Sukses

Gerakan Sustainable Fashion di Jakarta dengan Apparel Swap, Alternatif untuk Berbelanja Pakaian

Apparel Swap membuktikan bahwa mengikuti gerakan sustainable fashion dan menyegarkan lemari pakaian dapat dilakukan serentak.

Liputan6.com, Jakarta - Berkembangnya gerakan sustainable fashion atau fesyen berkelanjutan di Indonesia, membuat semakin banyak orang yang sadar dengan konsumsi pakaian mereka. Namun, karena orang secara alami dapat merasa bosan dengan pakaian mereka, banyak yang berkonflik: apakah bisa mendapatkan pakaian baru tanpa menambah limbah pakaian?

Apparel Swap, sebuah acara di mana para peserta bertukar pakaian satu sama lain, membuktikan bahwa mengikuti gerakan sustainable fashion dan menyegarkan lemari pakaian dapat dilakukan serentak.

Apparel Swap mengambil inspirasi dari pepatah “sampah satu orang adalah harta orang lain,” mengajak peserta segala usia di wilayah Jabodetabek untuk memperpanjang umur pakaian bekas mereka dengan menukarkannya kepada peserta lain yang berminat.

“Melalui Apparel Swap, kami ingin bantu mempromosikan sustainable fashion sebagai gerakan yang sama-sama trendi, seru, dan sadar lingkungan,” ucap Tiara Sudijono, pendiri Y[our] Clothes, organisasi sustainable fashion yang dipimpin oleh anak muda yang meluncurkan Apparel Swap.

Tiara memulai Y[our] Clothes waktu kelas 1 SMA sebagai workshop upcycling dan sustainable fashion setelah pengalaman thrifting memicu keingintahuannya tentang budaya di balik thrifting.

Selama pandemi Covid-19, dia dan timnya meneruskan Y[our] Clothes sebagai kampanye media online di Instagram. Saat Jakarta mulai terbuka untuk acara tatap muka pada tahun 2022, Tiara bertujuan untuk membuat inisiatif offline yang mampu memberikan kontribusi yang lebih nyata bagi gerakan sustainable fashion.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komunitas Anak Muda

Y[our] Clothes meluncurkan Apparel Swap pertama mereka pada November 2022 kepada komunitas anak muda intim di wilayah Jabodetabek. Apparel Swap kedua mereka, yang diadakan di Chillax Sudirman pada Februari 2023, melihat peningkatan jumlah peserta acara dan sambutan positif.

Sebelum acara, peserta harus menyerahkan pakaian mereka di salah satu titik penyerahan yang disediakan oleh tim Y[our] Clothes, dimana pakaian tersebut akan dikuratori.

Saat peserta datang ke venue offline untuk bertukar baju pada hari acara, mereka dapat melihat-lihat rak pakaian di venue sebanyak yang mereka inginkan. Setelah pesertanya sudah puas dengan temuannya, peserta dapat membawa pulang pakaian sebanyak yang mereka kirimkan.

3 dari 3 halaman

Sambutan Positif

Sambutan positif dan dukungan untuk Apparel Swap menunjukkan bahwa ada orang yang terbuka untuk mengadopsi nilai dan praktik yang lebih ramah lingkungan dalam kehidupan mereka.

“Mendukung sustainable fashion datang berupa berbagai bentuk, dan itu bisa jauh lebih mudah dari yang kita pikirkan,” terang Tiara

“Sustainable fashion adalah apa yang kita lakukan dengan pakaian yang sudah kita miliki, dan berusaha sebaik mungkin untuk memperpanjang pakaian tersebut, apakah itu melalui perbaikan, peminjaman, atau bahkan lebih baik lagi, pertukaran.” tambahnya. Saat ini, Y[our] Clothes sedang merencanakan Apparel Swap ketiga mereka yang akan diadakan pada akhir Juni 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.