Sukses

Agar Pinggang Nggak Gampang Pegal Saat Berkendara Pulang Mudik

Pada kondisi seperti ini, tak jarang pemudik mengalami sejumlah masalah seperti sakit pinggang akibat terlalu lama duduk. Ya, kebiasaan duduk terlalu lama dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada area pinggang dan bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa, momen berkumpul bersama keluarga di kampung halaman akan berakhir. Arus balik mudik akan pun berakhir hingga 30 April 2023. Nah, buat kamu yang akan melakukan perjalanan jauh saat pulang mudik, tentu persiapannya masih sama ketika mudik. 

Salah satunya adalah memerhatikan soal kenyamanan dalam perjalanan, terutama buat kamu yang mudik menggunakan kendaraan pribadi. Faktanya, perjalanan panjang berjam-jam merupakan hal yang tidak bisa dielakkan. 

Pada kondisi seperti ini, tak jarang pemudik mengalami sejumlah masalah seperti sakit pinggang akibat terlalu lama duduk. Ya, kebiasaan duduk terlalu lama dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada area pinggang dan bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia. 

Namun, jangan khawatir karena terdapat 7 strategi yang dapat kamu lakukan untuk mencegah sakit pinggang saat mudik Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengatur Postur Duduk yang Benar

Ketika duduk, pastikan posisi tulang belakang tetap lurus dan tidak membungkuk atau miring ke salah satu sisi. Pilihlah kursi yang nyaman dan sesuai dengan ukuran tubuh serta gunakan bantal atau penyangga untuk mendukung area pinggang.

3 dari 8 halaman

Istirahat Sejenak di Rest Area

Istirahat sejenak di rest area dapat membantu mengurangi tekanan pada area pinggang. Cobalah untuk berdiri atau berjalan-jalan sekitar area selama 15 menit untuk mengurangi kekakuan pada otot dan membantu melancarkan peredaran darah.

4 dari 8 halaman

Melakukan peregangan

Melakukan peregangan ringan setiap kali merasa kelelahan atau merasakan ketidaknyamanan pada area pinggang dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

 

5 dari 8 halaman

Hindari Bawa Beban yang Terlalu Berat

Membawa beban yang terlalu berat dapat meningkatkan tekanan pada tulang belakang dan area pinggang, sehingga dapat memicu sakit pinggang. Jangan membawa barang-barang yang tidak perlu, apalagi saat kamu kembali ke Jakarta. 

 

6 dari 8 halaman

Gunakan Bantal

Dalam melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan, kamu dianjurkan untuk memanfaatkan bantal sebagai penyangga untuk punggung dan pinggang. Dengan menggunakan bantal, tekanan pada area pinggang dapat dikurangi dan memberikan rasa nyaman selama perjalanan.

 

7 dari 8 halaman

Mengelola Stres

Kondisi stres dapat memperburuk intensitas nyeri sakit pinggang. Semakin efektif seseorang dalam mengelola stres, semakin baik pencegahan sakit pinggang dan semakin berkurang rasa sakit yang dirasakan. Tidak perlu malu untuk meminta bantuan, memudahkan diri sendiri dan mengizinkan orang terdekat atau petugas untuk membantu dapat memberikan manfaat yang signifikan.

 

8 dari 8 halaman

Konsumsi Makanan Sehat & Bernutrisi

Makanan sehat dan kaya akan nutrisi dapat membantu menjaga kesehatan tulang belakang dan area pinggang. Pilihlah makanan yang mengandung kalsium, vitamin D, dan magnesium untuk menjaga kekuatan tulang dan menjaga kesehatan area pinggang.

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara di atas namun rasa sakit pinggang tetap tidak berkurang, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan memberikan rekomendasi pengobatan yang sesuai dengan kondisi kamu agar dapat meredakan sakit pinggang yang dirasakan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini