Sukses

Viral Warung Jamu di Pasar Lama Tangerang, Segar Dibuatkan Langsung Penjual

Di era modern masih ada warung jamu tradisional yang berjualan jamu dengan dibuat langsung. Warung jamu ini berlokasi di Pasar Lama Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - Jamu sebagai herbal minuman kesehatan masih menjadi andalan orang Indonesia, utamanya untuk menjaga daya tahan tubuh. Di tengah modernisasi seperti sekarang, ternyata warung jamu masih eksis. Salah satunya seperti warung jamu di Pasar Lama Tangerang yang viral di media sosial TikTok.

Dalam konten yang dibuat oleh akun @safridalu di TikTok terlihat sebuah warung jamu yang menyediakan jamu dengan dibuat langsung oleh penjualnya. "Wajib banget coba kalo ke pasar lama sih," tulis Safrida Lisnawati di keterangan video, dikutip Minggu, 12 Maret 2023.

Dalam tayangan, warung jamu dengan gerobak bernama Wardut atau singkatan dari Warung Bang Adut itu menjual berbagai jenis herbal jamu. Sebut saja jenis minuman susu jahe merah, beras kencur, buah pinang, jeruk peras, kunyit asem, temulawak, obat kuat, promil hingga STMJ dengan menyediakan telur setengah matang.

Di gerobak tersebut bukan deretan botol jamu yang tersedia, tetapi berbagai rempah segar utuh yang belum diolah. "Dibikin langsung di tempat ya gaes," tulis pembuat konten.

Selanjutnya video memperlihatkan bagaimana ibu penjual sedang memarut rempah-rempah langsung di depan pembeli. Pembuat jamunya memakai sarung tangan, kemudian memasukkan rempah yang telah diparut ke saringan untuk diseduh dengan air panas di gelas besar.

"Bisa request juga apa keluhan kalian. Kali ini aku beli jamu pegel linu," kata sang pembuat konten.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jual Jamu Promil

Salah satu yang menjadi perhatian, Warung Jamu Wardut juga menjual jamu promil. Para warganet pun ikut bertanya, "Harus booking ya katanya kalau buat promil?

"Kalo yang mau promil datangnya Senin Kamis nanti konsul sama bapaknya," balas warganet.

"Khusus untuk promil hari Senin dan hari Kamis ya kawan, semangat buat pejuang garis dua," tambah warganet lainnya.

Bahkan karena Jamu Promil, ada warganet yang ingin datang padahal lokasi rumahnya ada di Jakarta Timur. "Gara-gara TikTok aku dari Jakarta ke Tangerang Pasar Lama," kata yang lain.

"Alhamdulilah udah isi nih promil di sana," balas warganet. 

Disebutkan meski Lokasinya di Pasar Lama Tangerang, namun warung jamu ada di luar tak sampai masuk kawasan pasar. Dari luar Pasar Lama Tangerang sebaiknya lewat dekat masjid. Tetapi warganet lainnya juga mengatakan bahwa ada warung jamu serupa di Dukuh Zamrud Bekasi Timur. 

3 dari 4 halaman

Bisa Tambah Telur Ayam Kampung atau Telur Bebek

Menariknya dari warung jamu tersebut adalah ramuan jamu bisa ditambahkan dengan telur ayam kampung atau telur bebek, tentunya harganya akan berbeda. Bukan hanya satu konten saja yang dibagikan, karena warganet lainnya juga mengungkap hal yang sama mengenai warung jamu tersebut.

"Kalian wajib coba jamu ini di Pasar Lama Tangerang sumpah enak banget woi," tulis konten yang dibagikan oleh akun @zay01039

Para warganet pun penasaran dan bertanya lebih lanjut. "Udah lama di Tangerang baru tau," komentar warganet. Kemudian dibalas pembuat konten "Cobain bro bikin enak ke badan," katanya.

"Pernah beli emang seenak itu. Rasanya mantul dan kentalnya pas badan enteng," sambung warganet lainnya.

Ada pula warganet yang menanyakan kapan warung jamu tersebut buka. "Buka jam berapa ya, sampai jam berapa," tanyanya. Lalu dibalas pembuat konten, "Sore udah buka kak, cobain enak jamunya."

"Udah sering cobain khasiat manjur.. keluhan apa saja bisa diracik, mantap rasanya," sambung yang lain.

4 dari 4 halaman

Pembeli Antri

Selain jamu promil yang dicari warga, Warung Jamu Wardut dikunjungi lantaran setelah meminum racikannya terasa badan lebih enteng. Setelah viral lantaran banyak pengguna TikTok yang mengunggah konten tentang jamu tersebut, tempat ini menjadi sangat ramai.

Banyak warganet yang menyarankan untuk datang sejak sore hari, karena akan mengantri. Selain itu setiap gelas jamu dibuatkan langsung, membuat waktu tunggu lebih lama. 

"Ngantrinya juga lama, tapi jamunya bikin nagih fresh semua bahannya," kata yang lain.

Tetapi dengan jamu yang dibuat langsung saat ada pembeli, racikannya dinilai warganet segar. "Jamu Mangdut endul nggak terasa minum jamu tiba-tiba pagi badan enteng," reaksi warganet.

"Depan pendopo.. harus sorean ya gaess ngantri," komentar yang lainnya.

Warganet tentu penasaran juga dengan harganya. Salah seorang warganet ada yang menuliskan harganya karena pernah membelinya. Ternyata segelas jamu di Warung Jamu Wardut dihargai sekitar Rp15 ribu saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.