Sukses

RIIZE, Grup Baru SM Entertainment yang Tersandung Skandal Foto Masa Lalu dan Kasus Dugaan Perundungan

RIIZE merupakan grup K-pop baru beranggotakan tujuh orang dari SM Entertainment akan debut pada September 2023. Sayangnya sebelum debut, grup itu sudah menuai kontroversi karena tersandung skandal dugaan perundungan.

Liputan6.com, Jakarta - SM Entertainment mengumumkan debut boy group baru bernama RIIZE pada September 2023. Sayangnya sebelum debut, grup beranggotakan tujuh personel ini sudah menuai kontroversi.

Mengutip KBIZoom, Selasa (1/8/2023), rumor melibatkan dua member RIIZE: Sohee dan Wonbin, karena sebuah tweet pada 2020. Saat itu, kicauan yang dimaksud mengungkap foto tiga trainee SM yang diduga sebagai anggota baru NCT saat menghadiri pernikahan seorang anggota staf agensi tersebut.

Meski mereka semua memakai masker, pria yang memakai beanie disebut-sebut sebagai Wonbin. Saat itu, seorang warganet mengaku pernah bersekolah di sekolah yang sama dengan Wonbin, menuduh bahwa ia adalah seorang perundung di masa lalu dan berharap ia tidak akan debut di NCT.

Personel RIIZE lain, Sohee, juga menemukan dirinya terlibat dalam skandal ketika foto-foto masa lalunya bocor. Sederet potret memperlihatkan keterkaitannya dengan bar yang terkenal sebagai tempat orang-orang pergi menjemput gadis dan menemukan friend with benefit.

Tuduhan ini menimbulkan kekhawatiran tentang kesesuaian Sohee dan Wonbin RIIZE untuk citra idola, bahkan dampaknya terhadap reputasi grup menjelang debut. Dua personel RIIZE ini masing-masing lahir pada 2002 dan 2003.

Wonbin dan Sohee RIIZE secara resmi diperkenalkan SM pada 31 Juli 2023 sebagai anggota "boy group mendatang yang sangat dinanti-nantikan." Terkait dugaan tersebut, SM belum menanggapi rumor tentang Wonbin dan Sohee. Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com per Selasa (1/8/2023), SM Entertainment pun menjelaskan filosofi dari nama grup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Nama RIIZE

Dijelaskan bahwa RIIZE adalah kombinasi dari kata "RISE" and "REALIZE," yang berarti grup yang akan bangkit dan mewujudkan impian mereka bersama. Genre musik grup ini ikut digambarkan sebagai "emotional pop."

SM Entertainment mengungkap bahwa RIIZE bakal digawangi tujuh anggota terbaik secara visual dan talenta. Masing-masing mereka memiliki ciri khas tersendiri.

"Para anggota, yang masing-masing punya karakteristik dan kekuatan unik mereka sendiri, akan memulai debut sebagai satu tim, di mana mereka akan menorehkan babak baru dalam sejarah musik," keterangan dari pihak agensi dikutip dari Soompi.

RIIZE menandai grup baru pertama SM Entertainment sejak debut aespa pada 2020. Grup ini telah meluncurkan akun Instagram resmi pada 1 Agustus 2023. Sampai aktikel ini ditulis, akun Instagram grup tersebut telah mencatat 527 ribu pengikut.

Setelah debut, RIIZE sepertinya akan datang ke Indonesia dalam rombongan "SMTOWN Live 2023" SMCU Palace yang akan berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta, 23 September 2023. Itu disampaikan dalam pengumuman line-up artis yang akan memeriahkan acara tersebut.

3 dari 4 halaman

RIIZE Bakal Datang ke Indonesia

Di keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, disebutkan artis yang bakal tergabung dalam konser tersebt adalah TVXQ, Super Junior, Red Velvet, NCT 127, NCT DREAM, WayV, aespa, dan boy group baru dari SM yang memulai debut pada September 2023.

Karena petunjuk di akhir line-up, banyak warganet memprediksi bahwa yang SM maksud adalah RIIZE. Pengumuman debut grup itu langsung jadi trending topic dan penggemar musik K-Pop tak sabar menanti kehadiran grup tersebut.

"Saya senang dan bersemangat akhirnya mereka bisa mewujudkan impian mereka 7 elite boys. Saya tidak ragu bahwa SM TAHU CARA MENCARI TRAINEE YANG BAIK UNTUK DEBUT," kata salah satu warganet.

"Meski saya sebagian menyukai musik NCT, saya harap SM membedakan musik grup baru dari musik noise. I mean come on we need a break," komentar yang lainnya.

4 dari 4 halaman

Daftar Anggota RIIZE

Lebih lanjut dalam laporan tersebut, SM Entertainment mengungkap bahwa RIIZE terdiri dari tujuh anggota, antara lain: Shotaro, Eunseok, Sungchan, Won Bin, Seung Han, So Hee, dan Anton. Berikut adalah nama lengkap, umur, dan profil dari anggota boy grup baru SM RIIZE, menurut akun Instagram resmi mereka.

1. Shotaro

Mengundurkan diri dari NCT pada Mei 2023, Shotaro kini debut sebagai salah satu member tertua RIIZE.

2. Eunseok

Salah satu rookie SM paling populer di tahun 2022, Eunseok, akhirnya berhasil masuk ke industri K-pop. Dengan julukan "Silver Stone," Eunseok kini debut sebagai salah satu anggota hyung-line RIIZE bersama Shotaro.

3. Sungchan

Mirip dengan Shotaro, penggemar mungkin memperhatikan Sungchan sebagai mantan anggota NCT. Ia kini debut sebagai salah satu anggota RIIZE dengan julukan "Jinsu."

4. Wonbin 

Won Bin, juga dikenal sebagai Wonbin, adalah salah satu anggota RIIZE yang paling misterius. Tidak banyak informasi yang tersedia tentang dirinya, selain visualnya yang tajam.

5. Seung Han

Bersama Eunseok, Seunghan juga merupakan salah satu pendatang baru paling populer di SM Entertainment. 

6. Sohee 

Anda mungkin mengenali namanya seperti yang biasa digunakan sebagai nama wanita, termasuk aktris papan atas Korea Selatan Han So Hee. Namun, sebagai salah satu anggota RIIZE yang paling berbakat, Sohee akan segera terbukti layak dan naik ke puncak artis brilian Korea Selatan.

7. Anton

Terakhir, anggota terakhir RIIZE adalah Anton. Kabarnya, maknae RIIZE, Anton, adalah anak dari produser terkenal Korea Yoon Sang. Dengan visual yang memukau, Anton diperkirakan akan tumbuh menjadi salah satu artis K-pop paling brilian.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.