Sukses

Apa Itu Pijat Jamu Pelangsing yang Populer di Singapura?

Paket pijat jamu pelangsing biasanya dilengkapi produk jamu, termasuk minyak pijat, seperti minyak biji anggur, serai, lemon, losion jahe, pilis, dan tapel.

Liputan6.com, Jakarta - Ramuan jamu tidak hanya dimanfaatkan dengan cara diminum. Dalam perkembangannya, ada banyak elaborasi penggunaan ramuan tradisional tersebut, termasuk pijat jamu pelangsing yang populer di Singapura.

Melansir PN Singapore, Selasa, 18 Juli 2023, paket pijat jamu pelangsing biasanya dilengkapi produk jamu di dalamnya. Di antara produk yang umum adalah minyak pijat, seperti minyak biji anggur, serai, lemon, losion jahe, pilis, dan tapel.

Minyak akan digunakan selama sesi pemijatan dan Anda akan terus menggunakan losion setelah pemijatan untuk menghangatkan diri dan meningkatkan peremajaan kulit. Pilis adalah ramuan herbal yang akan dioleskan di dahi, sementara tapel diaplikasikan di perut selama sesi pemijatan.

Disebutkan bahwa keduanya dipercaya membantu mengeluarkan angin dan meningkatkan hasil pelangsingan. Bagi orang-orang dari budaya tertentu, pijat jamu pelangsing mencakup prosedur lengkap dari apa yang dilakukan selama dan setelah pijat seluruh tubuh.

Prosedurnya biasanya meliputi pemijatan seluruh tubuh menggunakan minyak jamu, mengoleskan pasta jamu (pilis dan tapel) setelahnya, dan "perekatan" yang dapat disesuaikan di area perut. Berasal dari abad ke-17, jamu pertama kali muncul di sekitar Asia Tenggara, khususnya masyarakat Jawa, dari mana istilah itu diciptakan.

Konsep jamu sebagai obat tradisional yang terpercaya telah diwariskan secara turun-temurun. "Meski sering diasosiasikan dengan budaya Jawa dan Indonesia, pijat jamu juga berasimilasi dengan budaya Cina, India, dan lainnya, terutama sebagai bagian dari praktik perawatan setelah melahirkan," catatnya.

 

2 dari 4 halaman

Bukan Satu-satunya Praktik, tapi ...

Meski hanya disebut pijat jamu secara luas dalam budaya Melayu, budaya praktis lain pun menggunakan minyak yang sama dan metode serupa untuk proses selama dan setelah pijat.

"Hampir semua budaya yang Anda kenal akan memiliki versi pijat dengan ramuan serupa, tapi prosedur berbeda sesuai apa yang mereka warisi dari generasi lebih tua. Beberapa menganggapnya sebagai bagian penting dari praktik pelestarian budaya tradisional masing-masing," catatnya.

Dibanding pijatan biasa yang terutama menghilangkan ketegangan otot, pijat jamu pelangsing lebih berfokus pada jaringan dalam tubuh yang dilakukan pemijat terampil. Ini melibatkan tekanan ibu jari yang dalam di mana sensasi sakit ringan dapat dirasakan.

Pijat ini secara khusus menargetkan ketegangan yang muncul selama kehamilan, serta mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pascamelahirkan. Selama kehamilan, Anda akan memberi tekanan yang sangat besar pada beberapa bagian tubuh, terutama punggung dan kaki.

Berbeda dengan tubuh orang yang sehat, tubuh ibu baru dikatakan memiliki konstitusi lebih buruk karena masih dalam proses penyembuhan dari luka melahirkan. Terapis pijat biasanya akan menyesuaikan teknik pemijatan agar sesuai dengan kondisi dan rasa sakit setiap ibu.

 

3 dari 4 halaman

Apa Bedanya dengan Pijat Biasa?

Fokus utama pijat terkenal ini adalah efek pelangsingan. Pijat pascamelahirkan dilakukan dengan tujuan utama yang sama, sehingga penggunaan produk jamu yang hangat dan menenangkan juga sangat disukai.

Banyak terapis pijat kehamilan dan pasca-kehamilan memilih memasukkan produk jamu ke dalam terapi pijat mereka. Hal ini disebabkan kenaikan berat badan setelah melahirkan tidak sama dengan kenaikan berat badan normal yang dialami pada waktu-waktu lain.

Selama periode ini, sebagian besar berat badan yang didapat ibu adalah berat air yang disebabkan retensi air. Berat badan ini seharusnya hilang dengan sendirinya, tapi jika Anda tidak berusaha mempercepat prosesnya, menurunkan berat badan setelah melahirkan bisa memakan waktu lebih lama. Lebih buruk lagi, itu mungkin tidak pernah pergi.

Pijatan tepat yang menargetkan masalah ini akan meningkatkan sirkulasi aliran darah yadengan g lebih baik dan mengeluarkan cairan yang tertahan. Ini, sebagai hasilnya, melangsingkan dan mengencangkan tubuh Anda kembali ke keadaan sebelum hamil.

4 dari 4 halaman

Seberapa Efektif?

Efektivitas pijat jamu pelangsing sepenuhnya tergantung pada individu. Ini bekerja secara berbeda bagi setiap orang. Bagi sebagian orang, hasilnya dapat terlihat sangat awal, hanya setelah beberapa sesi, sementara yang lain mulai melihat perubahan setelah menyelesaikan lebih dari 10 sesi.

Lebih baik melakukan pijatan ini secara berturut-turut untuk memungkinkan Anda melihat perubahan yang efektif pada tubuh. Ini juga memungkinkan tubuh Anda dengan cepat beradaptasi dengan rutinitas ini, mempercepat proses untuk kembali ke keadaan sebelum hamil.

Namun demikian, untuk mengatakan Anda pasti akan merasakan semua manfaat dari pijat setelah kehamilan ini adalah jaminan yang tidak dapat dibuat terapis pijat. Pengalaman relaksasi atau menenangkan bahkan tidak dapat dijamin.

Banyak ibu merasa cemas atau tidak bisa tenang saat berbaring di tempat asing dengan hanya selembar handuk yang melapisi tubuh. Konon, beberapa ibu merasakan hasil memuaskan, melebihi apa yang tercantum sebagai manfaat pijat jamu pelangsing, sementara yang lain mendapatkan lebih sedikit manfaat yang diklaim.

 

Disclaimer: Jamu adalah ramuan tradional berbahan alami yang bisa membantu kesehatan tubuh. Bila ada keluhan kesehatan, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

Video Terkini