Sukses

Buntut Masuknya Mobil Mario Dandy, Sandiaga Uno Tegur Keras Pengelola Kawasan Wisata Bromo

Menparekraf Sandiaga Uno sudah mengumpulkan pengelola wisata terkait aturan untuk menjaga kelestarian Gunung Bromo imbas mobil Mario Dandy masuk kawasan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memberi teguran keras terhadap pengelola wisata Bromo usai beredarnya foto mobil jeep Rubicon milik tersangka penganiayaan, Mario Dandy Satriyo. Sebelumnya, unggahan foto Mario Dandy di atas Rubicon di kawasan wisata Gunung Bromo sempat viral.

Menurut Sandiaga Uno, pihaknya sudah mengumpulkan pengelola wisata terkait aturan untuk menjaga kelestarian Gunung Bromo. Ia kembali menegaskan Gunung Bromo merupakan destinasi wisata super prioritas.

"Sebelum Dandy ini, ada juga beberapa klub otomotif melakukan dan ini berulang kali laporannya masuk ke kami. Kami sudah memberikan teguran baik secara langsung maupun dalam konsep FGD," ucapnya seusai membuka acara East Indonesia Tourism and Investment Summit 2023 di Claro Hotel Makassar, Jumat, 3 Maret 2023, dilansir dari merdeka.com.

Sandiaga menegaskan bakal menindak tegas pelanggaran di daerah wisata. Ia menegaskan aturan dibuat untuk menjaga kualitas pariwisata, khususnya destinasi wisata.

"Intinya kami akan menindak tegas pelanggaran terhadap peraturan. Karena kita ingin pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, unggahan foto Mario Dandy bersama Rubicon di Gunung Bromo menuai sorotan. JK Owner East Java (JKOEJ). Mereka menyayangkan aksi Mario Dandy yang masuk ke padang savana Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

"Pastinya kami juga menyayangkan," kata Ketua Umum JKOEJ Bambang Agus Hendroyono.

2 dari 4 halaman

Harus Ada Izin Resmi

Bambang menyatakan, seharusnya aturan berlaku untuk semua orang, tidak terkecuali anak pejabat. Apalagi, JKOEJ sempat ramai diberitakan karena dilarang masuk menggunakan mobil pribadi ke kawasan yang sama, beberapa waktu lalu.

"Siapa pun yang masuk kawasan TNBTS kalau tidak mengantongi izin resmi juga harus dilarang masuk, sebagaimana yang diberlakukan kepada semua komunitas yang akan masuk Bromo tanpa kecuali," kata Bambang.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga sudah menyinggung tentang mobil yang masuk ke Kawasan wisata Bromo dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid di Jakarta, Senin, 27 Februari 2023.

Saat itu, Sandiaga mengatakan mendapat banyak kiriman foto tentang berbagai pelanggaran penggunaan kendaraan di sejumlah tempat wisata di Indonesia termasuk di Bromo. Salah satu kiriman yang didapatnya adalah foto Mario Dandy sedang bergaya di depan mobil Jeep Rubicon yang memang kerap dipamerkannya di media sosial miliknya. Sekilas foto itu terlihat biasa saja.

3 dari 4 halaman

Rusaknya Daya Tarik Wisata

Yang jadi masalah, foto tersebut diambil di kawasan wisata Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang melarang penggunaan kendaraan pribadi masuk ke kawasan tersebut. Apa yang dilakukan Mario Dandy seharusnya tidak terjadi, karena di kawasan Bromo Tengger Semeru umumnya hanya boleh menggunakan mobil jeep yang disewakan penduduk sekitar.

Menurut pria yang biasa disapa Sandi ini, aksi Mario Dandy ini berisiko menyebabkan rusaknya daya tarik wisata di area tersebut. Padahal daya tarik kawasan Bromo adalah konservasi alamnya.

"Saya ingin mengingatkan pada siapa saja, bahwa kita mematuhi peraturan jangan sampai kita merusak daya tarik wisata kita termasuk di kawasan Bromo yang termasuk destinasi super prioritas," jelas Sandi.

"Ini memang sudah berkali-kali saya dikirimkan gambar-gambar baik itu mobil maupun kendaraan bermotor yang melintasi kawasan yang seharusnya dijaga kelestariannya. Saya akan terus memonitor bersama dinas pariwisata di tiap daerah agar hal seperti ini tidak terjadi lagi," sambungnya. Seperti diketahui kawasan Bromo sangat terbatas aksesnya, karena khawatir bisa mengganggu ekosistem hewan dan tumbuhan yang hidup di sekitarnya. 

4 dari 4 halaman

Pembinaan untuk Tour Operator

Jika ingin menggunakan kendaraan, kita harus melibatkan masyarakat lokal yang tahu cara menjaga lingkungan sekitar seperti tour guide dengan mobil yang disewakan. "Saya juga akan terus mengimplementasi peraturan, dan memberikan pembinaan kepada para tour operator yang mungkin memandu di tiap tempat wisata," jelas Menparekraf.

Khusus untuk para tour guide, pemantauan ini menurut Sandi akan dilakukan agar tawaran pengalaman liburan di Kawasan Bromo kepada turis lokal dan mancanegara, tetap memperhatikan kelestarian dan keindahan alam sekitar.

"Bagi yang menyediakan paket-paket wisata di kawasan tersebut, sebaiknya menjaga dengan baik karena yang kita jual itu adalah keindahan dan kelestarian alamnya. Kalau kita rusak itu tidak akan lagi, menjadi daya tarik wisata untuk dikunjungi oleh para wisatawan," tutur Sandi.

Mario Dandy yang merupakan anak dari seorang pejabat di Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo jadi sorotan karena memukuli anak berusia 17 tahun bernama David hingga kritis dan terbaring di rumah sakit Dandy sudah ditahan dan dijadikan tersangka akibat perbuatannya tersebut.

Â