Sukses

Tak Hanya Sepatu, Gaya Fesyen Menlu Retno Marsudi Juga Bikin Salah Fokus

Menlu Retno Marsudi beberapa kali tampil mengenakan sepatu beda warna, terbaru saat mendampingi Jokowi saat melepas kiriman bantuan ke Turki.

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kerap menarik perhatian. Yang terbaru, ia kembali jadi sorotan dengan menggunakan sepatu dengan warna yang berbeda.Kali ini, Menlu Retno mendampingi Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Turki dan Suriah, Selasa (21/2/2023).

Di dalam foto yang diambil awak media, Retno Marsudi terlihat memakai sepatu dengan warna berbeda (hitam dan putih). Warna sepatu itu senada dengan pakaian yang dikenakannya.

Dalam beberapa kesempatan, Menlu Retno memang kerap tampil dengan warna sepatu berbeda. Salah satunya saat ikut mendampingi Presiden Jokowi menyambut kunjungan Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yakoob di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu, 10 November 2021.

[bacajuga:Baca Juga](5213428/ 5209919 5206621)

Kedatangan PM Malaysia juga disambut beberapa orang menteri. Selain Menlu Retno, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Keempat menteri ini memang ditugaskan Jokowi untuk mewakili delegasi Indonesia. Di antara banyak topik, penampilan Menlu Retno Marsudi di momen ini jadi salah satu yang paling menarik perhatian karena kedapatan memakai sepatu kanan kiri berbeda warna. Hal itu diketahui dari sejumlah foto yang dibagikan Sri Mulyani di akun Instagram pribadinya.

"Suasana mendung di Istana Bogor. Hujan turun rintik-rintik," tulisnya dalam unggahan pada 10 November 2021. Dalam foto itu, terlihat alas kaki Menlu Retno tidak satu warna, yang berwarna putih untuk kaki kanan dan kaki kiri beralas sepatu warna hitam. Ia sepertinya ingin menegaskan nuansa monokrom tanpa terkesan membosankan.

Retno mengenakan atasan hitam dipadukan dengan rok putih sebetis. Untuk memberi kesan anggun, ia terlihat mengenakan syal hitam dengan aksesori bros silver di sisi kanan. Kalung mutiara, kacamata, masker, dan tas tangan warna earth tone pun melengkapi penampilannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sepatu Pink dan Hijau

Sementara itu, di sampingnya ada Sri Mulyani yang tampil anggun memakai kebaya panjang warna biru dongker dengan ornamen di bagian kerah, dipadukan bawahan kain batik berwarna senada. Sedangkan Nadiem memilih setelan jas hitam berdasi merah, senada dengan Pratikno yang mengenakan gaya busana serupa.

Foto Menlu Retno juga pernah viral karena meninjau kesiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menggunakan selen, yaitu menggunakan sepatu kanan kiri dengan warna yang berbeda. Foto itu diunggah situs Presiden Republik Indonesia yang kemudian dibagikan ulang sejumlah akun media sosial, salah satunya akun Twitter @Opa_Tersayang.

Dalam foto tersebut, Retno terlihat dikawal oleh personel TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Darat di landasan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Sepatu model Oxford dengan warna pink sebelah kanan dan hijau untuk bagian kirinya menjadi fokus saat itu.

Untuk memadukan sepatu tersebut, Retno memilih mengenakan celana ankle length warna hitam dan kemeja putih. Secara keseluruhan, Menlu tampil dengan gaya preppy look formal.Ia juga menambahkan tas ransel hitam dan sling bag putih untuk melengkapi penampilannya. Tak ketinggalan, masker sebagai bagian dari protokol kesehatan.

Suka sekali dengan Ibu Menlu satu ini. Gayanya selalu trendy dengan sepatu beda warna, tentu pikirannya selalu OUT OF THE BOX," tulis akun @opa_tersayang dalam keterangan unggahannya,10 Oktober 2021.

 

3 dari 4 halaman

Gaya Chic Bersama Menkeu

Sebelum momen KTT G20 tersebut, Retno Marsudi juga pernah memakai sepatu serupa saat meninjau fasilitas persiapan KTT G20 bersama Presiden Joko Widodo dan Iriana Widodo di Bali, pada 8 Oktober 2021 lalu.

Tak hanya soal sepatu, gaya pakaian atau fesyen Retno Marsudi juga bisa bikin salah fokus. Melalui unggahan di akun Instagramnya, pada Januari 2021 lalu, pilihan busana Menlu Retno dinilai fashionable.

Sementara Menkeu Sri memakai atasan batik berpadu celana panjang hitam dan block heel berwarna krem yang senada dengan dominasi top pilihannya, Menlu Retno justru berbalut busana bergaya chic yang memanfaatkan warna monokrom.

Dirinya tampak memilih white shirt, item andalan untuk mengadopsi gaya effortless chic fashion, yang lengannya sedikit digulung dan dipadukan bersama french knot scarf hitam. Outfit itu senada dengan ankle trousers yang juga dikenakan kala itu. Memaksimalkan tampilan, Menlu Retno Marsudi memilih menggunakan sepatu oxford putih, pilihan fesyen yang jarang diperlihatkan seorang pejabat.

 

4 dari 4 halaman

Persahabatan 40 Tahun

Sebagai penutup, perempuan 60 tahun itu menenteng laptop handbag, juga berwarna hitam. Karena saat itu masih berkegiatan di masa pandemi COVID-19, baik Menlu Retno maupun Menkeu Sri, keduanya memakai masker yang masing-masing merupakan masker medis dan masker kain. Juga, dilengkapi pelindung wajah.

Berdasarkan keterangan Menlu Retno Marsudi kala itu dirinya baru saja selesai melaporkan persiapan Keketuaan Indonesia G20 2022 pada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Potret ini sendiri diambil di Istana Negara, Jakarta.

Terlepas dari pilihan busana Menlu Retno Marsudi yang malah jadi sorotan, unggahan itu pun mengandung pesan women support women yang telah berulang kali disuarakan, terutama melalui jejaring sosial.Kala itu, terlihat dirinya dan Menkeu Sri Mulyani berbagi payung, menghalau diri dari hujan yang turun di area Istana Negara.

Dituliskan bahwa mereka telah terlibat pertemanan dalam waktu lama. Berdasarkan keterangan Menlu Retno, pertemanan mereka sudah berlangsung selama tak kurang dari 40 tahun. "Supporting one another (saling mendukung satu sama lain)," tandasnya dalam keterangan itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.