Sukses

Kalah dari Timnas Indonesia, Pemain Thailand Buang Medali Perak dan Maskot SEA Games 2023

Pemain Thailand tampak berjalan ke arah penyerahan medali SEA Games 2023 dengan muka masam sebelum kemudian melemparnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan perebutan medali emas SEA Games 2023 cabang Sepak bola U-22 baru saja berakhir. Pertandingan final ini mempertemukan Indonesia dengan Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa, 16 Mei 2023 itu berlangsung seru, dramatis sekalgus penuh kontroversi.

Timnas Indonesia U-22 yang dilatih Indra Sjafri akhirnya keluar sebagai juara dengan skor 5-2 melalui babak perpanjangan waktu. Timnas Indonesia pun berhasil meraih emas medali sepak bola lagi sejak terakhir meraihnya pada 1991 atau 32 tahun lalu.

Di sisi lain, ada sejumlah kejadian yang disoroti bukan hanya selama pertandingan berlangsung, tapi juga setelahnya. Salah satunya adalah para pemain Thailand tampak tak puas dengan hasil pertandingan. Salah seorang dari mereka bahkan terekam kamera merasa kesal sampai membuang medali perak yang diterimanya.

Momen arogan pemain Thailand itu viral di media sosial setelah dibagikan sejum;a akun, termasuk akun Instagram @mood.jakarta, Rabu (17/5/2023). Video ini memperlihatkan raut wajah salah satu pemain Timnas Thailand U-22. Sosok pemain tersebut bernama Jonathan Khemdee yang posisinya adalah bek tengah.

Jonathan tampak berjalan ke arah penyerahan medali dengan muka masam. Ia mengambil medali yang diterimanya. Jonathan yang memakai kaus berkerah putih berjalan menuju ke arah penyerahan boneka.

Ia tampak berjalan cepat mengambil boneka yang merupakan maskot SEA Games 2023. Bahkan, tangannya terlihat menyerobot boneka tersebut dari panitia. Pemain berusia 21 tahun ini terlihat berjalan menuju ke arah penonton.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain Thailand Dicibir Warganet

Tak disangka, ia melempar boneka tersebut. Terlihat raut wajah marah terpancar di wajahnya. Aksi Jonathan ini menjadi sorotan. Bukan hanya boneka, ia juga melempar medali. Ia melemparkan medali ke kursi penonton dan berlalu begitu saja. Aksi tak terpujinya ini mencuri perhatian dan mendapat banyak cibiran dari warganet Indonesia.

"Ciri-ciri orang yang gak suka kalah atau yang gak mau yang sulit dan lebih memilih nge cheat/curang...😂,” komentar seorang warganet.

"Dih ngambek, salah sendiri songong,” timpal seorang warganet.

"Pantesan... mentalnya gak cocok. Bukan jiwa jiwa pemenang,” tulis warganet lainnya.

Baru beberapa jam dibagikan, unggahan itu sudah disukai lebih dari 20 ribu kali. Bahkan unggahan mendapatkan lebih dari 1.400 komentar

Pertandingan final SEA Games 2023 itu ternyata jadi laga perpisahan Jonathan Khemdee bersama Thailand U-22 namun tidak berakhir indah seperti yang diharapkannya. Tepat sebelum final SEA Games 2023, Jonathan mengejutkan publik dengan pernyataannya bahwa dia tidak akan membela tim nasional Thailand di masa depan.

3 dari 4 halaman

Laga Terakhir Jonathan di Timnas U-22 Thailand

"Halo semua penggemar sepak bola. Pertandingan ini akan jadi pertandingan terakhir untuk tim nasional Thailand saya. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung dan mengikuti saya serta menyemangati saya selama ini," tulisnya di akun Instagram pribadinya, @jkhemdee17.

"Saya harap saya bisa memenangkan medali emas untuk semua orang di Thailand dan menyelesaikan pertandingan terakhir saya untuk tim nasional Thailand dengan baik. Hati saya akan selalu Thailand. Saya selalu memberikan diri saya 100% untuk membuat keluarga saya dan penggemar Thailand bangga. Ayo bawa pulang pialanya," lanjutnya.

Namun, laga perpisahannya bersama tim berjulukan Gajah Perang itu tidak berakhir indah. Thailand U-22 harus menyerah 2-5 dari Indonesia U-22.  Laga final SEA Games 2023 berlangsung dengan tensi panas.

Hujan kartu merah mewarnai laga tersebut. Jonathan pun termasuk pemain yang diusir wasi. Ia diusir wasit Kassem Matar Al-Hatmi setelah menerima kartu kuning kedua di babak tambahan atau tepatnya di menit 102. Drama belum berhenti di situ saja, karena ia membuang medali perak yang diterimanya ke tribun penonton.

 

4 dari 4 halaman

Suasana Kontras Timnas Thailand dan Indonesia

Pemain Timnas Thailand U-22 memang tak punya pesta untuk dirayakan usai final SEA Games 2023. Thailand kalah dan mereka harus menghibur diri dengan makan chinese food yang berada di sekitaran hotel

Melansir laman bola.com, Rabu (17/5/2023), setelah pertandingan usai, bus pembawa rombongan Thailand dari stadion sempat masuk parkiran hotel. Namun, tidak sempat turun, mereka kemudian putar balik dan langsung melipir ke restoran chinese food.

Semua pemain terlihat ikut menyantap hidangan di restoran tersebut dengan raut wajah kosong. Berbeda dengan pemain Timnas Thailand yang raut wajahnya terlihat tidak bersemangat, para penggawa Timnas Indonesia U-22 justru bahagia. Saat tiba di hotel, mereka disambut oleh suporter, perwakilan pengurus PSSI, dan jurnalis Indonesia yang bertugas di Kamboja.

Tampak wajah-wajah semringah terpancar dari para pemain, pelatih dan stafnya, serta manajer tim, Sumardji, yang sempat mengalami insiden jatuh setelah dipukul dan ditarik saat ada kericuhan di tepi lapangan dalam laga final sepak bola SEA Games 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini