Sukses

12 Tips Merawat Rambut Sehat agar Tetap Lembut dan Kuat, Bebas Masalah Menyebalkan

Cari tahu lebih lanjut untuk mewujudkan rambut cantikmu yuk!

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut sehat yang tampak berkilau alami mungkin jadi hal yang diimpikan para perempuan. Tak bisa dipungkiri lagi, rambut yang tampak sehat tentu saja menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan penampilan. Namun ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Misalnya saja kebiasaan sehari-hari hingga pengaruh lingkungan. 

Jadi, penting untuk selalu melakukan perawatan yang tepat untuk menjaga kilau alami rambutmu. Apa saja sih yang perlu dilakukan untuk merawat rambut agar tetap indah dan bebas masalah menyebalkan? Cari tahu lebih lanjut untuk mewujudkan rambut cantikmu yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

4 Ciri Rambut Sehat yang Wajib Dipahami

Rambut sehat itu seperti apa sih? Mungkin sebagian dari kamu masih sering dibuat bingung dengan tanda yang menunjukkan kesehatan rambut terjaga dengan baik. Secara umum, rambut yang tampak sehat tidak hanya terlihat bersih dan wangi, tapi juga terbebas dari berbagai masalah umum yang mengganggu. Intip lebih jauh ciri-cirinya!

1. Rambut Terasa Lembut Saat Disentuh

Tanda yang menunjukkan kalau kesehatan rambut terjaga dengan baik adalah terasa lembut saat disentuh. Selain itu, bagian ujung rambut juga tampak sehat dan tidak terasa kering atau bercabang. 

Saat menyentuh sela rambut, perhatikan sensasinya. Jika jari-jari bisa terasa mulus saat melakukan hal tersebut, tandanya rambut dalam kondisi baik sehingga tidak perlu cemas.

2. Rambut Tampak Berkilau

Ciri lain dari rambut sehat adalah dapat memancarkan kilau alaminya. Hal ini berarti minyak alami di kulit kepala dapat naik hingga ke lapisan kutikula yang tersebar merata ke seluruh batang rambut. 

Namun, produksi minyak alami tersebut bisa berkurang ketika terlalu sering menggunakan produk rambut seperti hairspray, gel, atau serum yang kemudian nggak dibersihkan dengan baik. Kondisi ini bisa membuat rambut tampak kusam dan tidak berkilau.

3. Tidak Mudah Patah dan Rontok

Kerontokan rambut sebenarnya normal terjadi, namun dalam jumlah terbatas. Hal ini karena terjadinya pergantian sel rambut yang telah rusak dan mati dengan sel rambut baru yang lebih sehat. Menurut American Academy of Dermatology, jumlah kerontokan yang wajar adalah sekitar 50-100 helai per hari. Jika masih dalam batas normal, artinya rambutmu tergolong sehat. 

Perhatikan juga elastisitas rambut. Ketika ditarik, apakah dapat mempertahankan elastisitasnya atau justru mudah patah bahkan saat disisir sekalipun? Jika rambut masih menunjukkan elastisitas dan kekuatannya, tandanya kesehatannya terjaga dengan baik.

4. Dapat Menyerap Kelembapan dan Nutrisi dengan Baik

Salah satu indikator kesehatan rambut yang terjaga adalah kemampuan rambut dalam menyerap nutrisi dan kelembapan. Hal ini bisa diuji dengan cara meletakkan sehelai rambut pada mangkuk yang diisi oleh air. Lihat hasilnya. 

Jika rambut terlihat mengapung, artinya rambut dalam kondisi prima. Namun jika tampak tenggelam, artinya rambut termasuk kurang sehat. Perawatan pun diperlukan untuk mengembalikan kondisi rambut agar tetap sehat.

3 dari 15 halaman

Perawatan Penting untuk Menjaga Rambut Tetap Sehat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Misalnya lewat perawatan yang bisa dilakukan sehari-hari. Tanpa perlu ribet, berikut ini beberapa tips merawat rambut sehat yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah.

4 dari 15 halaman

1. Gunakan Shampo yang Sesuai Kebutuhan

Perawatan rambut sehat paling dasar yang bisa dilakukan sehari-hari adalah pastikan pilih shampo sesuai dengan kebutuhan rambut. Misalnya untuk kulit kepala berminyak dan rambut lepek, pilih shampo dengan formula yang dapat membersihkan kotoran dengan maksimal sekaligus membuat rambut tampak lebih bervolume. 

Sementara itu, jika memiliki kondisi rambut kering, shampo dengan kandungan argan oil bisa jadi pilihan untuk melembapkan rambut. Shampo yang tepat akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan sehingga menjaga rambut agar tetap sehat.

5 dari 15 halaman

2. Jangan Lewatkan Penggunaan Conditioner

Selain shampo, conditioner juga jadi produk yang nggak boleh dilupakan. Produk yang satu ini berperan untuk menjaga kelembapan rambut, menutrisi batang rambut, dan mencegahnya dari kondisi kering. Jangan lupa memiliki conditioner dengan kandungan utama vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menutrisi rambut hingga ke lapisan terdalam. 

Namun, perhatikan juga tata cara penggunaan conditioner yang tepat. Cukup pakai produk ini dari bagian tengah batang rambut hingga ke ujungnya. Hindari pemakaian di kulit kepala karena bisa membuat rambut semakin berminyak dan lepek. Yang perlu dipahami, fokus shampo ada pada kulit kepala, sementara itu conditioner pada batang rambut. Jadi, jangan salah ya!

6 dari 15 halaman

3. Perhatikan Suhu Air Saat Keramas

Perawatan untuk menjaga kesehatan rambut juga bisa dilakukan dengan cara selalu memperhatikan suhu air saat keramas. Mengapa ini penting? Sebab air yang terlalu panas bisa membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya sehingga terasa sangat kering. Selain itu, suhu air yang panas juga bisa mengikis minyak alami di kulit kepala juga mempengaruhi kesehatan rambut.

Disarankan untuk keramas dengan air dingin untuk menjaga kondisinya tetap sehat. Air dingin juga dapat melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga rambut bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaganya tetap sehat. Jika memang cuaca sangat dingin, sesekali boleh saja keramas dengan air hangat namun pastikan suhunya tidak boleh terlalu panas. 

7 dari 15 halaman

4. Cara Mengeringkan Rambut Basah yang Tepat

Kelihatannya sih sepele, tapi cara mengeringkan rambut setelah keramas juga mempengaruhi kesehatan rambutmu, lho. Masih sering menggosok rambut dengan handuk agar cepat kering? Eits, hal ini ternyata bisa merusak lapisan kutikula yang menyebabkan rambut jadi kasar, mudah patah dan rontok. 

Nah, demi menjaga rambut sehat dan kuat, pastikan handuk yang digunakan memiliki bahan lembut seperti microfiber yang mampu menyerap cairan hingga 8x dari beratnya sehingga membantu rambut cepat kering. Selain itu, tepuk-tepuk handuk pada rambut dengan lembut dan hindari menggosokkannya dengan kasar ya.

8 dari 15 halaman

5. Perhatikan Cara Menyisir Rambut untuk Menjaga Kesehatannya

Cara menyisir rambut juga memberikan pengaruh besar pada kesehatan batang rambut. Hal yang paling penting adalah pastikan sisir yang digunakan memiliki gigi renggang untuk mengurai kekusutan dan meminimalisir kerontokan. 

Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena rambut berada dalam kondisi paling rapuh. Setelah keramas, urai kekusutan rambut dengan jari saja atau gunakan bantuan wet brush saat rambut sudah berada dalam kondisi setengah kering. 

9 dari 15 halaman

6. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Bagi yang memiliki rambut panjang, beraktivitas dengan mengikat rambut memang lebih praktis dan memudahkan dalam bergerak. Namun, jangan mengikat rambut terlalu kencang karena bisa mempengaruhi kesehatan mahkota penampilanmu. 

Mengikat rambut terlalu kencang berisiko membuat rambut jadi mudah patah dan rontok. Selain itu, bekas lekukannya juga dapat melukai batang rambut dan folikel. Selain rambut jadi tidak bisa 'bernapas', peregangan pada saraf juga bisa membuat kepala jadi terasa pusing.

10 dari 15 halaman

7. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Nggak hanya bisa mempengaruhi kesehatan kulit saja, paparan sinar matahari berlebihan juga dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan rambut. Terkena paparan sinar matahari langsung dan dalam waktu lama ketika menjalani aktivitas sehari-hari bisa berisiko membuat rambut kering dan rusak. 

