. Rasanya yang gurih dan berkuah, cocok dimakan saat musim hujan.

Saat disajikan, soto ini biasanya ditambahkan dengan potongan tomat, daun bawang, bawang goreng, serta emping. Soto Betawi juga cocok disajikan dengan nasi hangat, sambal dan perasan jeruk nipis yang menambah kesegaran.

5. Mie Aceh

 

Bagi pencinta masakan pedas, menu satu ini cocok untuk kamu. Mie Aceh adalah sajian mie pedas dan gurih yang berasal dari Aceh. Mie berkuah ini disajikan dengan irisan daging, mulai dari daging sapi, ayam, kepiting, udang atau kambing. Perbedaan utama Mie Aceh dengan Mie Godog Jawa adalah racikan bumbu yang lebih kaya akan rempah, seperti cabai merah, kunyit, jintan, dan kapulaga.

Perbedaan lainnya adalah Mie Aceh tidak menggunakan telur sebagai topping-nya. Perpaduan semakin lengkap jika hidangan ini ditambah dengan emping, mentimun serta acar bawang. 

Itu dia 5 rekomendasi makanan yang cocok dimakan saat musim hujan. Jadi, kamu mau coba yang mana?

 

(*/Kdk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini