Sukses

Mimpi Diah Risti Kusuma Putri Mantan Model Majalah Dewasa yang Tinggal di Rumah Tanpa Listik Bertemu Anaknya

Mantan model majalah dewasa yang tinggal di rumah tanpa listik, Diah Risti Kusuma Putri, mengaku sudah dua kali menikah.

Liputan6.com, Jakarta - Sederet konten kisah hidup Diah Risti Kusuma Putri, yang dinilai belum tentu benar karena ia diduga sebagai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), masih terus jadi sorotan di media sosial. Perempuan yang mengaku sebagai mantan model majalah dewasa ini diketahui tinggal di rumah tanpa listrik dan air di bilangan Jakarta Utara.

Sementara pengakuannya diragukan sebagian warganet, ada satu yang dinilai tulus, yakni mimpi Putri bertemu anaknya. Menurut laporan kanal Regional Liputan6.com, perempuan yang kini berusia 42 tahun itu mengaku sudah pernah menikah dua kali.

Suami pertamanya dikabarkan meninggal dunia akibat terlibat perkelahian saat menolong keluarganya. Sedangkan, suami kedua sedang dalam proses perceraian, sehingga Putri hanya tinggal sendiri di rumah terbengkalai di Jalan Mayang Sari III, RT 014/015 Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Dari pernikahan pertamanya, ia memiliki seorang anak. Namun, anak tersebut disebut sudah diangkat keluarga lain. Putri mengungkapkan keinginan bertemu anaknya bila ada kesempatan. Ia pun yakin suatu saat nanti ia bisa bertemu anaknya. 

Mengutip video berjudul "Stay Cam Pasang CCTV di Rumah Mba Putri" di kanal YouTube Echa Yosia Official, Selasa, 25 Juli 2023, mantan model itu tinggal sendirian di rumah terkesan angker, terutama di malam hari. Rumah itu ditempati Putri karena jadi warisan dari orangtua angkatnya sejak 1979.

Menurut Putri, sebelum berdiam di rumahnya sekarang, ia pernah tinggal di Amerika Serikat (AS) untuk meneruskan pendidikan. Mengenai pendidikan, Diah Risti Kusuma Putri mengaku pernah kuliah di salah satu universitas swasta di Jakarta.

2 dari 4 halaman

Sarjana dan Terima Beasiswa

Diah Risti Kusuma Putri mengaku mendapat gelar sarjana dan beasiswa. Namun saat berkuliah, Putri tidak mengikuti wisuda karena ia langsung kabur. "Pernah di Atma. Cuma study case, tapi wisudanya enggak ikutan, langsung kabur karena ada beasiswa lagi," ujar dia.

Tidak hanya tinggal di AS, Putri juga mengaku sempat tinggal di Hokkaido, Jepang. Putri baru menempati rumah warisan orangtua angkatnya itu pada 2016. "Baru tinggal di sini lagi sekitar tujuh tahun lalu lah," ungkapnya. Kondisi rumah yang ditempati Putri sangat jauh dari layak.

Ia menceritakan bagaimana dahulu hidup mewah sebelum akhirnya tinggal sendiri seperti sekarang. Putri mengaku telah aktif jadi model sejak masih sekolah dasar. Ia sering mengikuti lomba-lomba di mal sampai mendapatkan hadiah beberapa juta rupiah saat itu.

Ia kini sudah tidak punya penghasilan. Saat ini, Putri menyambung hidup dengan sumbangan makanan dari masyarakat, serta beberapa kreator konten yang mengunjunginya. Adapun pakaian yang ia gunakan adalah pakaian yang sudah dimiliki sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Dimanfaatkan Orang Tidak Bertanggung Jawab

Mengutip Merdeka.com, Ramlah Harahap, mantan Ketua RT di lingkungan rumah Diah Risti Kusuma Putri, menyebut bahwa perempuan itu tengah depresi. Diceritakan bahwa warga sempat memergoki sekumpulan remaja di rumah Putri. Dari hasil penelusuran, warga menduga para remaja memanfaatkan kondisi Putri.

Mereka disebut membayar uang puluhan ribu rupiah atau memberi rokok pada Putri sehingga bisa memasuki rumahnya, diduga untuk berhubungan seksual. Di sisi lain, kondisi Putri membuat Boy, salah seorang konten kreator, ingin membantu. Boy awalnya melihat Putri secara langsung dengan pakaian tidak terurus.

"Awalnya saya ngelihat Putri ini jalan dengan pakaian compang-camping tidak terurus. Akhirnya saya cari tahu ternyata kehidupannya miris, tinggal di rumah yang enggak layak gini," ujar Boy ditemui wartawan di lokasi, Senin, 24 Juli 2023.

Dari sana, Boy terketuk mengajak rekan-rekan kreator konten yang tergabung dalam "Creator Bersatu" untuk menggalang dana demi merenovasi rumah Putri yang sebenarnya sudah tidak layak huni, dengan sebagian bangunan sudah tidak beratap. 

4 dari 4 halaman

Upaya Mengubah Nasib Putri

Proses awal perataan bangunan dibantu petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Senin, 25 Juli 2023. "Sekarang, dirobuhin dulu, nanti baru kita bangun ulang rumahnya," ujar Boy.

Menurut pantauan merdeka.com di lokasi, dinding dan atap bagian belakang rumah Putri sudah dirubuhkan. Rumput dan ilalang pekarangan rumah pun sudah dibersihkan untuk persiapan pembangunan nantinya.

Ke depan, rumah Putri akan dibangun pada bagian sisi belakangnya saja yang dikhususkan untuk dirinya seorang. Setelah itu, pekarangan halaman depan rumah ditujukan untuk lapangan parkir yang bisa jadi pemasukan Putri.

Rencana itu diharapkan bisa membantu kehidupan dan perekonomian Putri di kemudian hari. Namun, Boy masih belum mengetahui biaya pasti yang diperlukan untuk merenovasi rumah Putri. Pasalnya, menurut Boy, proses penggalangan dana dan bantuan masih berlangsung melalui akun Instagram @echayosia selaku anggota Creator Bersatu.

"Yang penting sekarang kalau ada yang mau membantu, bisa langsung kirim aja ke alamat rumah Putri atau kalau bisa hubungi kami," ujar dia.

Video Terkini