Sukses

Rekomendasi Wisata Kuliner di Jalur Mudik Lebaran Idul Fitri 2023, dari Cirebon hingga Pemalang

Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 Anda dapat mampir ke beberapa rekomendasi peta kuliner dan wisata jalur mudik. Setelah sebelumnya dibahas di kawasan Cilegon, Serang, dan Karawang, kini rekomendasi bergeser ke Cirebon, Brebes, Tegal, dan Pemalang.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 Anda dapat mampir ke beberapa rekomendasi peta kuliner dan wisata jalur mudik. Setelah sebelumnya dibahas di kawasan Cilegon, Serang, dan Karawang, kini rekomendasi bergeser ke Cirebon, Brebes, Tegal, dan Pemalang.

Dikutip dari Buku "Yuk Mampir! - Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa" oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Rabu (19/4/2023), berikut rangkuman selengkapnya:

Cirebon

Kota Cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Cirebon memiliki sumber daya laut yang luar biasa, terutama udang yang biasanya diekspor hingga ke luar negeri.

Kota ini hampir selalu dilalui setiap kali ada orang yang ingin pergi ke Jawa Barat atau Jakarta dari Jawa Tengah dan kota-kota timur di Jawa terutama saat mudik.

Rekomendasi kuliner:

1. Empal Gentong Mang Darma

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi.

Lokasi: Jl. P. Diponegoro, Kesenden, Kota Cirebon, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap Hari, 07.00-21.30 WIB

2. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.

Lokasi: Jl. Cangkring 2, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap Hari, 07.00-21.00 WIB

3. Nasi Lengko Pagongan

Kuliner yang satu ini terdiri dari nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun (mentah segar, dicacah), tauge rebus, daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap manis.

Lokasi: Jl. Pagongan, Pekalangan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap Hari, 06.00-22.00 WIB

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Brebes

Kabupaten Brebes terletak di bagian Utara paling Barat Provinsi Jawa Tengah. Penduduk Kabupaten Brebes mayoritas menggunakan bahasa Jawa yang berbeda dengan daerah lain.

Sebagian besar wilayahnya adalah dataran rendah. Bagian barat daya merupakan dataran tinggi, sedangkan bagian tenggara terdapat pegunungan yang merupakan bagian dari Gunung Slamet.

Rekomendasi kuliner:

1. Sate Blengong Kasturi Rajak

Blengong adalah hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok (entok). Teksturnya mirip bebek yang memiliki serat, tapi lebih lunak dan lembut saat dikunyah. Memakan daging blengong memberi sensasi baru dari segi tekstur rasa.

Lokasi: Jl. Kh. Hasyim Ashari, Ps. Batang, Kab. Brebes, Jawa Tengah

Jam Operasional: Rabu-Minggu, 14.30-21.00 WIB

2. Sate Kambing Muda Pak Jahid

Daging kambing yang diolah menjadi berbagai sajian, mulai dari sate, sup, hingga gulai kambing. Kombinasi antara bumbu kecap dan bumbu kacang menjadi pelengkap serta sop kambingnya yang gurih.

Lokasi: Jl. H. Muchlas, Ketanggungan, Dukuhturi Dua, Brebes, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00-20.00 WIB

3. Kupat Glabed Sate Blengong Ibu Inah

Kupat Glabed sendiri merupakan sajian yang terdiri dari potongan ketupat dan disajikan dengan sayur pepaya muda bersantan yang dicampur dengan potongan daging sapi.

Lokasi: Kauman, Brebes, Kec. Brebes, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 15.00-23.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Tegal

Kota Tegal merupakan salah satu Kota di Provinsi Jawa Tengah dengan luas wilayah keseluruhan 39,5 km persegi dan terbagi menjadi 4 kecamatan dan 27 desa. Dilihat dari letak geografis, posisi Kota Tegal sangat strategis sebagai penghubung jalur perekonomian lintas nasional dan regional di wilayah Pantai Utara Jawa (Pantura).

Rekomendasi kuliner:

1. Sate Kambing Batibul Bang Awi

Batibul merupakan singkatan dari bawah tiga bulan, artinya daging kambing yang digunakan berusia di bawah tiga bulan. Karena memakai daging muda, sate batibul memiliki rasa yang khas. Sate kambing batibul dibakar dilumuri bumbu racikan khusus, sehingga aromanya jadi lebih harum.

Lokasi: Jl. Raya Ii Adiwerna, Kwaden, Ujungrusi, Kab. Tegal, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00-22.00 WIB

2. Sauto Tauco Tegal Sedap Malam

Sauto Tegal konon katanya berasal dari gabungan kata soto dan tauco sehingga sebenarnya Sauto itu adalah soto sama seperti soto-soto dari daerah lain. Rasa yang dominan adalah tauconya.

Lokasi: Jl. Raya Talang no. 320 RT 9, RW 2, Tegal

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00-22.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Pemalang

Pemalang adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Pemalang terdiri atas 14 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Pemalang.

Rekomendasi kuliner:

1. Nasi Grombyang H. Darno

Nasi grombyang menggunakan kluwek sebagai bahan dasar sehingga kuahnya berwarna hitam. Bedanya, tekstur kuahnya yang lebih encer. Menariknya lagi, ada tambahan kelapa sangrai yang membuat aromanya semakin khas.Biasanya, semangkuknya disajikan dengan sate kerbau.

Lokasi: Jl. R.E. Martadinata, Pelutan, Kab. Pemalang, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00-22.00 WIB

2. Sate Loso Pak No Khas Pemalang

Sate ini berasal dari daging kerbau. Bumbunya ada dua macam, bumbu kacang dan juga bumbu sate. Uniknya, sate ini biasanya disajikan bersama dengan sup yang berisi tulang muda, urat dan juga toge.

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo, Pelutan, Kab. Pemalang, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 10.00-20.00 WIB

3. Lontong Dekem Pak Drajat

Kuliner Pemalang lain yang tidak kalah enak dengan yang sebelumnya adalah lontong dekem. Kuliner ini merupakan lontong yang dipadukan dengan sate khas dekem.

Lokasi: Kadedelan, Gapura, Kab. Pemalang, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 16.00-22.00 WIB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.