Sukses

Tidak Ada Indonesia dalam Daftar Tempat Paling Menawan di Dunia Tahun 2023 Versi TIME

Tanpa Indonesia, daftar Tempat Paling Menawan di Dunia Tahun 2023 versi TIME mencerminkan beberapa tren perjalanan saat ini: keberlanjutan dan keaslian.

Liputan6.com, Jakarta - Majalah TIME baru saja merilis daftar Tempat Paling Menawan di Dunia tahun 2023. Nominasi datang dari jaringan koresponden dan kontributor internasional TIME, yang kemudian diperiksa editor publikasi. Dari list-nya, dipastikan tidak ada satu pun tempat di Indonesia.

Publikasi itu "menyisir berita lokal dari Lingkaran Arktik ke Brisbane, Australia, untuk menemukan tempat yang paling banyak dibicarakan," Emma Barker Bonomo, editor senior di TIME, mengatakan pada CNN, dikutip Jumat (17/3/2023).

"Daftar yang kami pilih mencerminkan beberapa tren perjalanan saat ini: keberlanjutan dan keaslian," sebutnya. "Banyak lokasi dalam daftar ini menemukan cara untuk memungkinkan wisatawan berkunjung dengan dampak lingkungan yang lebih terbatas."

"Banyak yang telah menanggapi keinginan para pelancong untuk mendapatkan pengalaman lokal yang unik dengan menawarkan tur yang dipimpin penduduk asli atau homestay pilihan," imbuhnya. Beberapa di antaranya pun diulas lebih jauh oleh CNN.

Amerika

Vancouver di Kanada terkenal dengan petualangan luar ruangan, tapi atraksi dalam ruanganlah yang menarik perhatian TIME tahun ini. Kota ini baru saja mendapatkan Panduan Michelin pertamanya dan Museum Kanada Tionghoa akan dibuka di Pecinan bersejarah Vancouver musim panas ini.

Kota kecil Bozeman, Montana, "berubah jadi pusat Pegunungan Rocky", kata TIME, menyusul desakan relokasi pandemi. "Pusat kota sedang mengalami lonjakan pertumbuhan, dengan butik kebugaran dan studio yoga, pos perawatan kesehatan alternatif … dan toko kecantikan kelas atas … mendirikan toko," catat outlet itu.

 

2 dari 4 halaman

Amerika sampai Eropa

Washington D.C. memenangkan pujian untuk hotel-hotel barunya yang penuh gaya, serta atraksi seni dan budaya yang berkembang pesat. Sementara Rio Grande di Puerto Riko menawarkan kesempatan untuk mengunjungi hutan hujan.

Sementara desa Ollantaytambo di Lembah Suci Peru layak jadi tujuan tersendiri, kata TIME, daripada hanya persinggahan dalam perjalanan ke Machu Picchu. Tempati ini memungkinkan pelancong menikmati reruntuhan bebas keramaian, akomodasi ramah lingkungan, dan restoran lokal autentik.

Eropa

Dijon, Prancis, memiliki pengaruh kuliner di luar bumbu kuning. Pada 2022, wilayah itu meluncurkan Cité Internationale de la Gastronomie et du Vin, sebuah situs raksasa seluas 16 hektare yang didedikasikan untuk kejayaan masakan Prancis.

Taman nasional terbaru Italia dibuka pada 2016 di Pantelleria, memulai transformasi pulau yang tenang ini jadi tujuan petualangan sepanjang tahun. Lebih mudah untuk mencapainya sekarang karena ada penerbangan musim panas baru dari Roma dan Milan.

Timisoara, Rumania, adalah ibu kota Kebudayaan Eropa 2023 dan akan merayakannya dengan serangkaian konser, pameran, dan festival. Lalu, kota Berat di Albania adalah tempat perlindungan bagi orang Yahudi di negara itu selama Perang Dunia II dan populasi Yahudi di negara itu justru meningkat selama konflik.