Jadi, wajib banget memberikan perlindungan maksimal pada rambut ketika akan beraktivitas di luar rumah. Misalnya saja dengan menggunakan pelindung seperti topi, scarf, atau hoodie yang bisa mencegah paparan langsung demi menjaga rambut sehat.

11 dari 15 halaman

8. Batasi Penggunaan Alat Catok

Salah satu cara menjaga kesehatan rambut adalah dengan membatasi penggunaan alat catok dan alat penataan rambut lainnya yang memiliki suhu tinggi. Meskipun alat-alat tersebut bisa membuat rambut terlihat cantik secara instan, tapi penggunaan yang terlalu sering bisa menyebabkan kerusakan rambut. 

Suhu panas tinggi yang mengenai rambut dapat menyebabkan batang rambut kering, rusaknya lapisan kutikula, sehingga rambut tampak kasar dan rapuh. Jadi, sebisa mungkin batasi penggunaannya. Jika memang harus melakukan penataan rambut dengan catokan atau curling iron, berikan serum pelindung rambut yang dapat melapisinya agar meminimalisir efek panas dari alat tersebut. 

12 dari 15 halaman

9. Pijat Kulit Kepala

Pijat kulit kepala menjadi salah satu perawatan yang disarankan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Pijatan tersebut dapat merangsang sirkulasi darah di kepala jadi makin lancar yang kemudian membantu pertumbuhan rambut yang lebih sehat. 

Jika ingin melakukannya di rumah, mudah banget. Siapkan minyak alami seperti minyak zaitun atau argan oil, aplikasikan secara merata di kulit kepala dan pijat perlahan dengan gerakan memutar selama 15-20 menit. Setelah selesai, cuci rambut dengan shampo dan bilas sampai bersih.

13 dari 15 halaman

10. Gunakan Masker Bahan Alami

Perawatan rambut sehat selanjutnya yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan memanfaatkan masker yang terbuat dari bahan alami. Misalnya saja masker madu yang dapat menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut. Kandungan antibakterinya juga dapat membantu membersihkan kulit kepala dari masalah ketombe serta menyeimbangkan pH alami. Madu juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk merangsang folikel pada rambut. 

Cara membuatnya juga mudah banget. Campurkan 2 sdm madu dengan 1 sdm jojoba oil, aplikasikan pada akar dan batang rambut. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dan keramas seperti biasa.

Masker lain yang bisa digunakan untuk merawat rambut sehat adalah masker alpukat. Buah yang satu ini kaya akan asam amino, asam folat, dan magnesium yang sangat baik untuk melembapkan rambut. Siapkan 1 buah alpukat, hancurkan dan campur dengan 1/2 cangkir susu dan 1 sdm minyak almond. Aduk rata dan aplikasikan pada rambut secara menyeluruh. Diamkan 15 menit, bilas dan keramas seperti biasa.

14 dari 15 halaman

11. Hair Slugging Saat Tidur

Tren hair slugging memang sedang viral beberapa waktu yang lalu di TikTok. Metode ini cocok untuk trik perawatan rambut sehat bagi pemilik rambut kering. Mau ikutan mencobanya juga? 

Saatnya aplikasikan minyak alami di batang rambut dengan merata, dari bagian tengah ke ujung rambut. Setelah itu, bungkus dengan kaus kaki dan diamkan semalaman. Keramas hingga bersih keesokan harinya. Hair slugging ini dapat melembapkan rambut dengan maksimal di malam hari. Hasilnya, rambut jadi lebih lembut dan nggak mudah rontok.

15 dari 15 halaman

12. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

Kalau ingin menjaga rambut sehat dan memancarkan kilau alaminya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebutuhan nutrisi hariannya. Batasi konsumsi makanan berminyak dan berlemak tinggi karena bisa memicu produksi minyak meningkat yang menyebabkan rambut jadi lepek. 

Untuk mempertahankan rambut sehat dan cantik alami, perbanyak konsumsi sayuran hijau yang dapat membantu menutrisi kulit kepala dan rambut. Jangan lupa juga penuhi kebutuhan protein dan Omega 3 yang dapat membuat rambut tetap kuat dan lembut. 

Itu tadi beberapa tips merawat rambut sehat yang bisa diaplikasikan sendiri di rumah. Gampang banget kan? Saatnya buktikan sendiri dengan melakukan perawatan secara rutin dan wujudkan kilau rambut sehat yang kamu miliki! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.