Sukses

Ari Wibowo dan Inge Anugrah Tampil Bareng di Tengah Proses Perceraian: Kita Baik-Baik Aja

Perceraian Ari Wibowo dan Inge Anugrah terjadi setelah mereka menjalani pernikahan 16 tahun. Namun, perceraian itu dilakukan dengan jalan damai.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar perceraian Ari Wibowo dan Inge Anugrah mengejutkan banyak orang. Pernikahan mereka yang sudah berjalan selama 16 tahun selama ini jauh dari kabar tak sedap. Karenanya, banyak spekulasi kemudian beredar.

Tak ingin berlarut-larut, Ari dan Inge Anugrah akhirnya mengunggah video kebersamaan mereka untuk mengklarifikasi situasi rumah tangga mereka. Bintang sinetron Deru Debu itu membenarkan bahwa ia dan istrinya kini sedang menjalani proses perceraian.

"Itu (perceraian) memang benar adanya, tapi biar proses persidangan berjalan dengan sendirinya. Biar pengacara-pengacara kita yang bekerja melakukan yang mereka lakukan. Aku sama Inge enggak mau ini jadi berita gosip, nanti ada yang tambah-tambahin segala macam," ujar Ari dalam video singkat yang diunggah di akun Instagram miliknya dan Inge pada Senin, 17 April 2023.

Ia menegaskan tak mau banyak berkomentar di media maupun menjawab hal-hal detail seputar perceraiannya. Begitu pula dengan Inge yang menganggap hal tersebut merupakan ranah pribadi. Di samping, keduanya ingin menjaga suasana kondusif demi kedua anak mereka, Kenzo dan Marco.

"Pada dasarnya, kita semua baik-baik aja," ujar Ari Wibowo.

"We're fine, kita semua baik-baik aja. Aku strong-strong aja, Ari strong-strong aja," imbuh Inge sembari tersenyum.

Inge berterima kasih atas semua perhatian yang diberikan kepadanya dan keluarga. Ia berharap perceraian itu menjadi jalan terbaik untuknya, Ari Wibowo, dan anak-anak mereka. Baik Inge maupun Ari menonaktifkan kolom komentar terkait unggahan tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ari dan Inge Masih Tinggal Serumah

Di kolom komentar, Ari kembali menyatakan bahwa ia dan Inge masih tinggal serumah dan bahkan seranjang. "Tapi, tekad kami sama-sama sudah bulat utk berpisah. Apapun alasannya, sifatnya pribadi, dan bukan utk menjadi konsumsi publik."

Menurut Ari, ia dan Inge terlihat kuat dan santai menjalani perceraian karena mereka sudah melampaui periode kaget dan kecewa. Mereka juga berbuat demikian untuk anak-anak mereka dan agar proses perceraian bisa berlangsung dengan baik dan tenang.

"Ngga harus dipenuhi rasa emosi maupun amarah dan saling menjatuhkan. This is for real, bukan drakor," imbuhnya.

Meski berpisah, mereka mengaku tetap menyayangi anak-anak. Atas dasar rasa sayang pula, perceraian diambil lantaran keharmonisan sudah tidak terjalin dan tidak bisa menjadi contoh suami istri yang baik dan saling mencintai.

"diantara kami rasa sayangnya sudah tidak ada lagi," tulis Ari. Ia pun meminta doa dari publik atas situasi yang dihadapi keluarganya.

3 dari 4 halaman

Pengakuan Inge Anugrah Soal Ketidakharmonisan

Ari Wibowo diketahui menggugat cerai Inge di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, ketidakcocokan diketahui menjadi keduanya sering terlibat pertengkaran sejak 2020 lalu. Bahkan menurut pengakuan Inge Anugrah pada kuasa hukumnya, rumah tangganya dengan Ari Wibowo sudah tidak harmonis sejak 2018.

"Kalau mengejutkan, tidak. Ini kan ditutup-tutupi semuanya itu. Rumah tangga itu sudah tidak harmonis," ungkap Petrus Bala Pattyona, kuasa hukum Inge Anugrah di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 17 April 2023.

"Kalau dalam gugatan Pak Ari itu mulai tahun 2020, sementara cerita Inge sendiri itu mulai 2018. Keliatannya harmonis aja, tapi padahal tidak. Dan itu Ari minta supaya ditutup-tutupi," Sambung Petrus.

Dikatakan Petrus, semula kliennya yang ingin mengugat cerai Ari Wibowo. Namun, keduanya bertemu dan sepakat membawa permasalahan ini ke pengadilan. 

"Awalnya Ibu Inge yang ingin menggugat, lalu mereka bertemu, Pak Ari yang urus itu semua, ketemu pengacara segala macam. Taunya yang masukkan berkas ke pengadilan atas nama penggugatnya Pak Ari. Karena penggugatnya Pak Ari, Ibu Inge ikut saja," urai Petrus.

4 dari 4 halaman

Sidang Perceraian Perdana Inge dan Ari Wibowo

Ari Wibowo diketahui mendaftarkan gugatan cerai terhadap istrinya, ke Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tersebut, pada 3 April 2023. Sementara, sidang perceraian perdana dilaksanakan pada Senin, 17 April 2023.

Di sidang perceraian perdana ini, Ari Wibowo selaku pihak penggugat tidak hadir. Sementara, Inge selaku pihat tergugat datang ditemani kedua orangtuanya.

"Dalam sidang, Inge hadir didampingi ayah dan ibunya. Sedangkan dari pihak Raden Arianto Wibowo atau yang lebih dikenal dengan nama Ari Wibowo tersebut, tidak hadir," kata Petrus Bala Pattyona, kuasa hukum Inge Anugerah.

Petrus mengungkapkan, agenda mediasi yang semestinya dilakukan di sidang perdana, tidak dapat terlaksana karena ada beberapa proses administrasi yang belum dilengkapi, yakni belum lengkapnya verifikasi surat kuasa dari pihak penggugat. "Karena dalam sidang, kuasa hukum yang baru belum dapat menunjukkan surat pencabutan kuasa dari SL. Damayanti, maka hakim beranggapan bahwa verifikasi belum lengkap," jelasnya.

Petrus menyebut sidang ditunda dan dijadwalkan kembali digelar pada 8 Mei 2023. Dalam gugatan perceraiannya, Ari meminta agar hak asuh anak jatuh pada dirinya. Namun menurut Petrus, semua kembali lagi pada peraturan yang berlaku, mengingat anak-anak mereka masih di bawah umur.

"Ari meminta supaya ditetapkan sebagai wali kedua anaknya yang usianya 15 dan 13 tahun. Kalau di bawah umur menurut ketentuan, ibunya ditetapkan sebagai wali dan bapak diberi kesempatan bertemu dan memberi nafkah," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini