Sukses

Cantik dan Cerah Sepanjang Lebaran! Tips Praktis Mencuci Baju dengan Benar

Agar warna baju lebaran tetap cerah, ada baiknya kamu mencucinya menggunakan mesin cuci 1 tabung terbaik, pintar, dan serba bisa, yaitu Zeromatic Laguna dari Polytron.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menggunakan pakaian dan kamu merasa bahwa busana tersebut harus dicuci, tanpa pikir panjang, kamu segera memasukkan baju-baju kotor ke dalam keranjang. 

Namun tahukah kamu bahwa pakaian tersebut menyimpan 70% kotoran yang nggak terlihat? Yup, bakteri pada pakaian yang nggak terlihat itu berasal dari sel kulit mati, keringat, sisa-sisa noda dari aksesori, deodoran, dan sabun. 

Ketika kamu nggak mencuci pakaian tersebut dengan bersih maksimal, kotoran tersebut dapat menempel di pakaian dan mengeluarkan aroma tak sedap meski telah dicuci. Nah, biar pakaianmu nggak apek dan wangi sepanjang hari, simak tipsnya berikut ini ya: 

 

2 dari 5 halaman

1. Pisahkan Pakaian Olahraga

Menjaga pakaian olahraga tetap dalam kondisi yang bersih dan baik merupakan sebuah tantangan. Untuk menjaga kebersihan pakaian olahraga, kamu harus mencucinya secara terpisah. 

Ya, pisahkan antara baju sehari-hari yang tak banyak berkeringat dengan baju olahraga ketika mencucinya. Itu karena pakaian olahraga cenderung menyimpan banyak keringat dan bau tajam, jika dicampurkan dengan pakaian lain, akan membuat aromanya menyebar dan pakaian menjadi apek. 

3 dari 5 halaman

2. Rendam Pakaian dengan Baking Soda

Tak hanya berguna untuk masakan dan kue, baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk mencuci pakaian. Baking soda bersifat alkali yang sangat ringan. Senyawa ini bisa meningkatkan pH air saat dicampur. Baking soda juga bisa jadi antiseptik ringan yang akan mencegah pertumbuhan bakteri.

Baking soda dapat digunakan untuk membersihkan pakaian dengan cara, merendam setengah cangkir baking soda sebagai bahan tambahan. Kamu dapat merendam pakaian dengan baking soda selama semalaman. Selain membersihkan noda pakaian, baking soda juga bekerja sebagai pewangi dengan aroma yang tak terlalu tajam.

4 dari 5 halaman

3. Hindari Gunakan Pewangi dan Pelembut Berlebihan

Ketika mencuci baju, salah satu cairan yang biasanya juga digunakan selain deterjen adalah pelembut pakaian. Pelembut pakaian ini bermanfaat untuk membuat pakaian jadi lebih lembut serta menambah keharuman pada pakaian. Namun ketika kamu menggunakan pewangi dan pelembut pakaian berlebihan, justru dapat membuat kain di bajumu cepat rusak, loh! Selain itu yang pasti, pengeluaranmu justru jadi lebih boros. 

 

5 dari 5 halaman

4. Gunakan Mesin Cuci yang Miliki Fitur Lengkap

Tiga tahapan di atas sebenarnya bukan cuma berlaku untuk pakaian harian saja. Baju lebaranmu juga harus dipastikan mendapat perawatan yang sama. Lebaran memang identik dengan baju baru, namun sebetulnya nggak melulu hal tersebut dijadikan kebiasaanmu setiap setahun sekali kok. 

Kamu tetap bisa menggunakan baju lebaran atau busana muslim lainnya dengan mix and match. Namun, jika kamu ingin membeli baju baru pun, nggak jadi masalah yang berarti juga kok. Hanya saja, kamu perlu memerhatikan perawatannya seperti yang disinggung di awal. 

Nah, agar warna baju lebaran tetap cerah, ada baiknya kamu mencucinya menggunakan mesin cuci 1 tabung terbaik, pintar, dan serba bisa, yaitu Zeromatic Laguna dari Polytron. 

Mesin cuci ini dapat kamu andalkan sebagai solusi mencuci pakaian karena memiliki beberapa keunggulan. Pertama adalah Easy to Access yang membuat proses mencucimu jadi lebih mudah karena dilengkapi dengan tombol lengkap. 

Kedua, adanya fitur Multi Program Washing tentunya memudahkanmu memilih berbagai program mencuci yang disesuaikan untuk berbagai jenis bahan pakaian, seperti bahan jeans, hijab, dan bahan lembut lainnya.  Hasilnya, cucian kamu akan jadi lebih bersih dan pakaian pun jadi lebih awet. 

Ketiga, Polytron Zeromatic Laguna memiliki fitur Aroma Boost yang dapat mengatur pengeluaran softener secara efisien hanya pada proses pembilasan, menghasilkan cucian yang jauh lebih wangi dan lembut seperti memakai parfum. Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi masalah pakaian tidak wangi. selain itu, kamu juga jadi tak terlalu boros untuk melembutkan pakaian. 

Selain itu, untuk memastikan deterjen bubuk maupun cair tercampur sempurna dengan air agar tidak meninggalkan residu, Polytron Zeromatic Laguna memiliki keunggulan keempat, yaitu Ultra Clean Plus With Turbo Mix. Dengan adanya fitur ini, tentunya hasil pakaian yang sudah dicuci dengan Polytron Zeromatic Laguna jauh lebih bersih secara menyeluruh.

Oh ya, menariknya lagi, Polytron Zeromatic juga memiliki fitur Ultra Dry. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dalam mengeringkan pakaian hasil cuci. Fitur ini dapat menjadikan cucian 70% kering sehingga proses menjemur lebih cepat lagi.  

Nah yang keenam, kamu juga tidak perlu ribet lagi untuk memantau hasil cucian karena Zeromatic Laguna juga dilengkapi dengan Ambient Light. Ini adalah lampu penerang di dalam tabung dapat mempermudah proses pemantauan hasil mencuci.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lengkap mengenai Mesin Cuci Top Loading Polytron Zeromatic Laguna tersedia dalam berbagai pilihan warna dan ukuran, seperti mulai dari 7 KG, 8 KG, 9 KG, dan 10 KG serta memiliki pilihan warna White Light, Grey, dan  White Rose Gold. Produk ini juga dilengkapi dengan garansi 5 tahun, loh! Untuk mendapatkan Zeromatic Laguna dari Polytron bisa kunjungi website resmi Polytron atau di official store e-commerce Polytron sekarang.

 

(*)

Video Terkini