Sukses

Tugas Putri Ariani Jelang Live Show America's Got Talent 2023, Jadi Duta Damai Kehormatan hingga Duta Seni Indonesia

Jelang mengikuti babak lanjutan America's Got Talent 2023 di Amerika Serikat, Putri Ariani telah menghadiri beragam agenda di Indonesia. Tak hanya bertemu sederet tokoh negeri, Putri Ariani juga dinobatkan sebagai duta oleh beberapa kementerian/lembaga.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang mengikuti babak lanjutan America's Got Talent 2023 di Amerika Serikat (AS), Putri Ariani telah menghadiri beragam agenda di Indonesia. Tak hanya bertemu sederet tokoh negeri, Putri Ariani juga dinobatkan jadi duta oleh beberapa kementerian/lembaga.

Baru-baru ini, Putri diapresiasi jadi Duta Damai Kehormatan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Momentum ini diabadikan Putri dalam unggahan di akun Instagram pribadinya.

"Alhamdulillah. Terima kasih banyak atas apresiasi yang menjadikan Putri sebagai Duta Damai Kehormatan dari BNPTRI @bnptri. Semoga Putri bisa memberikan kontribusi untuk Indonesia damai dan harmonis dengan semangat pancasila dan Bhineka Tunggal Ika," demikian bunyi keterangan unggahan Putri pada Minggu, 30 Juli 2023.

Ia menambahkan, "Mari kita wujudkan Indonesia damai, Indonesia tanpa kekerasan, dan Indonesia harmoni."

Selain itu, Putri juga dinobatkan sebagai Duta Seni Indonesia oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ia pun mengungkap rasa bahagia dan bersyukur melalui unggahan pada Sabtu, 29 Juli 2023.

"Alhamdulillah. Terima kasih atas apresiasi pada Putri dari MUI @muipusat yang telah menjadikan Putri sebagai Duta seni Indonesia. Hal ini menambah semangat Putri untuk berkarya lebih baik dan semoga apa yang telah putri peroleh juga menjadi semangat buat teman - teman semua... luv u all❤❤❤," tulisnya.

Dalam unggahan itu, tampak Putri menyalimi tangan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Peraih Golden Buzzer America's Got Talent 2023 ini tampil anggun dalam balutan busana rancangan Tiffany Liem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Duta Kekayaan Intelektual 2023

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pun menunjuk Putri Ariani sebagai Duta Kekayaan Intelektual 2023. Perempuan bernama lengkap Ariani Nismaputri itu jadi mitra Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham untuk mempromosikan pentingnya perlindungan dan pemanfaatan kekayaan intelektual (KI) pada masyarakat, terutama anak muda, dikutip dari Antara, Selasa, 20 Juni 2023.

"Harapannya agar ananda Putri dapat melakukan promosi, sosialisasi, dan edukasi kekayaan intelektual sehingga menginspirasi anak-anak bangsa untuk terpacu mengembangkan bakat, terus berkarya menggunakan kekayaan intelektual, memberdayakan kreativitas secara positif, dan berusaha secara kompetitif, serta meraihnya secara sportif," ujar Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Selain itu, Yasonna juga menganugerahkan apresiasi setinggi-tingginya pada Putri dan kedua orangtuanya. "Putri Ariani telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata internasional. Oleh karena itu, saya memberikan apresiasi yang tinggi atas talenta luar biasa Putri, serta kedua orangtuanya, yaitu Ismawan Kurnianto dan Reni Alfianty."

3 dari 4 halaman

Bentuk Apresiasi

Apresiasi yang diberikan Yasonna berupa pemberian piagam dan surat pencatatan hak cipta atas dua lagu Putri Ariani berjudul Loneliness dan Permata Indah Dunia. "Surat pencatatan ini penting karena sebagai bukti awal kepemilikan karya sehingga apabila suatu saat terjadi sengketa, sudah jelas dokumen legalnya bahwa kedua lagu ini adalah milik Putri," katanya.

Yasonna menambahkan, perlindungan hak cipta sendiri sebetulnya bersifat deklaratif, yaitu otomatis begitu karya dipublikasikan. Ia menuturkan, pengumpulan royalti untuk pencipta lagu dan performer lagu telah memiliki aturan dan sistem melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Yasonna mendorong LMKN senantiasa memperluas dan memperat kerja sama dengan musisi, baik di pusat dan daerah-daerah di Indonesia agar pengumpulan dan distribusi royalti di Indonesia dapat memberi kesejahteraan pada musisi. Sementara itu, Kemenkumham melalui DJKI secara aktif turun ke berbagai daerah di Indonesia untuk sosialisasi kekayaan intelektual melalui beberapa program, yakni Mobile IP Clinic, IP and Tourism, seminar IP Talks. 

4 dari 4 halaman

Putri Ariani di Panggung AGT 2023

Sebelumnya, Putri Ariani unjuk bakat bermusiknya di panggung AGT 2023. Aksi Putri diabadikan dalam cuplikan tayangan yang dibagikan dalam kanal YouTube resmi acara ini pada 7 Juni 2023.

Di awal video, musisi muda yang sebelumnya menjuarai Indonesia's Got Talent pada 2014 ini terlihat ceria, termasuk saat memperkenalkan diri. Putri , yang sudah menelurkan lagu sendiri bertajuk Loneliness, kemudian membawakan karyanya tersebut di hadapan hadirin dan dewan juri sambil memainkan piano.

Begitu ia menampilkan suara merdunya, penonton dan dewan juri terhenyak. "Oh my gosh," kata seorang penonton perempuan, merespons penampilan Putri. "That's amazing," lanjut yang lain.

Usai penampilan Putri membawakan Loneliness. sambutan riuh menggema. Simon Cowell sebagai salah satu juri bahkan langsung naik ke atas panggung dan memintanya menyanyikan satu lagu lain.

Tantangan ini dijawab Putri dengan membawakan lagu Sorry Seems to Be the Hardest Word. Tepuk tangan kembali bergemuruh untuknya, hadirin dan dewan juri serempak memberi standing ovation. Bahkan pada akhirnya, Cowell memberikannya Golden Buzzer, yang membuatnya otomatis lolos ke babak selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.