Sukses

Kreasi Resep Bumbu Sate Kambing untuk Santapan di Momen Idul Adha

Sate kambing menjadi salah satu sajian yang identik setelah kurban dilaksanakan di Idul Adha. Pada perayaan Idul Adha 2023, resep bumbu sate kambing baik kacang dan kecap dapat Anda buat sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Sate kambing menjadi salah satu sajian yang identik setelah kurban dilaksanakan di Idul Adha. Pada perayaan Idul Adha 2023, resep bumbu sate kambing baik kacang dan kecap dapat Anda buat sendiri.

Bahan-bahan untuk membuat sate kambing dengan bumbu tersebut mudah didapat. Anda dapat membuat kreasi yang disesuaikan dengan selera Anda dan keluarga.

Simak resep bumbu sate kambing berikut ini, seperti dikutip dari Cookpad, Rabu, 28 Juni 2023.

Sate Kambing Bumbu Kecap

Resep kreasi DapurKobe dari Cookpad.

Bahan-bahan:

400 gram daging kambing (potong-potong)

10 tusuk sate

Secukupnya lada putih

1 sachet saus tiram selera

10 siung bawang merah (rajang kasar)

2 siung bawang putih (rajang kasar)

10 cabai rawit (rajang kasar)

Secukupnya kecap manis

1 buah jeruk limau

Langkah pembuatan:

  1. Lumuri daging kambing dengan lada dan Saus Tiram Selera. Aduk rata. Tusuk dengan tusuk sate. Bakar hingga matang.
  2. Siapkan wadah. Campurkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan kecap. Aduk rata. Beri perasan jeruk limau.
  3. Sajikan sate kambing dengan bumbu kecap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sate Kambing Bumbu Kacang

Resep kreasi cook_9256698 dari Cookpad.

Bahan-bahan:

100 gram hati kambing

150 gram daging kambing

1 sdt kaldu jamur

3--5 sdm minyak goreng

Haluskan:

5 siung bawang putih

2 sdt garam

1 sdt merica bubuk

Tusuk sate

secukupnya Minyak goreng

Bumbu sate:

200 gram kacang tanah, goreng

Secukupnya minyak goreng

300 ml air

1 sdt gula pasir

1 sdt kaldu jamur

1 sdt lada putih bubuk

1/2 sdt ketumbar bubuk

1/4 sdt ketumbar bubuk

1 buah jeruk nipis, ambil air nya

2 sdm mentega

2 sdt garam

50 gram gula jawa/gula lempeng

3--5 sdm kecap manis

Haluskan:

7 buah cabai rawit

3 buah cabai merah besar

Langkah pembuatan:

  1. Potong-potong dadu daging dan hati Kambing. Masukkan bumbu halus, kaldu jamur, minyak goreng, (boleh ditambah dengan mentega) kaldu jamur, aduk rata. Diamkan selama 10 menit atau sampai bumbu meresap.
  2. Cuci bersih tusuk sate, keringkan dgn tisu atau kain bersih. Lumuri dgn minyak goreng atau rendam sebentar dengan minyak goreng. (Tahap ini bertujuan agar saat dibakar, tusuk sate tidak hangus atau terbakar).
  3. Tusuk daging dan hati menjadi satu atau bisa hanya daging atau hati saja (sesuai selera). Bungkus daging tadi dengan daun pepaya sekitar 20 menit. (Tahap ini agar daging lebih cepat empuk saat dibakar)
  4. Bakar sate di atas arang atau kompor hingga matang (sesekali balik agar tidak gosong). Lakukkan hingga sate habis dan sajikan dengan siraman bumbu kacang di atasnya.
3 dari 4 halaman

Cara Jitu Mengolah Daging Kurban agar Lebih Empuk dan Tidak Berbau Prengus

Umat Muslim akan merayakan Idul Adha 1444 Hijriah yang jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Menyambut Idul Adha atau hari raya kurban, ketahui beberapa hal terkait cara mengolah daging kurban agar lebih empuk dan tidak berbau prengus.

Corporate Chef dari Artisan Kuliner Group Chef Rizqi Pradana menyebut bila daging kurban mau dimasak sup atau gulai, sebelumnya daging direbus paling tidak 2--3 kali. "Di-blanch, kasih jahe, cengkeh, kayu manis. Kalau rebus daging dari air dingin," kata Chef Rizqi ketika ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 22 Juni 2023.

Ia menambahkan alasan merebus daging kurban dengan air dingin. "Kalau dari air panas, langsung pori-pori (daging) tertutup. Kita merebus daging maksudnya membuang kotoran dan aroma. Jadi, pakai air dingin agar keluar kotoran dan bau," lanjutnya.

Chef Rizqi mengungkapkan proses selanjutnya adalah membuang air rebusan tersebut dan lakukan proses yang sama sekitar 2--3 kali dengan waktu yang singkat. "Tidak boleh lama, masak dua menit, mendidih, sudah langsung diganti," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa dalam merebus, ada dua tipe, yakni blanch dan boil. Untuk boil, prosesnya cukup lama, sedangkan blanch prosesnya hanya sebentar.

"Rebus dari air dingin biar bau dan darah yang kotor, terutama hewan kurban, bisa bersih," tambahnya. Apabila daging kurban ingin dimasak menjadi sate, penting untuk mendiamkan dahulu daging tersebut. 

4 dari 4 halaman

Marinasi

"Kita diamkan daging, marinai dengan rempah. Kalau mau empuk kasih daun pepaya di bawah, remas-remas daun pepaya, dan masukkan ke kulkas dua jam, baru buat sate," terang Chef Rizqi.

Bumbu untuk memarinasi daging, dikatakan Chef Rizqi terdiri atas bumbu putih, seperti bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Untuk daging kurban dapat diberi kapulaga, kayu manis, cengkeh untuk mengurangi aroma prengus.

"Cuci dengan air dingin, jangan langsung di air keran untuk menghilangkan amis, bisa geprek jahe," kata Chef Rizqi.

Untuk daging domba untuk kurban, dikatakan Chef Rizqi, paling mudah diolah menjadi sate. "Tapihewan kurban yang dipotong, dimasak dan langsung dimakan, sudah pasti keras," terangnya.

"Biar enggak keras, dimarinasi bumbu putih. Kalau marinasi daging jangan pakai garam dulu dan beri garam di akhir saja," ungkapnya.

Chef Rizqi menjelaskan lagi, "Kalau mau bikin sup, gulai, tongseng, daging kurban direbus dengan rempah-rempah dan air dingin."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini