Sukses

6 Fakta Menarik Jay ENHYPEN yang Rayakan Ulang Tahun ke-21

Jay ENHYPEN merayakan ulang tahun ke-21 pada Kamis, 20 April 2023. Para penggemar menyelamatinya di lini masa

Liputan6.com, Jakarta - Jay ENHYPEN merayakan ulang tahun ke-21 pada Kamis, 20 April 2023. Para penggemar menyelamati Jay ENHYPEN di lini masa, terutama Twitter yang telah dibanjiri hastag #ENHYPEN #JAY #Happy_BirthJAY. 

"Aku tidak percaya ini adalah hari ulang tahun Jjongsaeng-ie hyung kita..Saya pikir waktu berjalan sangat cepatAyo makan banyak makanan enak hari ini dan bersenang-senanglah hari ini~Selamat ulang tahun Jjong aku mencintaimu. Keren Jjong, hanya Jjong @ENHYPEN_members @ENHYPEN," tulis akun resmi ENHYPEN sambil menyematkan banyak tanda hati di tulisannya, dikutip Kamis (20/4/2023). 

"Ulang tahun Jjongsaeng hyung kita...Waktu tampaknya berjalan sangat cepat. Ayo makan banyak makanan enak dan bersenang-senang hari ini~Saya chungtanil 😍 🔥 🔥Aku mencintaimu. Keren Zong, hanya Zong," balas seorang penggemar.

Memasuki usia baru, simak enam fakta menarik Jay ENHYPEN yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (20/4/2023).

1. Lahir di Amerika Serikat

Mengutip dari Kpop Fandom, Jay Park atau pemilik nama asli Park Jong Seong ini adalah seorang penyanyi dan anggota dari boy group asal Korea Selatan ENHYPEN. Dia kini berada di bawah naungan agensi Belift Lab, hasil afiliasi perusahaan CJ ENM dengan Big Hit Labels.

Mengenai profil Jay ENHYPEN diketahui lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat pada 20 April 2002. Jay ENHYPEN ternyata besar dan tinggal di Amerika Serikat sampai ia berusia 9 tahun kemudian pindah ke Korea Selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berlatih di Akademi Tari

Setelah pindah dari Amerika ke Korea Selatan, Jay ENHYPEN bersekolah di Hanlim Multi Arts School, Seoul. Ia mengambil jurusan Practical Dance lalu berlatih menari di sebuah akademi bernama LP Dance Academy. Tampak bakatnya kala itu membuatnya tertarik untuk ikut audisi. 

3. Debut bersama ENHYPEN pada 2020

Pada 2 Juni 2020, Jay diperkenalkan sebagai kontestan di CJ ENM dan reality show survival I-LAND Big Hit Entertainment. Lalu berlanjut saat final yang dilakukan pada 18 September 2020, Jay menduduki peringkat ke-2 berdasarkan voting global dan menjadi anggota boy grup ENHYPEN. 

Pada 30 November, Jay kemudian memulai debutnya di ENHYPEN dengan merilis mini album pertama mereka Border: Day One dan lagu yang berjudul Given-Taken. ENHYPEN, diperkenalkan lewat siaran langsung episode terakhir I-Land.

Menurut etimologi, Enhypen mendapatkan namanya dari simbol tanda hubung yang menciptakan arti baru termasuk "Koneksi, Penemuan, dan Pertumbuhan". Debut grup ENHYPEN terdiri dari tujuh anggota, Heeseung, Jay, Jake, Sunghoon, Sunoo, Jungwon, dan Ni-ki.

3 dari 4 halaman

4. Ayah Jay ENHYPEN CEO Agen Tur

Belakangan diketahui bahwa ayah dari Jay ENHYPEN dikabarkan bekerja sebagai seorang Chief Executive Officer (CEO) di sebuah perusahaan travel bernama Sinar Tours. Tapi tak banyak yang diketahui lebih jauh soal ayah dan keluarganya, namun sejak pindah ke Korea Selatan Jay mengaku sering berpindah-pindah kota.

Saat masih jadi siswa kelas 4 dan dia harus pindah sekolah ke sekolah Korea di Gochon. Dia sempat pindah ke Incheon ketika masih di sekolah menengah.

Namun, kemudian ia pindah ke Seoul karena ingin mengejar mimpinya menjadi seorang idol. Jay sempat mengungkap bahwa sebenarnya mulanya ia tidak begitu tertarik untuk menjadi idola, namun dia ditawari untuk mengikuti audisi. 

5. Rapper Multitalenta

Jay telah menarik perhatian sejak pra-debutnya. Dia adalah rapper utama ENHYPEN dan terkenal dengan kemampuan bahasa Inggrisnya sejak lahir dan besar di Amerika. Bukan cuma jago sebagai rapper, ia juga ditunjuk sebagai salah satu vokalis dan penari utama. Jay ENHYPEN memiliki paket lengkap, lantaran memiliki suara dan keterampilan menari yang bagus. 

4 dari 4 halaman

6. Sempat Minta Maaf Remehkan Sejarah Korea

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 19 Januari 2023, akibat beberapa patah kalimat Jay Enhypen mesti berulang kali meminta maaf di hadapan publik. Ucapannya saat melakukan siaran langsung dinilai meremehkan sejarah Korea.

"Aku [lebih suka] sejarah dunia. Aku belajar cukup banyak sejarah Korea di sekolah. Menurutku tidak ada terlalu banyak informasi. Kalau dipelajari selama beberapa minggu, atau dibaca secara cepat, maka akan cepat selesai. Rasanya seperti sebuah cerita pendek," komentar Jay Enhypen pada 11 Januari 2023 lalu.

Ia menerima teguran keras—termasuk dari kalangan penggemar, Jay pun meminta maaf. Ia mengaku salah dan tidak berhati-hati saat berkata-kata. Tak lama bintang K-Pop tersebut meminta maaf lagi untuk perkataannya soal sejarah Korea, dan soal permintaan maafnya yang sebelumnya. 

Dilansir dari Soompi, ia mengawali pernyataan maafnya dengan berkata, "Saya menulis ini karena ingin sekali lagi meminta maaf secara mendalam karena salah dalam mengekspresikan dan menggambarkan sejarah bangsa kita saat siaran langsung di Weverse pada 10 Januari lalu."

Ia mengaku khilaf saat berkata-kata, lantaran memiliki pengetahuan kurang luas mengenai sejarah bangsa, dan memiliki keterbatasan dalam hal kosakata. Sehingga, menurutnya pesan yang tersampaikan pun jadi keliru. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.