Sukses

Influencer Tasya Farasya Bongkar Sisi Gelap Industri Kecantikan Lokal

Tasya Farasya mengungkapkan terdapat sisi gelap industri kecantikan lokal yang secara terang-terangan membawa citra nama pemilik ke publik.

Liputan6.com, Jakarta - Industri kecantikan lokal tengah berkembang pesat di Indonesia. Namun, di balik kilau glamor dan janji kecantikan yang dijual, terdapat sisi gelap yang sering terabaikan. Beauty influencer Tasya Farasya membagikan beberapa sisi gelap atau "ugly truth" dari industri kecantikan lokal.

Sebagai influencer, Tasya mengungkapkan terdapat risiko usaha brand lokal yang secara terang-terangan membawa nama pemilik ke publik. Tasya yang kini memiliki bisnis kecantikan MotherofPearl itu merasa banyak masyarakat yang mengaitkan dirinya dengan usahanya secara langsung. 

"Memang ada orang-orang yang udah benci aja mungkin ya, itu jadi sulit banget sebagai brand yang baru berkembang, kalau akunya bagus, brand-nya bagus. Kalau akunya diserang, brand akunya juga ikutan diserang," ujar Tasya dalam acara talk show Somethinc Fourward di Mall Kota Kasablanka, Kamis, 1 Juni 2023. 

Lebih lanjut, suatu brand bisa dirusak reputasinya jika seseorang sedang memiliki masalah dengan pemilik brand tersebut. Influencer yang kini sudah memiliki lebih dari 6 juta pengikut di Instagram itu mengungkapkan, "Ada beberapa oknum yang mau black campaign dengan menyerang brandnya. Produknya di-battle-battlein dengan produk brand lain dengan cara yang tidak adil kalau ada masalah dengan ownernya.” 

Tasya juga mengungkapkan kenyataan pahit lain dari industri kecantikan lokal, yakni warna produk makeup untuk kulit yang lebih gelap kurang laku sehingga banyak yang kedaluwarsa dan menjadi sampah. "Salesnya beda banget. Biasanya tuh shade paling terang udah sold out, shade gelap baru ada yang beli," ujar Tasya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kualitas Produk Kecantikan Lokal Semakin Maju

Kendati demikian, Tasya sangat mengapresiasi kemajuan industri kecantikan lokal karena kualitasnya semakin bagus. "Menurut aku dibanding 2016 jauh banget berkembangnya produk lokal. Dulu jargon aku ketika review produk lokal, 'Ini untuk ukuran product lokal bagus loh guys', sekarang udah nggak ada borderline itu," ungkapnya.

Tasya menambahkan, "Kita udah ready berkompetisi sama produk luar dan kita harus bangga dengan produk lokal kita. Udah bukan saatnya produk lokal dipandang sebelah mata."

Perempuan kelahiran 1992 itu mengatakan bahwa Somethinc adalah salah satu produk lokal yang ia sukai dan apresiasi karena membawa terobosan baru di dunia industri kecantikan lokal dengan menghadirkan banyaknya produk serum. "Dulu serum belum terkenal. Kita cuma biasa pakai foundation full coverage," ujar Tasya. 

Saat ini, Somethinc memiliki banyak sekali rangkaian serum, di antaranya Somethinc 5 persen Niacinamide, Somethinc HYAluronic 9+ dan Somethinc 2 persen BHA Salicylic Acid Acne Treatment. Tasya sangat menyukai tiga serum pertama yang dikeluarkan Somethinc. Ia mengungkapkan, "Ternyata bagus loh kulit orang kalau pakai serum."

3 dari 4 halaman

Rayakan Hari Jadi ke-4 Melalui Somethinc Town

Selama perjalanannya menjadi beauty influencer, hal yang paling berkesan menurut Tasya Farasya adalah ketika beberapa brand mengirimkannya produk untuk diulas. Irene Ursula selaku founder Somethinc dan Beautyhaul salah satunya yang kerap mengirimkan Tasya produk untuk dicoba.

"Ci Irene itu biggest supporter aku. Dulu Beautyhaul tuh selalu kayak, "Apa yang kamu belum punya?" kemudian dikirimkan banyak produknya," ujar Tasya.

Somethinc, brand kecantikan lokal Indonesia pada 1 Juni 2023 merayakan hari jadinya yang ke-4 dengan mengusung tema ‘Somethinc Fourward’. Tema ini menggambarkan komitmen Somethinc untuk maju mendukung industri kecantikan lokal agar lebih dipercaya dan menjawab kebutuhan kulit masyarakat Indonesia.

Sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pengguna setianya, Somethinc menghadirkan rangkaian acara menarik bertajuk ‘Somethinc Town’, yang diselenggarakan di Mall Kota Kasablanka hingga tanggal 4 Juni 2023 mendatang. Irene Ursula selaku Founder dari Somethinc & Beautyhaul Group mengatakan, "Dalam 4 tahun terakhir, Somethinc mendapat banyak sekali cinta dan dukungan dari masyarakat. Dukungan tersebut membuat kami tidak pernah berhenti berinovasi dalam menghadirkan beragam pilihan produk hingga layanan kecantikan terbaik untuk masyarakat."

4 dari 4 halaman

Luncurkan Somethinc Aesthetic Clinic

Menambah perayaan, Somethinc meluncurkan Somethinc Aesthetic Clinic yang dihadirkan sebagai jawaban bagi para konsumen setia Somethinc untuk mendapatkan solusi perawatan kecantikan yang lebih canggih. Clinic pertama Somethinc akan dibuka di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Clinic yang terstandarisasi dengan standar Korea ini menawarkan experience perawatan wajah yang tidak biasa. Produknya mulai dari Idol Glow Treatment, botox, filler, HIFU, serta slimming penurun berat badan juga dapat dilakukan di Somethinc Aesthetic Clinic.

Sementara bagi pengguna setia Somethinc makeup, ada produk terbaru yaitu MADEMOISELLE Soft Focus Powder Blush yang sangat lembut dan tahan lama. Produk ini hadir dalam 8 warna mulai dari matte hingga shimmer yang sangat cantik dan natural. 

Selama Somethinc Town berlangsung, masyarakat tidak hanya dapat berbelanja produk Somethinc dengan banyak diskon, tetapi juga dapat mengikuti serangkaian aktivitas seru lainnya. Mulai dari diskusi seputar kulit, skin analysts, yang dianjurkan oleh dokter dan pakar, konsultasi kulit gratis, fun games, hingga kejutan spesial lainnya.

Dalam perjalanan Somethinc hingga saat ini, Somethinc juga tengah melakukan ekspansi hingga ke berbagai negara internasional dan masih akan terus berkembang hingga ke negara Asia lainnya. "Ke depannya, kami masih terus melanjutkan misi kami dalam mendukung industri kecantikan lokal untuk built up dan jadi berkualitas. Lewat perayaan Somethinc Fourward ini juga, Somethinc terus berkontribusi pada pertumbuhan positif industri kecantikan Indonesia," tutup Irene.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.