Sukses

Orang Korea Selatan Mendadak Lebih Muda Setelah Usia Korea Dihapus

Orang Korea Selatan mendadak berusia lebih muda setelah negara ini menghapus istilah "usia Korea". Di bawah undang-undang yang mulai berlaku Rabu, 28 Juni 2023, "semua wilayah peradilan dan administrasi" di seluruh negara Asia Timur akan mengadopsi sistem "zaman internasional".

Liputan6.com, Jakarta - Orang Korea Selatan mendadak berusia lebih muda setelah negara ini menghapus "usia Korea". Di bawah undang-undang yang mulai berlaku Rabu, 28 Juni 2023, "semua wilayah peradilan dan administrasi" di seluruh negara Asia Timur akan mengadopsi sistem "zaman internasional".

Dikutip dari CNN, Kamis, 29 Juni 2023, sistem tersebut digunakan oleh sebagian besar dunia, mengakhiri perdebatan bertahun-tahun tentang masalah yang disebabkan oleh penggunaan umum "usia Korea" dan "usia kalender". Standardisasi usia akan "mengurangi berbagai kebingungan dan perselisihan sosial," kata Lee Wan-kyu, Menteri Legislasi Pemerintah, pada jumpa pers pada Senin, 26 Juni 2023.

Undang-undang yang disahkan oleh Parlemen Korea Selatan Desember 2023 tersebut juga diharapkan dapat "sangat mengurangi biaya sosial yang tidak perlu karena penggunaan campuran standar usia," kata Lee. Ia menambahkan bahwa ini telah menjadi janji utama Presiden Yoon Suk-yeol yang menjabat pada Mei 2023 lalu.

Di Korea Selatan, "usia internasional" mengacu pada jumlah tahun sejak seseorang lahir, dan dimulai dari nol, sistem yang sama digunakan di sebagian besar negara lain. Tetapi ketika ditanya usia mereka dalam suasana informal, kebanyakan orang Korea Selatan akan menjawab dengan "usia Korea" mereka, yang bisa jadi satu atau bahkan dua tahun lebih tua dari usia internasional mereka.

Di bawah sistem yang berakar di China tersebut, bayi dianggap berusia satu tahun pada hari mereka dilahirkan, dengan satu tahun ditambahkan setiap 1 Januari.

2 dari 4 halaman

Contoh Usia Korea

Dalam beberapa keadaan, orang Korea Selatan juga menggunakan "usia kalender" mereka. Ini adalah campuran usia internasional dan usia Korea, yang menganggap bayi berusia nol tahun pada hari mereka dilahirkan dan menambahkan satu tahun ke usia mereka setiap 1 Januari. Penyanyi "Gangnam Style" Psy, misalnya.

Ia lahir pada 31 Desember 1977 dan dianggap berusia 45 tahun menurut usia internasional; 46 menurut usia tahun kalender; dan 47 menurut usia Korea. Jika ini terdengar membingungkan, itu adalah kehidupan sehari-hari di negara yang sering beralih di antara campur aduk sistem yang berbeda.

Bahkan dengan standardisasi baru, sistem lama akan tetap digunakan dalam beberapa keadaan, kata pemerintah pada Rabu, 28 Juni 2023. Misalnya, anak-anak biasanya masuk sekolah dasar pada Maret tahun setelah mereka berusia 6 tahun (dalam usia internasional), terlepas dari bulan mana mereka berulang tahun, yang akan terus berlanjut.

Undang-undang tentang produk yang dibatasi usia seperti alkohol atau tembakau juga akan didasarkan pada tahun kelahiran seseorang, terlepas dari bulannya.

3 dari 4 halaman

Usia Dewasa

Artinya, dua orang yang lahir di Januari dan Desember 1990 dinilai memiliki usia yang sama. Di bawah undang-undang ini, orang diperbolehkan membeli alkohol mulai tahun mereka menginjak usia 19 tahun (di usia internasional). Metode yang sama akan terus digunakan untuk wajib militer Korea Selatan, yang berarti orang memenuhi syarat berdasarkan tahun mereka lahir, bukan usia atau tanggal lahir tertentu.

"Pemerintah memutuskan untuk mengecualikan pengecualian tersebut bahkan setelah revisi diberlakukan, karena lebih mudah untuk mengelola masalah seperti itu setiap tahun," kata menteri Lee pada Rabu, 28 Juni 2023.

Banyak penduduk cenderung terus menggunakan sistem usia tradisional Korea dalam kehidupan sehari-hari dan skenario sosial, seperti yang biasa terjadi. Tetapi orang lain mungkin menyambut baik perubahan itu.

Dalam jajak pendapat Kementerian Legislasi Pemerintah, 86,2 persen responden mengatakan akan menggunakan sistem usia internasional. Hal tersebut menandai kemenangan bagi anggota parlemen yang telah menghabiskan bertahun-tahun berkampanye untuk membakukan usia internasional dan muak dengan berbagai sistem.

4 dari 4 halaman

Usia Harapan Hidup Warga Korea Selatan Tinggi, Berikut 3 Rahasianya

Dikutip dari Health Liputan6.com, para peneliti memperkirakan usia harapan hidup rata-rata warga Korea Selatan pada 2030 akan mencapai lebih dari 90 tahun untuk wanita dan 84 tahun untuk pria.

Dengan kata lain, Korea Selatan diperkirakan akan menjadi pemimpin dunia dalam angka harapan hidup pada akhir dekade mendatang. Perkiraan para peneliti ini tertuang dalam studi baru yang diterbitkan di The Lancet.

Usia harapan hidup yang tinggi dapat mencerminkan tingkat kesehatan yang baik. Setidaknya, ada tiga rahasia sehat yang dimiliki warga korea untuk meningkatkan angka harapan hidup. Ketiga rahasia itu adalah:

Makanan Kaya Protein dan Air Minum Berkualitas

Korea Selatan memiliki kekayaan kuliner yang tidak hanya bergizi tinggi, tapi juga kaya rasa. Kepopuleran makanan Korea kini mendunia berkat K-drama dan konten kuliner viral di media sosial. Blog Easy Korean Food menjelaskan, kunci utama keunggulan makanan korea ada pada keragaman sayur yang dapat memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien tubuh.

Lauk hingga hidangan utama didominasi sayur segar maupun yang difermentasi seperti kubis, tauge, dan bayam. Tambahan bawang putih, jahe, dan rempah-rempah bermanfaat lainnya dalam jumlah banyak membuat masakan Korea sangat sehat.

Akses Kesehatan Memadai

Rahasia kedua adalah akses kesehatan yang memadai. Menurut periset departemen epidemiologi dan biostatistik di Imperial College London, James Bennett, meroketnya perekonomian Korea Selatan menjadi katalis di sektor kesehatan.

Penurunan angka kematian bayi dan tingkat kematian kardiovaskular memengaruhi angka harapan hidup di Korea Selatan. Ditambah, terdapat peningkatan dalam pemenuhan nutrisi dan pemanfaatan teknologi berbasis medis.

Ketika bicara soal akses kesehatan, negara ini memiliki jangkauan yang luas dan merata bagi seluruh warga. Di tingkat daerah, pemerintah mengelola pusat kesehatan dan fasilitas medis lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Hirup Udara Bersih di Dalam Ruangan

Rahasia ketiga adalah tersedianya udara bersih di dalam ruangan, meski di luar ruangan khususnya di lingkungan perkotaan udara tercemar polusi.

Sama seperti kota metropolitan lainnya, Ibu kota Korea Selatan, Seoul, juga mengalami permasalahan kualitas udara.