Sukses

Cerita di Balik Kebaya Pengantin Jawa Klasik Adinia Wirasti yang Dibuat Sahabat Sejak Setahun Lalu

Adinia Wirasti memakai kebaya Jawa yang dirancang oleh sahabatnya, Rama Dauhan. Terdapat detail yang mengusung desain klasik tak lekang waktu sesuai permintaan sang pengantin.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Adinia Wirasti dengan Michael Wahr memang sudah berlalu, tapi cerita mengenai kebaya yang dipakai aktris film "Kapan Kawin" itu masih menarik untuk disimak. Tak lain karena meski berjodoh dengan pria berkebangsaan Australia, namun Adinia tak meninggalkan asal usulnya sebagai keturunan Jawa. 

Saat berita pernikahannya terungkap, Adinia mengunggah foto pertama yaitu sebuah potret ketika ia dan suaminya mengenakan busana Jawa klasik berupa kebaya maupun beskapnya. Potongan yang unik karena ternyata dibuat oleh desainer Rama Dauhan, sahabat Adinia Wirasti. 

"Untuk busana tradisional semua terinspirasi dari kebaya dan beskap klasik Indonesia. Adinia dan Michael menginginkan sesuatu yang tak lekang oleh waktu namun tetap disesuaikan dengan kepribadian masing-masing," ungkap Rama Dauhan dalam wawancara tertulis dengan Liputan6.com, Senin, 12 Juni 2023. 

Terinspirasi dari kebaya brokat klasik Indonesia, Rama mengakuisisi bentuk cutting yang lebih modern. Model kebaya mengambil jenis kutubaru tanpa kerah dan tanpa kerung lengan serta pemasangan engkol asimetris untuk bagian kiri dan kanannya.

"Pengerjaan pecah pola dengan teknik jahit tangan dan bordir menjadi keunggulannya," sambung Rama.

Selain itu, terdapat selendang dari satin sutra sepanjang 3 meter yang menjadi keunikan di tampilan kebaya Adinia. Bercerita tentang pengerjaannya, ternyata mulai dari mengukur hingga fitting dan siap dipakai dipersiapkan kira-kira setahun. Menurut Rama tak ada kesulitan, karena semua dikomunikasikan dengan jelas dengan kedua mempelai pengantin. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merasa Tersanjung Bisa Ikut Andil di Pernikahan Adinia Wirasti

Dipercaya sebagai desainer yang merancang kebaya pernikahan, sebagai sahabat Rama mengaku merasa tersanjung karena bisa turut berperan serta dalam pernikahan Adinia dan Michael. Sebagai padanan kebaya klasik, Adinia menempatkan kain batik. Kain batik yang digunakan dipilih langsung oleh Adinia dari motif klasik Iwan Tirta.

"Untuk kebaya lace buatan saya, Adinia menggunakan aksesoris yang khusus dibuatkan oleh Mahija," sebut Rama lagi.

Rama mengungkapkan bahwa ia membuatkan sebuah kebaya untuk Adinia, serta beskap yang dipakai Michael Wahr. Ia juga membuatkan satu set jas untuk pengantin pria dan sebuah kebaya hitam lainnya untuk ibunda Adinia. 

"Beskap klasik Solo Cekak, dengan bahan jacquard embos yang kami pilih bersama," tambah Rama.

Untuk set jas Michael sendiri diungkapkan Rama adalah hasil imajinasi yang ia tawarkan untuk Michael. Rancangannya sengaja dibuat menjadi paduan yang lebih modern.

"Trendy dan cocok dipadukan dengan busana Adinia yang di design oleh sahabat saya Mel Ahyar," sambungnya lagi.  

 

3 dari 4 halaman

Resepsi Pernikahan Adinia Wirasti

Pernikahan Adinia Wirasti dan Michael Wahr jadi ajang reuni untuk para pemain AADC, mulai dari Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra hingga sang produser Mira Lesmana dan Riri Riza. Tentu publik tak asing dengan film Ada Apa dengan Cinta yang menuai kesuksesan pada 2002 dan dilanjutkan sekuelnya di tahun 2016.

Meski hampir dua dekade lamanya, para pemain AADC masih tampak kompak. Bahkan Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ikut mengenakan kostum senada berwarna merah muda seperti sang pengantin.

Tampak dari berbagai unggahan video serta foto yang dibagikan di lini masa, aura bahagia pasangan pengantin makin terpancar dengan kehadiran teman dan keluarga terdekat mereka. Nicholas terlihat menyemangati Adinia sambil bersama rekan yang lain ikut berpelukan.

Lain dari biasanya, Nicholas Saputra tampak mengenakan setelan jas senada merah muda dengan aksen hitam dipinggirnya. Di dalamnya ia memakai kemeja putih berkerah. Padanan sepatunya jauh dari kata formal, ia memilih kets hitam yang cenderung kasual dan nyaman dipakai.

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat dari Nicholas Saputra

Dalam unggahannya di Instagram pribadinya @nicholassaputra menulis,"Congratulations My Dear @adiniawrst Best Wishes for a fun-filled life ahead @michaelswahr."

Dian Sastro memakai gaun one shoulder senada warnanya dengan Nicholas dan para Bridesmaid. Riasannya tampak cantik tak berlebihan dan rambutnya disanggul cepol sederhana dengan hiasan bunga.

Resepsi yang digelar di Bali itu ikut dihadiri Titi Kamal dan suaminya, Christian Sugiono. Tapi pasangan itu memakai busana hitam dan justru kompak dengan Mira Lesmana dan Riri Riza.  

Di resepsi itu, Ladya Cheryl yang juga salah satu pemain sentral film AADC tampak tak hadir. Sementara Dennis Adishwara yang juga pemeran AADC, hanya mengunggah ulang momen kebersamaan rekannya melalui Instagram Story dengan ucapan selamat.

"Selamat menempuh hidup baru dear @adiniawrst. Peluk jauh dari Banyuwangi," tulisnya sambil menambahkan meski posisinya dekat dengan Bali tapi ia masih dalam penugasan dinas.

Tak cuma Ladya Cheryl, rekan AADC lainnya yaitu Sissy Prescillia juga tak terlihat. Di akun Instagram pribadinya, terakhir bulan lalu ia masih berada di Denver, Corolado. Sissy pun tak menggunggah apapun terkait pernikahan Adinia Wirasti dan Michael Wahr. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.