Sukses

Lineup Terakhir BABYMONSTER Diumumkan, Anggota Termuda Masih Berusia 14 Tahun

Publik sempat riuh karena BABYMONSTER dilaporkan akan debut dengan lima, bukan tujuh personel.

Liputan6.com, Jakarta - YG Entertainment telah mengungkap final line-up dari girl group mendatang mereka, BABYMONSTER. Jumat tengah malam, (12/5/2023), waktu Seoul, agensi K-pop itu merilis video yang mengungkap semua personel BABYMONSTER.

Melansir NME, Jumat (12/5/2023), klip berdurasi 11 menit ini dipandu pendiri YG Entertainment, Yang Hyun Suk, yang mengungkap personel grup satu per satu di sepanjang video. Di paruh pertama klip, Yang menyebutkan lima trainee yang akan jadi member BABYMONSTER: Ahyeon, Ruka, Chiquita, Haram, dan Pharita.

Melansir Koreaboo, Ahyeon adalah personel pertama yang diumumkan, dan Yang tidak bisa berhenti memujinya karena serba bisa. Ia menjelaskan bahwa keahlian Ahyeon membuatnya memiliki kemampuan untuk jadi seorang pemimpin.

Anggota berikutnya adalah Ruka. Selain popularitas, ia juga dipuji karena banyak pesona. Lalu, ada Chiquita. Meski ia adalah member termuda, yang mana saat pengumuman ini ia baru berusia 14 tahun, dengan waktu pelatihan terpendek, perempuan Thailand ini dipuji atas perkembangan dan potensinya.

Personel selanjutnya yang diungkap adalah Haram. Ia dipuji karena menguasai semua lagu yang dibawakan dan menjadikannya miliknya sendiri. Juga, ada Pharita yang dinilai akan membantu citra global BABYMONSTER.

YG Entertainment sebelumnya mengatakan bahwa grup tersebut hanya akan menampilkan lima personel dalam susunan terakhirnya. Setelah mengungkap kelima member, Yang melanjutkan dengan mengungkap alasan ia mengecualikan Rora dan Asa dari line-up.

Untuk Rora, Yang mengatakan bahwa itu karena ia "masih muda, dan ada grup wanita lain yang sedang kami persiapkan." Sementara untuk Asa, Yang menyebut ia "berencana pergi ke Jepang untuk membuat girl grup global" dan memikirkan trainee untuk proyek yang akan datang.

Namun, Yang kemudian berbicara tentang mengapa ia membutuhkan waktu dua minggu untuk mengambil keputusan akhir terkait line-up terakhir BABYMONSTER. Ia berkata bahwa sebagian besar penggemar "menuntut ketujuh personel" untuk debut di grup.

Produser itu kemudian mengeluarkan papan yang menampilkan ketujuh trainee BABYMONSTER dan mengonfirmasi bahwa semua anggota akan debut di grup idol K-pop yang akan datang. "Saya akan mengambil ketujuh dari mereka," katanya.

 

2 dari 4 halaman

Girl Group YG Setelah BLACKPINK

Line-up terakhir BABYMONSTER muncul setelah acara web grup Last Evaluation berakhir, yang para personel menjalani tantangan agar YG Entertainment dapat memilih siapa yang akan debut. Perusahaan belum mengungkap kapan BABYMONSTER akan melakukan debut.

BABYMONSTER akan jadi girl group pertama yang debut di bawah YG Entertainment sejak BLACKPINK pada 2016. Agensi itu mulai menggoda eksistensi grup ini pada awal 2023. Kala itu, pihaknya merilis foto mengenai girl band tersebut dan membuat publik terkejut, rangkum kanal Showbiz Liputan6.com.

Pasalnya, perilisannya bertepatan dengan informasi iKON tidak lagi memperpanjang kontrak. Pada 2 Januari 2023, YG Entertainment merilis beberapa video teaser dengan mereka akan memperkenalkan girl group tersebut dengan nama BABYMONSTER.

Dalam video tersebut, terlihat beberapa artis YG Entertainment. Salah satunya BLACKPINK yang turut mengutarakan pendapat mereka mengenai grup ini. Lisa bahkan terlihat memberikan arahan dance pada grup tersebut. "Tidak perlu diragukan lagi bagaimana hebatnya keahlian mereka," kata Hoony WINNER.

"Mereka sangat bagus dalam ekspresi dan gerakan yang bisa mencuri perhatian banyak orang," kata Lee Suhyun AKMU. "Ketujuh personelnya sangat akrab satu sama lainnya," ujar Lisa BLACKPINK, sedangkan rekannya, Jennie, berkata, "Secara keseluruhan, mereka bagus banget."

3 dari 4 halaman

Sempat Ada Rumor Eliminasi

Untuk beberapa waktu lalu, publik percaya bahwa BABYMONSTER akan debut dengan tujuh personel. Namun, kabar bahwa hanya lima member yang akan mengisi line-up terakhir grup itu sempat membuat media sosial riuh.

Dalam tayangan Last Evaluation episode 8 yang dipublikasikan pada 28 April 2023, produser YG Entertainment Yang Hyun Suk mengungkap visinya tentang grup ini. Awalnya, ia berbicara di depan tujuh calon member hubae BLACKPINK ini, yaitu Ruka, Pharita, Asa, Ahyeon, Haram, Rora, dan Chiquita.

"Kami belum memutuskan jumlah anggota (grupnya),” kata Yang, dilansir dari Koreaboo. "Saya tahu kalian semua sangat berbakat. Namun, karena saya adalah seorang produser, yang saya pikirkan adalah kombinasi paling hebat, dan tidak ada semacam ranking atau penilaian siapa yang bagus atau jelek."

Dalam interview terpisah, Yang sempat mengungkap rencananya untuk BABYMONSTER. "Sejak awal, saya merencanakan grup BABYMONSTER ini, angka yang ada di kepala saya adalah lima (personel)," kata Yang. Karenanya, publik otomatis berpikir dua calon personel akan dieliminasi. 

4 dari 4 halaman

Evaluasi Terakhir Trainee BABYMONSTER

Kalimat Yang selanjutnya menyiratkan bahwa girl group dengan jumlah anggota kecil adalah tradisi sejak lama di YG Entertainement. "Tidak ada girl group yang dikeluarkan YG punya banyak anggota. BLACKPINK anggotanya empat (orang), 2NE1 juga punya empat anggota," kata dia,

Kode bahwa ketujuh trainee itu tidak akan debut bersama melalui BABYMONSTER juga sempat tersirat pada video yang dirilis 6 Maret 2023. Rekaman berdurasi satu menit-an ini masih menampilkan produser eksekutif YG Entertainment, Yang Hyun Suk.

"Setelah bertahun-tahun dan melewati beragam pertimbangan, kami telah mengerucutkan (pilihan) jadi tujuh trainee berbakat," kata Yang dalam narasi di awal video. "Saya mengatakan bahwa dari perspektif saya, mereka adalah individu yang memiliki potensi tertinggi untuk debut."

"BABYMONSTER tidak akan jadi grup dengan tujuh member. Akan ada yang gugur," tutur Yang mengejutkan ketujuh trainee. Setelahnya, YG Entertainment menyatakan akan menayangkan evaluasi terakhir ketujuh trainee ke hadapan publik.

“Kami berencana melakukan evaluasi bulanan terakhir sebelum menentukan personel BABYMONSTER, dan kemudian memilih member terbaik sebagai BABYMONSTER," ujarnya.

Ketujuh trainee, yang kemudian ditetapkan sebagai personel BABYMONSTER, berasal dari berbagai negara. Asa dan Ruka merupakan perempuan Jepang, sementara Pharita dan Chiquita dari Thailand, lalu dari Korea Selatan ada Ahyeon, Haram, dan Rora.

Video Terkini