Sukses

Ahli Baca Bibir Ungkap Omelan Raja Charles III Saat Duduk di Kereta Kuda Jelang Upacara Penobatan

Raja Charles III dan Ratu Camilla duduk canggung di dalam kereta kuda sesaat menunggu aba-aba memasuki Westminster Abbey untuk menjalani upacara penobatan.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pembaca bibir profesional berusaha mengungkap apa yang dikatakan Raja Charles III saat ia duduk menunggu kereta kudanya berjalan menuju Westminster Abbey, tempat upacara penobatannya dilangsungkan pada Sabtu, 6 Mei 2023. Waktu itu, bibirnya terlihat komat-kamit berbicara pada Ratu Camilla yang duduk di sampingnya.

Raja Charles terlihat frustasi menanti aba-aba dari petugas sebelum kereta kudanya bergerak memasuki Westminster Abbey. Kereta kudanya tertahan beberapa menit sebelum akhirnya sinyal "OK" disampaikan.

"Aku khawatir tentang waktu, maksudku kali ini lebih lama dan, yah, erm, maksudku lihat! Aku tahu," kata seorang pembaca bibir pada Daily Mail di sebuah cuplikan video terkait ucapan yang disampaikan Charles dan telah ditonton jutaan kali di media sosial.

"Kita tidak pernah bisa tepat waktu. Ya, saya… ini negatif. Selalu ada sesuatu," kata pembaca bibir lain pada Daily Mail soal rekaman Charles yang sama.

Ungkapan itu kemungkinan terkait keterlambatan keluarga Cambridge. Pangeran dan Putri Wales, William dan Kate Middleton, yang ditemani Putri Charlotte dan Pangeran Louis, diketahui datang terlambat ke lokasi upacara sehingga terpaksa mengikuti prosesi di belakang Raja Charles, alih-alih menyambut sang raja dengan anggota bangsawan Inggris dan ratusan tamu undangan lain yang lebih dulu hadir.

Istana Kensington pada Rabu, 9 Mei 2023, merilis video di belakang layar yang disunting ke media sosial di mana William, Kate, dan anak-anak mereka bersiap-siap untuk penobatan. Cuplikan itu menunjukkan keluarga kerajaan berlomba ke mobil yang menunggu untuk menghadiri upacara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Berjalan Sesuai Rencana Awal

Urutan layanan yang dikeluarkan Istana Buckingham untuk penobatan Raja Charles III menunjukkan bahwa mereka seharusnya tiba dan duduk di depan Raja Charles dan Ratu Camilla. Tetapi, hal-hal tidak berjalan sesuai rencana, karena Pangeran dan Putri Wales, bersama dengan anak-anak mereka Putri Charlotte dan Pangeran Louis, baru tiba setelah raja.

Urutan layanan resmi mengatakan, "Yang Mulia Pangeran dan Putri Wales, Putri Charlotte dari Wales dan Pangeran Louis dari Wales tiba di Pintu Barat Besar dan dibawa ke tempat duduk mereka di Lantern. Semua tetap duduk."

"Yang Mulia Raja dan Ratu tiba di Gerbang Barat (keriuhan terdengar). Semua berdiri."

Tapi, Pangeran William dan Kate Middleton terlihat berdiri di belakang Raja dan hanya mengambil tempat duduk mereka karena Raja Charles sudah berjalan ke dalam gereja. Sementara itu, Pangeran George bergabung dengan tujuh pengiring kehormatan lainnya dan membantu kakeknya dalam prosesi tersebut.

Penulis biografi kerajaan Omid Scobie, salah satu penulis di balik Finding Freedom, yakin penundaan itu mungkin disebabkan anak-anak William dan Kate. Dia menulis untuk Harper's Bazaar seperti dikutip dari Mirror, "Tidak ada ruang untuk kesalahan. Dan untungnya, karena latihan berminggu-minggu yang diikuti para bangsawan menjelang penobatan, hari itu berjalan lancar."

3 dari 4 halaman

Temperamen Panas Raja Charles III

Gestur tak ramah Raja Charles III bukan sekali itu ditunjukkan. Insiden lain terjadi sesaat dia diproklamasikan sebagai raja baru yang memerintah Inggris, pada Sabtu 10 September 2022. 

Beberapa saat sebelum menandatangani Proklamasi Aksesi yang menandai kenaikan resminya ke takhta Persemakmuran Inggris, raja mendapati dirinya memberi gestur yang dinilai kurang sopan. Dia memberi isyarat kepada para pembantunya untuk membersihkan meja tempat dia akan menandatangani dokumen.

Hal yang menjadi sorotan adalah mimik wajahnya yang terlihat jengkel dan gesturnya yang terkesan merendahkan. Charles terlihat di kamera menunjuk kotak pena dan tempat tinta, meminta agar barang-barang itu segera disingkirkan.

"Pelayan harus membersihkan meja saya untuk saya. Saya tidak bisa diharapkan untuk memindahkan barang-barang," tulis warganet yang menonton siaran langsung di Twitter.

"Hari pertama bekerja dan dia sudah muak. LOL," tulis warganet lainnya seperti dikutip dari Page Six.

Kejadian yang berkaitan dengan pena bukan hanya sekali terjadi. Raja Charles III dihadapkan lagi dengan kejadian tinta pena yang mengotori tangannya.

4 dari 4 halaman

Kembali Kesal karena Tinta Pena Bocor

Charles tampak frustrasi dengan pena yang bocor saat menjalankan tugas kerajaannya. Saat mengunjungi kediaman kerajaan Kastil Hillsborough di Irlandia Utara pada Selasa, 13 September 2022, Raja Charles III kehilangan kesabaran karena pena yang bocor saat menandatangani sebuah buku.

"Ya Tuhan, aku benci ini," kata raja dengan marah setelah menggunakan pena yang tidak berfungsi mengutip Fox News.

Dalam video tersebut, Raja Charles III menyadari pena tidak berfungsi dengan baik, kemudian berdiri dari kursinya, dan merogoh sakunya untuk mengambil saputangan untuk membersihkan tinta dari tangannya.

Permaisuri Camilla (75) mengambil pena yang bocor dari suaminya dan berkata, "Oh, lihat, itu ada di mana-mana," sambil membersihkan tangannya dari pena yang rusak.

Staf bergegas membantu pasangan kerajaan, ketika Camilla meraih pena lain untuk melanjutkan menandatangani buku.

"Saya tidak tahan dengan hal buruk ini," kata Raja Charles III sambil kehilangan kesabaran.

"Ya, aku benci pena bau ini," dia terus mengamuk dan dengan marah meninggalkan ruangan tak lama kemudian.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini