Sukses

Cerita Polisi Dermawan Suka Traktir Bakso Para Tahanan dengan Terapkan Satu Syarat

Seorang polisi mengumumkan bahwa semua tahanan akan ditraktir makan. Ia bahkan memberi pilihan makanan yang akan dibelinya, yaitu bakso atau martabak.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang polisi berbagi kegiatannya saat sedang berjaga malam di ruang tahanan. Tak sekadar menjaga, ia juga berinteraksi dengan para tahanan tersebut. Polisi itu bahkan kerap mentraktir para tahanan di sana setiap kali ia mendapat giliran piket.

Momen tersebut ia bagikan melalui akun TikTok @pakpol39 pada 19 Juni 2023. Saat masuk ke ruang tahanan, polisi yang belakangan diketahui bernama Briptu Ismail atau Briptu Mail itu meminta para tahanan untuk berhitung.

Jumlah tahanan di dalam ruangan tersebut ternyata berjumlah 22 orang. Usai berhitung, polisi tersebut mengumumkan di lorong ruang tahanan bahwa semua tahanan akan ditraktir makan. Ia bahkan memberi pilihan makanan yang akan dibelinya.

"Mau martabak atau bakso?" tanya sang polisi kepada para tahanan  "Bakso," jawab para tahanan kompak. Polisi itu pun tersenyum dan mengiyakan permintaan mereka.

"Makan bakso kita malam ini, yang penting jangan aneh-aneh ya," ucap polisi yang kemudian disambut tepuk tangan oleh para tahanan.Ia kemudian langsung bergegas ke warung bakso dan memesan 25 porsi yang juga akan diberikan ke seniornya.

"Alhamdulillah banget aku ada rezeki. Jadi waktu aku piket, yang penting sih ruang tahanan bersih, pasti aku kasih pilihan mau makan bakso, nasi goreng atau martabak," ungkapnya dalam video tersebut.

Setelah siap, bakso itu dibawa ke ruang tahanan dan langsung dibagikan. Ada empat blok yang masing-masing berisi lima sampai enam orang tahanan. Para tahanan menjulurkan tangan ke celah itu untuk mengambil sebungkus bakso

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiap Piket Traktir Makanan

Kita bisa melihat sejumlah tangan para tahanan dihiasi oleh tato. Untuk minum, masing-masing blok sudah disiapkan satu galon air mineral

Para tahanan pun terlihat menyantap bakso tersebut dengan lahap. Polisi ini kemudian mengungkapkan berniat membelikan makanan lainnya untuk mereka saat dia kembali mendapat giliran piket. Namun ia menetapkan satu syarat yaitu sel harus bersih dan rapi tanpa ada handuk atau baju yang menggantung.

Dalam momen itu, Briptu Ismail juga mengatakan bahwa kebersamaan makan bareng di ruang tahanan tak sebanding bila bersama keluarga tercinta.

"Ya karena di sini tuh, seenak-enaknya makanan yang aku kasih, pasti akan jauh lebih enak kalau kita makan bersama keluarga di rumah, makan bersama anak istri," ucapnya untuk memotivasi para tahanan agar bertobat dan tak akan mengulangii perbuatan tak terpuji mereka saat sudah keluar dari tahanan.

Briptu Ismail mengatakan dirinya selalu mentraktir para tahanan makan bila sedang piket. "Pokoknya setiap aku piket, aku selalu bagikan sesuatu untuk mereka. Entah itu martabak, bakso atau nasi goreng guys. Apapun yang dikasih selama itu enak, pasti gaskeun," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Berbagi pada Tahanan

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi video tersebut.

"Tahanan yang udah bebas pasti nggak akan lupa sama Pak Pol, soalnya selalu bagi-bagi buat tahanan. Siapa coba yang lupa sama kebaikan orang kayak Pak Pol," komentar seorang warganet.

"Ini yang namanya memanusiakan manusia," tulis warganet lainnya.

"Berkah sukses selalu pak polisi aamiin ya Allah,” komentar warganet lainnya.

Video tersebut viral dan bahkan sampai berita ini ditulis sudah ditonton lebih dari 33,9 juta kali, disukai lebih dari 2,6 juta kali dan mendapatkan lebih dari 17,5 ribu komentar.

Berbuat baik tak hanya dengan membelikan makanana tapi bisa juga dengan memberikan hiburan. Hal itu pernah dilakukan seorang polisi yang meghibur para tahanan di momen Lebaran Idul Fitri.

Suasana lebaran umumnya dirayakan bersama keluarga. Namun tidak semua orang bisa merayakan nikmatnya lebaran karena harus menjalani hukuman di balik jeruji besi, seperti para tahanan di penjara.

4 dari 4 halaman

Poisi Konser di Sel Tahanan

Meski tidak bisa merayakan lebaran bersama keluarga, namun suasana di sel tahanan terasa berbeda dari biasanya. Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @Pai_C1 pada 27 April 2023, memperlihatkan seorang polisi yang menghibur para tahanan tersebut dengan bernyanyi dan bermain musik.

Di awali dengan ucapan selamat Idul Fitri, polisi ini pun memulai mamainkan gitar layaknya anak band yang sedang konser. Bersama para tahanan, polisi ini pun menyanyikan lagu Elang dari Dewa 19. Aksinya ini pun langsung mencuri perhatian para warganet yang salut dengan aksinya tersebut untuk menghibur para tahanan di hari lebaran.

Tidak semua polisi dapat melakukan aksi tersebut dengan memberikan semangat kepada para tahanan yang belum bisa merayakan lebaran. "Tahanan adalah manusia biasa..Ni polisi idaman para tahanan.." tulis akun @Pai_C1

Banyak warganet memuji aksi dari polisi ini yang piawai dalam memainkan gitar dan bisa membawakan lagu Elang dari Dewa 19. Lagu ini pun dianggap memiliki arti untuk menyemangati para tahanan agar lekas bebas menurut sejumlah warganet. "Aku lebih suka lihat anggota polisi yang seperti ini lho.Kreatif dan bisa Produktif." Komentar seorang warganet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini