Sukses

Pengacara Pangeran Harry Bawa-Bawa Nama Pangeran William dalam Kasus Dugaan Peretasan Telepon

Sekarang, Pangeran Harry terlibat tiga tuntutan kasus dugaan pengumpulan informasi ilegal, termasuk penyadapan telepon.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pembelaaan kasus dugaan peretasan telepon kliennya, pengacara Pangeran Harry mengatakan bahwa Pangeran William diam-diam menerima "sejumlah uang yang sangat besar" dalam penyelesaian kasus serupa dengan News Group Newspapers (NGN) pada 2020.

Berdasarkan laporan Sky News, dilansir dari People, Kamis (27/4/2023), klaim tersebut terungkap di Pengadilan Tinggi London pada Selasa, 25 April 2023, sebagai bagian dari sidang tiga hari yang menentukan apakah gugatan Duke of Sussex terhadap penerbit The Sun dan News of the World yang sekarang sudah tidak aktif akan diadili.

Dalam dokumen pernyataan saksi yang diperoleh People, Pangeran Harry menggugat NGN atas pengumpulan informasi yang melanggar hukum dari "paling awal 1994 hingga setidaknya 2016." Tim hukum pria berusia 38 tahun itu mengklaim bahwa ia adalah korban peretasan pesan suara telepon dan penyelidik swasta yang mengumpulkan informasi secara ilegal tentang hidupnya.

Menurut klaim Harry, NGN memiliki "perjanjian rahasia" dengan keluarga Kerajaan Inggris yang berarti bahwa ia tidak dapat mengajukan tuntutan terhadap penerbit. Dokumen tersebut menyatakan bahwa suami Meghan Markle ini diberitahu tentang perjanjian tersebut pada 2012.

"Disepakati secara langsung antara pihak-pihak ini (berlawanan dengan pengacara mereka, seperti yang ditunjukkan korespondensi sejauh ini oleh NGN) bahwa pada akhir Litigasi Intersepsi Pesan Suara Telepon Seluler (MTVIL), News akan mengakui atau menyelesaikan klaim semacam itu dengan permintaan maaf," kata surat kabar itu, menambahkan bahwa Harry mendapat izin dari neneknya Ratu Elizabeth II untuk mengejar resolusi melawan NGN pada 2017.

"Pada 2017, Pemohon dan Institusi mulai mendorong agar klaim yang belum diselesaikan bisa diselesaikan. Namun, News menunda hal tersebut hingga pada 2019, Pemohon merasa cukup dan mengajukan tuntutan," menurut dokumen tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pangeran William Terlibat Kasus Serupa?

Sekarang, pengacara Pangeran Harry mengungkap bahwa Pangeran William "sama-sama mengajukan klaim terhadap NGN yang diselesaikan dengan (kompensisasi) uang dalam jumlah yang sangat besar pada 2020 tanpa mengajukan permohonan pemogokan/penilaian ringkasan atas pembatasan… mengklaim sekali lagi mendukung anggapan bahwa ada Perjanjian Rahasia."

Masih belum jelas berapa banyak yang diduga diterima Pangeran William, dan dokumen-dokumen itu tidak mengungkapkan apa hubungannya, lapor BBC. Dalam pernyataan saksi pada Maret 2023, Pangeran Harry mengatakan perjanjian rahasia itu dilakukan agar keluarga kerajaan merahasiakan masalah dengan NGN.

"Alasan di balik ini adalah bahwa kesepakatan rahasia telah dicapai antara institusi dan eksekutif senior di NGN di mana anggota keluarga kerajaan akan mengajukan klaim peretasan telepon hanya pada akhir Litigasi Intersepsi Pesan Suara Telepon Seluler dan pada tahap itu, klaim akan diakui atau diselesaikan dengan permintaan maaf," katanya.

Ia menyambung, "Alasan untuk ini adalah menghindari situasi di mana anggota keluarga kerajaan harus duduk di kotak saksi dan menceritakan detail spesifik dari pesan suara pribadi dan sangat sensitif yang telah dicegat Clive Goodman (mantan reporter News of the World)."

3 dari 4 halaman

Tuntutan Kasus Dugaan Pengumpulan Informasi Ilegal

"Lembaga itu (Kerajaan Inggris) sangat gugup tentang hal ini dan ingin menghindari kerusakan reputasi dengan segala cara, seperti yang terjadi pada 1993 ketika The Sun dan tabloid lain secara tidak sah memperoleh dan menerbitkan rincian percakapan telepon intim yang terjadi antara ayah saya dan ibu tiri pada 1989, ketika ia masih menikah dengan ibu saya," kata Pangeran Harry, merujuk pada panggilan yang disadap antara Raja Charles dan Ratu Camilla selama pernikahannya dengan Putri Diana.

Sky News melaporkan bahwa sidang Pengadilan Tinggi diperkirakan berlangsung tiga hari. Setelah itu, hakim akan menentukan apakah klaim tersebut akan dilanjutkan ke persidangan, yang akan disidangkan pada Januari 2024.

Pangeran Harry saat ini terlibat dalam litigasi terhadap dua pusat penerbitan lain untuk pengumpulan informasi ilegal. Pada Maret 2023, ia tampil mengejutkan di Pengadilan Tinggi London, menghadiri tiga dari empat hari sidang yang akan menentukan apakah gugatannya terhadap Associated Newspapers, penerbit Daily Mail and Mail on Minggu, akan diadili.

4 dari 4 halaman

Kasus Hukum Lainnya

Pangeran Harry juga salah satu dari beberapa tokoh terkenal yang mengajukan tuntutan ganti rugi terhadap Surat Kabar Mirror Group, rumah bagi Daily Mirror, Sunday Mirror, dan Daily Express. Sidang akan dimulai pada 9 Mei 2023, hanya tiga hari setelah penobatan Raja Charles III.

Menurut Associated Press, Pangeran Harry tidak akan segera terlihat di pengadilan, karena ia diharapkan bersaksi pada Juni 2023. Minggu depan, ayah dua anak ini dipastikan pulang kampung ke Inggris untuk menghadiri penobatan ayahnya, tanpa Meghan Markle.

Di kesempatan itu, Harry akan berada jauh dari anggota keluarga Kerajaan Inggris, menurut seorang rekan kerajaan. Duke of Sussex dilaporkan akan duduk 10 baris di belakang keluarganya dan keluar dengan cepat setelah acara.

Melansir New York Post, 24 April 2023, narasi ini merujuk pada keterangan mantan kepala pelayan kerajaan Paul Burrell pada The Sun. Burrell mengatakan, tidak mungkin Pangeran Harry akan berdamai dengan ayah dan saudara laki-lakinya, Pangeran William.

Perayaan penobatan akan berlangsung selama tiga hari, tapi Harry diperkirakan hanya akan menghadiri upacara penobatan inti. Acara ini akan jadi pertama kalinya Harry melihat ayah dan saudara laki-lakinya sejak memoarnya Spare dirilis awal tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini