Sukses

Hutan Selebritas Bermunculan, Tren K-pop Baru di Korea Selatan

Penggemar K-pop yang sadar lingkungan membuat Sungai Han lebih hijau, ruang terbuka yang lebih berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta - Ruang hijau hutan buatan manusia di Seoul diperkirakan akan semakin padat tahun ini. Semua itu berkat penggemar K-pop dari seluruh dunia.

Pemerintah Metropolitan Seoul baru-baru ini mengatakan bahwa cadangan baru seluas 10.000 meter persegi akan didirikan di Taman Nanji Hangang di ujung barat Seoul di Distrik Mapo, Korea Selatan. Pohon dibeli dari uang yang disumbang penggemar K-pop akan ditanam di sana.

Melansir dari The Korean Times, Kamis (9/2/2023), Divisi Alam dan Ekologi dari Biro Taman dan Rekreasi pemerintah kota mengatakan mereka berencana untuk memulai bisnis taman tepi sungai Nanji musim semi ini. Mereka berharap seiring meningkatnya popularitas K-pop di seluruh dunia, donasi juga akan meningkat.

"Kami berpikir bahwa hutan selebriti di Seoul mewakili model budaya fandom penggemar K-pop global untuk membantu melestarikan alam dan menangkis krisis iklim," kata seorang pejabat dari divisi tersebut. "Kami ingin mendukung sepenuhnya proyek ini sehingga budaya fandom semacam ini dapat berkembang lebih jauh."

Dengan menyatukan berbagai "hutan selebritas" yang masing-masing didedikasikan untuk selebritas berbeda dan semuanya berada di satu tempat, situs baru di Taman Nanji Hangang akan menjadi hutan selebritas kolektif terbesar di sungai ibu kota. Rencana lanskap hutan yang baru berbeda dari rencana hutan selebriti lainnya telah dibuat sebelumnya yaitu hutan yang akan ditempatkan di sekitar area tepi sungai, bukan hanya secara acak.

Ada sembilan hutan selebriti sejauh ini. Tiga hutan selebritas ada di Taman Jamsil Hangang, dua di Ichon, dua di Gwangnaru, dan masing-masing satu di Jamwon dan Yeouido. Yang paling awal adalah "RM Forest No.1" di Jamsil, didirikan pada Agustus 2019.

Dengan donasi yang diberikan untuk pemimpin BTS sensasi K-pop global, 1.250 karangan bunga pengantin ditanam. Hutan kedua yang diberi nama RM dibuat pada September 2020 di Ichon, tempat tiga buah beri Asia Timur dan 200 karangan bunga pengantin ditanam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hutan BTS

Anggota band lainnya, Jungkook, V, Jimin dan Jin, juga memiliki hutan yang dinamai menurut nama mereka. Yang terbaru, "Hutan Jin" No.9 dengan 10 kastanye kuda diperkenalkan di Yeouido pada Desember 2022. Pada Januari 2023, jumlah total pohon di semua hutan selebritas yang didanai oleh penggemar BTS, yang dikenal sebagai Tentara, mencapai 3.900 pohon.

Solois Youngtak dan Ha Sung Woon dari boyband proyek K-pop Wanna One juga meminta para penggemar mereka untuk ikut serta. Youngtak diperingati dengan tiga Chinese Fringetrees dan 400 winged spindle pada Oktober 2021, sedangkan Ha dirayakan dengan empat buah ceri Yoshino dan 96 malai hydrangea pada Mei 2022.

"Setiap hutan menghabiskan biaya rata-rata 24 juta hingga 30 juta won yang setara Rp360 miliar untuk membeli pohon dari perusahaan lanskap lokal di Korea,” kata Cho Yun-hwan dari Seoul KFEM, pihak penyelenggara, kepada The Korea Times.

"Para penggemar mengumpulkan uangnya sendiri dan mentransfernya kepada kami. Ada lebih banyak penggemar lokal di Korea daripada mereka yang berasal dari luar negeri yang telah memberikan kontribusi untuk proyek-proyek ini," sambungnya.  

 

3 dari 4 halaman

Murni Sukarela

Pemerintah kota mengatakan hutan selebritas selanjutnya dibuat di Taman Hangang akan mencakup instalasi dekoratif yang diinginkan oleh penggemar seperti papan nama untuk idola mereka, cetakan kaki atau cetakan tangan, serta potongan seukuran aslinya dalam bentuk idola mereka.

"Dari musik hingga film dan olahraga, bintang 'hallyu' dalam berbagai genre akan menerima dukungan pemerintah kota kami untuk menciptakan lebih banyak hutan di taman Nanji," kata Joo Yong-tae, kepala Biro Rekreasi Sungai Han.

Ia menyambung, "Hutan pasti membantu meningkatkan kesadaran publik akan krisis iklim dan kebutuhan masyarakat untuk memperluas kegiatan iklim. Kami juga berharap hutan akan menjadi tempat wisata lain di kota ini."

Cho mengatakan bahwa inisiatif mereka murni sukarela. Dia mengatakan para penggemar termotivasi oleh idola mereka yang entah bagaimana mengadvokasi keadilan iklim dengan satu atau lain cara. "Karena idola mereka tak tergantikan, para penggemar percaya begitu pula bumi," kata Cho. 

 

4 dari 4 halaman

Dimulai Sejak 2013

Hutan selebriti berasal dari proyek pembangunan perkotaan pemerintah kota di sekitar sungai yang dimulai pada tahun 2013. Ini memungkinkan anggota masyarakat, perusahaan atau fandom selebriti untuk menyumbangkan uang dan menanam pohon atas nama mereka untuk memperbaiki lanskap lingkungan tepi sungai dan memperbaiki lingkungan kota dan kualitas udara.

Sejauh ini, otoritas telah menyetujui 588 hutan berbeda, yang terdiri dari hampir 180.000 pohon. Jang Se-bom, seorang pejabat dari divisi alam dan ekologi, membenarkan bahwa tidak ada satu sen pun dari pundi-pundi pemerintah kota yang dihabiskan untuk menyiapkan pohon untuk hutan.

"Para penggemar mendonasikan uangnya dengan tujuan menyumbang dana untuk membeli dan menanam pohon," kata Jang kepada The Korea Times.

Adapun Seoul KFEM bekerja dengan para penggemar dalam mempekerjakan perusahaan arsitektur lanskap untuk merancang dan membuat hutan selebriti. "Kami hanya memberi mereka sepetak tanah. Bagi orang lain yang tertarik menanam pohon atas nama mereka, kami juga memberi mereka alat yang diperlukan seperti sekop, sarung tangan, pupuk, dan air," jelasnya lagi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.