Sukses

Profil Jungwon ENHYPEN yang Sedang Berulang Tahun ke-19

Jungwon ENHYPEN awalnya bercita-cita jadi atlet taekwondo, alih-alih idol K-pop.

Liputan6.com, Jakarta - Jungwon ENHYPEN sedang merayakan ulang tahun ke-19 tepat hari ini, Kamis (9/2/2023). Di usianya yang masih muda, Jungwon telah ditunjuk jadi pemimpin boy group ENHYPEN sejak debut pada 2020.

Dalam cacatan profilnya di laman Kprofiles, dikutip Kamis (9/2/2023), perjalanan karier pria kelahiran Seoul, Korea Selatan ini dimulai dari tampilannya di ajang pencarian bakat, I-Land, pada 2020. Ia memang sudah mencuri perhatian sejak awal dengan kelincahannya menari sambil menyanyi.

Saat itu, Jungwon berhasil mendapatkan 1.417.620 suara dan jadi peringkat pertama di babak dinal I-Land dengan enam anggota lain, yang saat ini jadi formasi ENHYPEN.

Melansir Allkpop, Jungwon baru saja lulus dari Sekolah Hanlim Multi Art di departemen Musik Terapan. Sebelumnya, ia sempat jadi siswa SMA Namgang. Ia jadi personel ENHYPEN terakhir yang lulus dari sekolah tersebut, setelah Jay dan Sunoo lulus pada 2022.

Alih-alih idol K-pop, Jungwon ENHYPEN awalnya bercita-cita jadi atlet taekwondo. Koreaboo menyebut bahwa Jungwon sudah mulai berlatih olahraga bela diri sejak berusia tujuh tahun. Ia juga sempat jadi bintang gyeorugi atau pertandingan Taekwondo di Korea Selatan selama beberapa tahun.

Jungwon pernah menulis surat pada pelatih taekwondonya untuk mengungkapkan bahwa olahraga tersebut membantunya memperbaiki sikap buruk sebagai seorang anak dan memberinya arahan untuk masa depan. Sementara di dunia musik, ia menjadikan Jungkook BTS sebagai panutannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penggemar Jungkook BTS

Menurut laporan Allkpop, Jungwon menjadikan Jungkook sebagai panutan karena golden maknae BTS itu dianggap sebagai artis serba bisa. Menurutnya, Jungkook memiliki kelihaian menari di atas panggung dan wajah yang ekspresif.

"Saya percaya bahwa idol harus bagus dalam segala hal. Jadi, saya pikir intinya adalah menjadi berpengetahuan luas dan melakukan semuanya dengan baik. Alasan mengapa Jungkook sunbaenim jadi panutan saya adalah karena dia pandai dalam segala hal. Ia sangat santai di atas panggung," katanya.

Jungwon bercerita dirinya mengambil inspirasi dari eskpresi santai pada lagu BTS, Boy with Luv, dan vibes yang kuat pada lagu ON. "Juga, penampilan solonya My Time," imbuhnya.

Jungkook sendiri pernah merespons hoobae-nya itu pada episode terakhir I-Land dengan mengatakan Jungwon memiliki performa yang sangat baik. "Bagi saya, saya berada di sini karena memiliki passion. Jadi, saya harap kamu tidak pernah lupa dengan apa yang kamu rasakan sekarang dan tetap dilanjutkan," sebut Jungkook.

3 dari 4 halaman

Tidak Terpikir Menjadi Leader

Jungwon saat itu tidak berpikir akan jadi pemimpin grup. Ia menjelaskan, ia jadi leader karena Heeseung, personel lain ENHYPEN, datang padanya dan menyebutkan ia lebih suka tetap jadi anggota daripada leader.

Pasalnya, anggota lain mungkin akan kesulitan berbicara jika leader tersebut juga orang tertua di grup. Sebagai pemimpin, Jungwon mengajak timnya bekerja sama dan membuat aturan sendiri untuk mengatasi kesulitan atau konflik yang dialami para personel ENHYPEN.

"Kami membuat aturan tentang itu. Jika semuanya berjalan dengan baik di tempat kerja, itu bagus, tapi tidak selalu dapat menjamin hal itu," katanya.

Sebagai pemimpin yang masih muda, ia juga butuh banyak belajar dari pengalaman. Terkadang, Jungwon curhat ke Heesung, member tertua dalam grup yang sempat jadi pemimpin di I-Land.

"Heesung berada di bawah banyak tekanan saat jadi leader di I-LAND. Jadi, dia sudah mengalami semua itu dan saya berpikir mungkin akan berjuang dengan cara yang sama," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Dapat Kaktus

I-LAND telah jadi "memori pertama" penggemar terhadap personel ENHYPEN, termasuk Jungwon. Salah satunya ketika ia mendapat kaktus dari RM BTS. "Selama I-Land, personel BTS memberikan hadiah pada para finalis dan RM menyiapkan kaktus yang diterima Jungwon," tulis seorang warganet di Twitter.

Kaktus mini itu memiliki pot putih yang ditandatangai RM. Jungwon melakukan siaran langsung dan meminta para penggemar merekomendasikan nama kaktus. Akhirnya, dia memilih untuk memberikan nama "Miniwon."

Leader BTS itu juga pernah membantu Jungwon dalam masa sulit dengan memberikan nasihat. "Ketika saya sedang mengalami masa sulit, RM sunbaenim mengatakan pada saya bahwa pemimpin adalah seseorang yang mendorong dari belakang tim, bukan menarik dari depan," ucapnya.

Jungwon menyebut nasihat dari RM sangat melekat dan membuatnya ingi semakin bijaksana lagi. "(Nasihat) itu benar-benar melekat pada saya, karena menurut saya itu sangat mengesankan. Itu telah terukir di kepala saya sejak itu," lanjutnya.

Jungwon juga berharap bahwa dia bisa mendapt kesempatan untuk bertanya pada RM mengenai menjaga sebuah chemistry dalam tim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.