Sukses

Kiper Newcastle Dapat Medali Juara Meski Timnya Kalah dari Manchester United di Carabao Cup

Martin Dubravka berhak mendapat medali juara Piala Liga Inggris 2023, meski kiper Newscastle United ini tidak bermain di laga final.

Liputan6.com, Jakarta - Fakta aneh tapi nyata dialami kiper Newcastle United, Martin Dubravka. Manchester United memang sukses merebut gelar juara Piala Liga Inggris 2023 atau Carabao Cup setelah membungkam Newcastle dengan skor 2-0 dalam laga final di Stadion Wembley, London, Minggu (26/2/2023) waktu setempat.

Ini merupakan gelar pertama United dalam enam musim terakhir. Kedatangan Erik ten Hag sebagai pelatih anyar sukses mengakhiri dahaga gelar tim pemilik 20 trofi Liga Inggris itu.

Dalam laga itu, Dubravka memang tidak diturunkan. Kiper ketiga Newcastle United, Loris Karius yang bermain karena kiper utama mereka, Nick Pope masih harus menjalani hukuman larangan tiga pertandingan akibat terkena kartu merah saat menghadapi Liverpool di laga Liga Primer Inggris pada pekan lalu.

Uniknya, Dubravaka justru berhak mendapat medali juara Piala Liga Inggris 2023  Padahal, kiper berusia 34 tahun itu bahkan tidak bermain di laga final, bahkan tidak ada di bangku cadangan. Namun ia justru bisa mendapatkan medali juara meski Newcastle United harus menelan kekalahan.

Lantas, apa alasan Martin Dubravka bisa mendapat medali juara meski Newcastle dijkalahkan Manchester United di final Piala Carabao Cup 2023?  Melansir TalkSPORT, Senin, 27 Februari 2023, Dubravka secara aturan berhak mendapatkan medali juara karena di awal musim sempat membela Manchester United dengan status pinjaman.

Dia tercatat hanya bermain dua kali di bawah tim asuhan Erik ten Hag dan itu semua terjadi di Piala Liga Inggris sebelum Newcastle memanggilnya pulang pada Januari lalu.  Fakta itu pula yang membuat Newcastle tidak bisa memainkan Dubravka di Piala Liga Inggris mengingat sang pemain sudah sempat terdaftar sebagai penggawa Manchester United di ajang Carabao Cup 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berkah di Tengah Kekalahan

Situasi itulah yang membuat Dubravka memenuhi syarat untuk mendapatkan medali juara Piala Liga Inggris bersama Manchester United. Uniknya, seandainya pemenang final itu adalah Newcastle, maka Martin Dubravka justru tidak berhak untuk mendapatkan medali juara.

Kemenangan Manchester United pun seperti menjadi berkah di tengah penderitaan Newcastle bagi Dubravka.  Dalam aturannya, klub peraih juara akan mendapatkan 19 medali untuk dibagikan kepada skuad di hari pertandingan setelah laga final.

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan 11 medali lagi pasca laga final untuk diberikan kepada pihak-pihak tertentu sesuai kebijaksanaan tim itu sendiri.  Tak hanya Dubravka, Cristiano Ronaldo juga dikabarkan bisa mendapat medali juara Carabao Cup 2022/2023 yang dimenangkan Manchester United.

Melansir kanal Bola Liputan6.com, pemain 38 tahun tersebut dikabarkan bisa kecipratan medali juara Piala Liga Inggris. Hal itu mengacu pada aturan EFL Pasal 20.2 yang menyebut setiap tim juara dan runner-up Carabao Cup masing-masing mendapatkan 30 medali dan suvenir. Namun, itu tergantung apakah Manchester United mau memberikannya kepada Ronaldo.

 

3 dari 4 halaman

Medali Cristiano Ronaldo

Meski begitu, melansir Daily Express, Ronaldo dipastikan tidak bisa mendapat medali juara Carabao Cup. Sebab, dia belum pernah bermain di Carabao Cup untuk Man Utd musim ini. Ronaldo meninggalkan Old Trafford pada November lalu, atau sebelum perhelatan Piala Dunia 2022.

Saat masih di MU, Ronaldo absen di babak ketiga saat melawan Aston Villa. Kasusnya tentu berbeda dengan Dubravka yang sudah sempat bermain dan hijrah dari MU dengan baik-baik.

Sementara Ronaldo meninggalkan MU karena berselisih akibat wawancara kontroversialnya. Dalam wawancaranya, Cristiano Ronaldo mengkritik Manchester United habis-habisan. Dari mulai fasilitas klub, manajemen, permainan, manajer, hingga beberapa pemain muda tak lepas dari kritikan pemain asal Portugal tersebut. Ronaldo kini melanjutkan karier ke Arab Saudi dengan bergabung di klub Al Nassr.

Terlepas dari perdebatan apakah Ronaldo mendapatkan medali atau tidak, acungan jempol pantas ditujukan pada David de Gea. Meski tak mencetak gol, dia memiliki peran penting dalam keberhasilan tim berjulukan Setan Merah ini. De Gea tampil tangguh menjaga gawang MU tidak kebobolan. Memang, De Gea cuma membuat dua penyelamatan sepanjang 90 menit, salah satunya dari Allan Saint-Maximin di babak pertama.

 

4 dari 4 halaman

Rekor David De Gea

Namun, clean sheet yang ia catatkan pada laga ini telah membuat rekor tersendiri. Kiper asal Spanyol itu mencatatkan rekor sebagai kiper MU dengan jumlah tidak kebobolan terbanyak.  De Gea sudah melakoni 181 laga tidak kebobolan dari total 523 penampilannya di semua kompetisi.

Torehan itu membuat De Gea melangkahi kiper legendaris Manchester United, Peter Schmeichel. Sejak bergabung pada 2011 lalu, De Gea juga sudah mempersembahkan sejumlah gelar untuk Setan Merah.  Di antaranya, satu titel Liga Inggris, satu Piala FA, dua Piala Liga Inggris, dan tiga Community Shield.

Kini, dia berpeluang menambah tiga trofi, karena Manchester United masih bersaing di Liga Inggris, Piala FA dan Liga Europa. De Gea pun mengungkapkan ini adalah hari yang sempurna untuknya. Selain mencatatkan rekor, bisa membawa MU menjadi juara.

"Tidak mudah mencatatkan clean sheet di final. Jadi juara dan memecahkan rekor, saya bangga betul. Hari yan sempurna," ujar De Gea di situs resmi EFL.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.