Sukses

Influencer Pakai Ekstensi demi Penampilan, Rambut Asli Rusak dalam Waktu Singkat

Banyak orang yang sengaja memasang rambut ekstensi demi terlihat cantik.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang influencer asal Australia, Cartia Mallan, menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menumbuhkan rambutnya. Tapi seketika pertumbuhannya rusak setelah menggunakan ekstensi rambut hanya dalam beberapa bulan.

Pengguna TikTok itu membagikan cerita tersebut dengan beberapa video yang mendokumentasikan proses kehilangan semua rambutnya hingga dia harus memotongnya menjadi bob. Dia mengaku 'panik' ketika melepas ekstensi permanen untuk beberapa bulan dan menemukan sebagian besar rambutnya telah bercabang serta menjadi kusut.

"Saya telah menumbuhkannya selama bertahun-tahun hingga menjadi sangat sehat dan berada di tempat yang sangat baik," katanya dalam videonya, seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa, 7 Februari 2023.

Ia menyambung, "Kemudian saya ingin rambut saya lebih panjang, saya hanya ingin mengubahnya, sehingga, Anda tahu, saya hanya akan mendapatkan ekstensi rambut selama satu atau dua bulan."

Ia lalu menyambung rambutnya dengan ekstensi yang sangat panjang. Saat tiba waktunya untuk mencabut ekstensi, ia kaget karena tidak punya rambut lagi.

Mallan sempat menunjukkan rekaman rambut panjangnya asli yang tampak berkilau dan tebal sebelum mengungkapkan ekstensi rambutnya yang memberikan rambut panjang ekstra. Dia mengejutkan para pengikutnya dengan menarik kuncir kudanya dan mengungkapkan betapa rusak dan tipisnya rambutnya sejak melepas ekstensi.

"Lihat betapa tipisnya rambutku sekarang. Semuanya telah dicabut dan dihancurkan sepenuhnya. Saya benar-benar tidak punya pilihan selain memotong rambut saya menjadi bob," katanya. 

2 dari 4 halaman

Sumber Malapetaka

Dia melanjutkan, "Tidak ada yang lebih saya takuti di dunia ini selain harus memotong pendek rambut saya. Seperti saya terobsesi dengan rambut panjang."

Ia mengaku menyesal telah memilih cara instan untuk memanjangkan rambutnya yang justru membuat rambut aslinya rusak. Mallan kemudian memperingatkan para wanita untuk menjauhi ekstensi rambut jika mereka ingin menumbuhkan rambut mereka yang panjang dan tebal. Mallan mengaku tidak akan pernah memasag ekstensi rambut permanen lagi karena sudah rusak

Wanita berambut cokelat itu lalu mengunggah dua video tindak lanjut hari itu. Video pertama menunjukkan saat dia di salon bersama penata rambut yang memotong sebagian besar rambutnya. Di video terakhir, gaya rambut barunya terungkap, bob panjang dan tebal yang membingkai wajah cantiknya. 

Ekstensi dilakukan tidakhanya untuk rambut, tetapi juga bulu mata. Banyak wanita, terutama, bermimpi memiliki bulu mata panjang dan lentik. Karena tidak mudah memperolehnya, cara instan pun dipilih.

Mengutip kanal Citizen Liputan6.com, untuk mendapatkan ekstensi bulu mata seseorang perlu melakukannya ke profesional. Kalau tidak, hal mengerikan bakal terjadi seperti yang dialami seorang wanita yang videonya beredar di lini masa.

3 dari 4 halaman

Kesalahan Lem

Seorang penata rias berbagi cerita tentang seorang klien yang datang untuk menghilangkan satu set bulu mata yang rusak. Kondisi malang kliennya ini disebabkan oleh seorang ahli kecantikan yang tak memenuhi syarat lantaran menggunakan lem rambut untuk hair bonding untuk merekatkannya.

IPS Beauty membagikan kisah tersebut ke platform TikTok dengan mengunggah video bulu mata kliennya yang rusak. "Seorang klien datang untuk melakukan pemindahan hari ini, saya ngeri. Ekstensi diterapkan dengan lem pengikat rambut dan isolasi nol. Hal ini seharusnya illegal!" tulisnya dalam unggahan itu. 

Ahli kecantikan itu menambahkan bahwa klien cuma memiliki sedikit bulu mata yang tersisa. Dia pun mencoba melepas ekstensi di rumah dan mencabut sebagian besar bulu matanya.

"Lihatlah betapa jarangnya bulu mata alaminya. Dia mendatangi saya seperti ini sehingga bulu mata lainnya mungkin robek," kata penata rias dalam video tersebut.  

4 dari 4 halaman

Ekstensi Rambut Berantakan

Kejadian tentang ekstensi rambut juga dialami aktris Angelina Jolie saat hadir di karpet merah pemutaran perdana "The Eternals" pada Minggu, 24 Oktober 2021 di Festival Film Roma. Jolie saat itu tampil dalam balutan gaun silver metal mesh Atelier Versace.

Melansir dari Page Six, Selasa 26 Oktober 2021 tak hanya gaun indah perak Angelina Jolie yang mencuri perhatian publik, tetapi juga ekstensi rambutnya. Tata rambutnya tampak berombak, tidak rata dan jelas-jelas dipadukan dengan rambut asli aktris ini.

Ekstensi rambut Angelina Jolie yang tak rata itu membuat warganet heboh di media sosial. Tak sedikit yang berkomentar soal tata rambut tersebut. "Bagaimana Anda membiarkan Angelina Jolie berjalan di karpet merah dengan ekstensi rambutnya terlihat seperti itu, seseorang tampaknya bakal dipecat," tulis seorang warganet.

"Siapa pun yang melakukan ekstensi rambut Angelina mesti jadi teman Jennifer," gurau yang lain. Hal tersebut merujuk pada perseteruan lama antara Jolie dan Jennifer Aniston yang menikah dengan Brad Pitt sebelum Pitt dan Jolie berpasangan. Bahkan, tokoh televisi Amerika Stassi Schroeder ikut buka suara. Ia menuangkannya lewat unggahan di Instagram Story.

Video Terkini