Sukses

Tiktoker Ungkap Cara Menghitung Ketinggian Hijab Kadinkes Lampung Reihana

Tiktoker yang sering membuat konten tentang matematika itu sampai menghitung tinggi dan tingkat kemiringan dari hijab Kadinkes Lampung.

Liputan6.com, Jakarta - Pejabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana menarik perhatian publik karena sering memamerkan barang-barang mewah di media sosial.  Dalam penampilannya, Kadinkes Lampung ini selalu terlihat all out memakai busana dari brand terkenal mulai dari baju sampai ke tas yang ditentengnya.

Selain kebiasaannya yang hobi flexing, gaya berbusana Reihana juga dinilai tak biasa lantaran ia kerap mengenakan hijab dengan bagian atas keningnya yang mengerucut tinggi.  Ada warganet yang menyebut gaya hijab Reihanna bak Sydney Opera House, sebuah bangunan ikonik yang sering terlihat saat orang bicara tentang Australia.

Model hijab yang dikenakan Reihana memang terlihat cukup unik, berbeda dengan yang lain. Seorang pembuat konten di Tiktok dengan nama akun Wegi Mustika sampai dibuat penasaran dengan ketinggian dari hijjab Reihana. Perempuan yang sering membuat konten tentang matematika itu sampai menghitung tingkat kemiringan dari jilbab Reihana.

Uniknya lagi, ia mengukur setiap sisi jilbab Kadinkes Lampung itu menggunakan program Microsoft Word. "Karena penasaran, lebih ke kurang kerjaan sih ya, gua coba convert ke word dan gua ruler, ternyata alasnya 35 cm dan tingginya 38 cm," ungkap Wegi, dikutip dari video unggahannya pada Minggu, 23 April 2023.

Setelah itu ia membuat ilustrasi hijab Reihana menjadi segitiga siku-siku tepat di alisnya. Dengan begitu, bisa dihitung sisi miring dari jilbab tersebut menggunakan rumus pitagoras.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tingkat Kemiringan Hijab Reihana

"Maka lu akan dapat sisi miringnya dengan akar dari 38 kuadrat ditambah 17,5 kuadrat. Sehungga lu akan dapat akar dari 1.750,25 itu 41,83 cm. Jadi tingginya sekitar 38 cm dengan kemiringan sekitar 41 cm," terangnya.

"Kalau di segitiga sendiri, semakin jauh jarak dari puncak segitiga dan alas segitiganya berarti kalau dalam kasus ibu ini kesimpulannya apa?" kata Wegi mengakhiri videonya.

Sampai berita ini ditulis, konten itu pun sudah ditonton lebih dari 370 ribu kali di TikTok. Warganet yang menonton video itu pun merasa terhibur sampai berkelakar kalau perhitungan itu bisa jadi masuk dalam soal masuk Perguruan Tinggi Negeri maupun CPNS. Ada pula yang penasaran karena Wegi tidak menyampaikan kesimpulannya dan berharap ada video lanjutannya.

"Sumpah ngakak, ini bisa jadi soal tes masuk PTN berapa sisi miring jilbab ibuk ini?" komentar seorang warganet.

"Bisa jadi contoh gmbr di Ujian Nasional atau d ujian PNS," komentar warganet lainnya. "Gw cuma mau liburan sekolah tanpa ada mata pelajaran apapun," tulis warganet lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Berbagai Sebutan untuk Gaya Hijab Reihana

Beberapa warganet mengomentari gaya berhijab Reihana dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang menyebut bahwa gaya hijabnya mirip dengan rumah gadang.

Ada juga yang menyebut hijab Reihana mirip dengan terowongan Casablanca atau seperti piramida. Beberapa warganet bahkan ada yang menganggap Kadinkes Lampung itu seakan sedang cosplay karakter Marsha dari kartun Marsha and The Bear.

Di sisi lain, gaya hidup mewah Reihana menunjukkan bahwa ia memiliki cukup banyak uang. Namun, menurut informasi resmi dari Pemprov Lampung, Reihana adalah seorang ASN dengan pangkat Pembina Utama Madya dan golongan IV D.

Menurut situs jdih.maritim.go.id, sebagai seorang PNS dengan golongan tersebut, Reihana diperkirakan memiliki gaji antara Rp3.447.200 hingga Rp5.661.700. Selain gaji, sebagai seorang Kepala Dinas, Reihana juga menerima tunjangan bulanan seperti tunjangan kinerja (tukin) yang besarnya disesuaikan dengan pangkat dan jabatannya.

Gaya hidup mewah Reihana tak lepas dari sorotan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka bahkan menyatakan bakal menelusuri rekening keluarga Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung tersebut. Penelusuran dilakukan lantaran KPK menganggap Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Reihana tak wajar.

 

4 dari 4 halaman

Kadinkes Lampung Bakal Dipanggil KPK

"KPK lagi tunggu data perbankan dan lain-lain, jadi masih di-review dulu data-datanya sebelum diputuskan akan diklarifikasi," ucap Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan dalam keterangannya, Jumat, 21 April 2023, mengutip kanal News Liputan6.com.

Menurut Pahala, pihaknya belum bisa menentukan waktu untuk memanggil Reihana untuk dimintai keterangan secara langsung berkaitan dengan hartanya. Pasalnya, tim LHKPN KPK masih menelusuri rekening keluarganya.

"Tergantung banyaknya rekening anak istri (pasangan) dan yang bersangkutan," ungkap Pahala. Sebelumnya, Pahala Nainggolan menyebut ada ketidakcocokan antara harta yang dilaporkan Reihana dengan profilnya.

"Iya, hartanya terlalu sedikit," ujar Pahala saat dikonfirmasi, Kamis, 20 April 2023. Pahala mengatakan, pihaknya tengah mengalisis lebih jauh kepemilikan harta Reihana. Rencanannya, Reihana segera dipanggil untuk dimintai keterangan secara langsung usai Lebaran Idul Fitri 1444 H.

"Sedang dianalisa LHKPN beberapa tahun. Dicek juga rekening bank, sertifikat tanah dan lain-lain. Sedang dicek apa ada pengaduan tentang beliau. Habis lebaran kalau analisa ada ketidakcocokan, kita undang klarifikasi," terang Pahala.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.