Keramahan yang luar biasa masih jadi kunci budaya lokal, kata TIME.

3 dari 4 halaman

Asia-Pasifik

Pulau Kanguru Australia dihancurkan kebakaran hutan tahun 2019-2020, tapi suaka margasatwa ini sekarang subur dengan tanaman hijau dan tanda-tanda pemulihan.

Kepulauan Tuamotu di Polinesia Prancis adalah tujuan wisata untuk "selancar kelas dunia, selam skuba, dan snorkeling," kata TIME, dan "hanya satu jam terbang dari ibu kota Papeete."

Kota Nagoya berada di dekat Ghibli Park yang baru dibuka, atraksi taman hiburan blockbuster baru di Jepang. Tapi, itu juga tempat yang bagus untuk mengelilingi diri Anda di alam, terutama selama musim bunga sakura di bulan April.

Pulau peristirahatan Jeju di Korea Selatan telah lama jadi favorit domestik, tapi sekarang drakor Our Blues juga telah membuat pulau di bagian selaran Negeri Ginseng itu disorot dunia internasional. 

"Kegembiraan keluarga" adalah apa yang TIME rayakan di Phuket, Thailand, sementara Ladakh, India, baru saja jadi rumah bagi Dark Sky Reserve pertama di negara itu.

4 dari 4 halaman

Timur Tengah dan Afrika

Aqaba adalah satu-satunya kota pesisir di Yordania dan pemandangan menakjubkan di kawasan itu muncul sebagai planet Arrakis dalam Dune bagian kedua yang akan dirilis tahun ini. Musanze, Rwanda, adalah pintu gerbang ke Volcanoes National Park, yang baru saja mengumumkan rencana perluasan dan merupakan rumah bagi gorila gunung yang langka.

Akhirnya, "semua peluang ada di Sierra Leone untuk meledak di kancah perjalanan petualangan," kata TIME, dan "ibu kota pesisir pantai Freetown" pasti akan jadi pusat aksinya. Secara lengkap, berikut daftar Tempat Paling Menawan di Dunia 2023 menurut TIME. Sebagai catatan, angka dalam daftar ini tidak merepresentasi peringkatnya.

  1. Tampa, Florida, AS
  2. Lembah Willamette, Oregon, AS
  3. Rio Grande, P.R.
  4. Tucson, Arizona
  5. Taman Nasional Yosemite, California
  6. Bozeman, Montana
  7. Washington DC.
  8. Vancouver
  9. Churchill, Manitoba
  10. Dijon, Prancis
  11. Pantelleria, Italia
  12. Napoli, Italia
  13. Aarhus, Denmark
  14. St Moritz, Swiss
  15. Barcelona
  16. Timisoara, Rumania
  17. Sylt, Jerman
  18. Berat, Albania
  19. Budapest, Hungaria
  20. Wina, Austria Brisbane, Australia
  21. Pulau Kanguru, Australia
  22. Dominika
  23. Meksiko City
  24. Guadalajara, Meksiko
  25. Taman Nasional Torres del Paine, Chili
  26. Pantalal, Brasil
  27. Medellin, Kolombia
  28. Ollantaytambo, Peru
  29. Roatan, Honduras
  30. Ladakh, India
  31. Mayurbhanj, India
  32. Kyoto, Jepang
  33. Nagoya, Jepang
  34. Isan, Thailand
  35. Phuket, Thailand
  36. Pulau Jeju, Korea Selatan
  37. Luang Prabang, Laos
  38. Giza, Mesir
  39. Saqqara, Mesir
  40. Bukit Chyulu, Kenya
  41. Musanze, Rwanda
  42. Rabat, Maroko
  43. Dakar, Senegal
  44. Taman Nasional Loango, Gabon
  45. Semenanjung Freetown, Sierra Leone
  46. Laut Merah, Arab Saudi
  47. Aqaba, Yordania
  48. Yerusalem
  49. Sharjah, UEA
  50. Kepulauan Tuamotu, Polinesia Prancis.