Sukses

Fakta-Fakta Meruorah Komodo Labuan Bajo, Hotel Bintang 5 yang Jadi Venue Utama KTT ASEAN Summit 2023

Presiden Jokowi dan keluarga diketahui sempat menginap di Hotel Meruorah Komodo saat meninjau persiapan KTT ASEAN Summit 2023 atau KTT ASEAN 2023 yang akan berlangsung pada 9--10 Mei 2023 di Labuan Bajo.

Liputan6.com, Jakarta - Hitung mundur penyelenggaraan KTT ASEAN Summit 2023 atau KTT ASEAN 2023 yang akan berlangsung pada 9--10 Mei 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), makin mendekati akhir. Di antara serba-serbinya, nama Meruorah Komodo Labuan Bajo muncul sebagai venue utama acara tersebut. Hotel itu pula yang diinapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekeluarga saat liburan sekaligus memantau persiapan KTT ASEAN pada libur lebaran 2023 ini.

Di akun Instagram-nya, pekan lalu, pihak hotel mengatakan mereka akan menyambut para delegasi yang menghadiri KTT ASEAN 2023. Melansir situs webnya, Kamis (27/4/2023), hotel ini merupakan hotel bintang lima yang dideskripsikan sebagai "pintu gerbang Anda menuju petualangan menjelajahi pulau."

"Hanya satu jam penerbangan dari Bali, hotel mewah bintang 5 kami adalah basis eksklusif di mana Anda dapat meninggalkan semua kekhawatiran dan bersantai di tengah keindahan panorama," bunyi keterangan di laman mereka.

Secara lebih lengkap, berikut fakta-fakta lain Meruorah Komodo Labuan Bajo:

1. Terdiri dari 145 Kamar dan Suite

Dengan 145 kamar dan suite, hotel ini bisa mengakomodasi kelompok, keluarga, maupun individu. Mereka menulis, "Semua 145 kamar dan suite kontemporer di Meruorah Komodo Labuan Bajo telah ditata cermat dengan dekorasi garis bersih yang tidak bersaing dengan keindahan memikat yang menanti di luar ruangan."

Ada lima tipe kamar dan satu suite yang tersedia, yakni The Signature Hill View, The Signature Sea View, The Horizon Hill View, The Horizon Sea View, The Phinizy, dan The Presidential Suite.

2. Fasilitas Unggulan

Fasilitasnya termasuk Bayfit Fitness Center. Pihak hotel mendekripsikan, "Jika berolahraga adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari Anda, tidak perlu mengabaikan rutinitas kebugaran Anda saat menginap di Meruorah Komodo Labuan Bajo. Gym modern kami dilengkapi mesin latihan kardio terbaru, free weights, handuk tangan, dan air mineral gratis untuk mendukung tujuan kesehatan Anda."

"Fasilitas ber-AC ini menampilkan jendela besar yang menghadap ke perbukitan Labuan Bajo," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fasilitas Lain di Venue Utama KTT ASEAN Summit 2023

Fasilitas unggulan lain Meruorah Komodo Labuan Bajo adalah Infinity Pool. Mereka menulis, "Tidak ada tandingan dalam menghabiskan hari bersantai di bawah payung teduh di tepi kolam renang tanpa batas. Kami mengundang Anda melakukan relaksasi secara maksimal dengan kolam renang yang dirancang untuk berjemur, bersantai, dan menikmati kesenangan."

Terakhir, ada Area Komersial. "Terletak di area Marina Labuan Bajo di sebelah hotel, Anda akan menemukan area komersial terpadu kami yang terdiri dari berbagai gerai komersial, termasuk gerai F&B, toko obat, toko pakaian, mini market, ATM dan bank, serta toko seni," katanya.

Pihaknya menyambung, "Area komersial terletak di salah satu tempat wisata paling populer di Labuan Bajo. Di belakang area komersial, terdapat Water-front Promenade yang sangat cocok untuk jalan-jalan santai sambil menikmati indahnya matahari terbenam dengan pemandangan laut lepas." Tarif kamar hotel ini dibanderol mulai dari Rp2 juta-an per malam, merujuk laman mereka.

3 dari 4 halaman

3. Kawasan Marina Terpadu Labuan Bajo

Merujuk laporan kanal Bisnis Liputan6.com, Meruorah Komodo Labuan Bajo merupakan hotel yang dioperasikan PT Hotel Indonesia Natour (HIN), dan berlokasi di Kawasan Marina Terpadu Labuan Bajo yang telah ditetapkan pemerintah sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Hotel ini dilengkapi multifunction hall berkapasitas seribu orang dan area komersial Plaza Marina Labuan Bajo. Adapun multifunction hall Meruorah disebut sebagai lokasi MICE terbesar di Labuan Bajo.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin, mengungkap bahwa Kawasan Marina Terpadu Labuan Bajo dikembangkan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sebagai bagian transformasi dan inovasi pengembangan bisnis properti waterfront.

Selain Meruorah Komodo Labuan Bajo, fasilitas lain di Kawasan Marina Labuan Bajo adalah area komersial yang sekaligus jadi lokasi untuk mempromosikan produk UMKM; dermaga feri dan marina berkapasitas sandar 134 kapal yacht; beach club yang mampu menampung 200 orang: dan hotel bintang tiga.

Area waterfront Hotel Meruorah juga dapat diakses publik untuk menikmati keindahan Pantai Labuan Bajo.

 

4 dari 4 halaman

Persiapan Penyelenggaraan KTT ASEAN 2023

Mengutip keterangan di Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Selasa, 25 April 2023, setidaknya ada 1.156 kamar dari 22 hotel dan resor di Labuan Bajo yang telah disiapkan untuk penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo meninjau kesiapan lokasi dan infrastruktur penunjang dalam kunjungan kerja 18--20 April 2023 ke Labuan Bajo.

Dalam keterangan resminya,  Wamenparekraf meninjau beberapa lokasi di sekitar Labuan Bajo, yakni Bandara Internasional Komodo, kawasan Marina dan Waterfront di Kampung Ujung, Meruorah Komodo Labuan Bajo Resort, dan Creative Hub Labuan Bajo di Puncak Waringin, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kantor Bupati Manggarai Barat, Lapangan Dinas Cipta Karya, SDA, dan Tata Ruang Kabupaten Manggarai Barat, serta kawasan Golo Mori.

Selain itu, Angela bersama Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo juga ikut dalam rapat koordinasi persiapan KTT ASEAN di Meruorah Komodo Labuan Bajo Resort. Ia mengungkap, Kemenparekraf siap mendukung penuh pelaksanaan KTT ASEAN dengan menghadirkan event pesta rakyat yang melibatkan pelaku UMKM setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini