Sukses

Iriana Jokowi Gandeng Tangan Paspampres Warganet Sebut Mirip Ibu dan Anak

Cara Iriana Jokowi menggenggam tangan Paspampres mengesankan seperti seorang ibu menggandeng anaknya. Hal tersebut ternyata membuat publik merasa sangat dekat dengan Iriana.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu belakangan, Iriana Jokowi kerap menjadi sorotan publik saat mendampingi sang suami, Presiden Jokowi (Joko Widodo) dalam berbagai acara. Kegiatan Jokowi memang sedang padat dan Iriana selalu setia mendampinginya.

Yang terbaru, ibu tiga anak itu jadi viral karena menggandeng tangan Pasukan Pengamanan Presiden alias Paspampres yang setia mendampingi. Sosok Iriana Jokowi memang dikenal dengan penampilan dan sikap yang sederhana, seperti kebanyakan ibu rumah tangga di Indonesia. Hal tersebut ternyata membuat publik merasa sangat dekat dengan Iriana meski dia adalah seorang ibu negara.

Kesederhanaan Iriana juga sangat terlihat saat dia berjalan sembari menggenggam tangan Paspampres baru-baru ini. Cara Iriana menggenggam tangan Paspampres itu mengesankan seorang ibu menggandeng anaknya.

Momen itu berhasil terekam oleh pemilik akun TikTok @beritadesatv yang langsung viral di media sosial. "Perhatikan, beliau (Iriana) sangat sederhana seperti bukan ibu negara," tulis akun tersebut pada Minggu, 30 Juli 2023.

Dalam video itu, Iriana Jokowi terlihat menggunakan blus berwarna putih dengan hijab ungu muda. Kemudian di sampingnya tampak seorang Paspampres wanita yang tangannya dipegang langsung oleh Iriana.

Iriana itu terlihat berjalan dengan hati-hati sembari tersenyum menyambut sorak-sorai dari orang-orang yang berada di sekitarnya. Namun, tidak ada informasi mengenai di mana dan kapan momen tersebut direkam. "Tangan paspamres dipegang ibu Iriana seperti ibu dan anak," tulis akun tersebut dalam keterangannya.

Video berdurasi 29 detik itu langsung viral di TikTok. Sampai berita ini ditulis video tersebut sudah dilihat lebih dari 1,1 juta kali dan mendapatkan lebih dari 1.092 komentar.

"Tak ada bedanya penampilan sebagai ibu rumah tangga dengan ibu negara, tetap sederhana. Senyum, ramah dan santun menunjukan wanita Indonesia yang sesungguhnya," puji seorang warganet.

2 dari 4 halaman

Paspampres Terkesan Diamankan Iriana

"Bukan hanya ibu negara, (Iriana) juga ibu panutan yang patut dianut sikap nyah," komentar warganet lainnya.

"Jadi seeprti paspampres nya yg diamankan," timpal warganet lainnya.

Saat mendampingi Presiden Jokowi ke China, Iriana juga mendapat pujian dari warganet.  Jokowi berkunjung untuk pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok, Xi Jinping. Jokowi dan Iriana tiba di Bandar Udara Internasional Tianfu Chengdu pada Kamis siang, 27 Juli 2023.

Usai menempuh penerbangan sekitar lima jam, Jokowi dan rombongan tiba di bandara disambut hujan gerimis. Jokowi pun memayungi Iriana ketika hendak turun dari pesawat. Melansir kanal Health Liputan6.com, Presiden dan Ibu Negara kemudian disambut Menteri Pendidikan China, Huai Jinpeng; Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang dan istri; dan Gubernur Provinsi Sichuan, Huangqiang.

Sebelumnya, Jokowi dan Iriana diberikan bunga tangan oleh dua orang bocah laki-laki dan perempuan. Momen tidak terduga terjadi ketika Iriana Jokowi refleks mengusap wajah bocah laki-laki yang memberikan bunga untuknya. Wajah dan baju bocah laki-laki itu tampak basah kuyup karena kehujanan.

Video Iriana Jokowi mengusap wajah dan bocah laki-laki yang kehujanan di China kemudian viral di Twitter juga menjadi konten FYP (for your page) usai diunggah akun @SandalJepitPutus. Ibu dari Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep tuai beragam pujian yang diberikan oleh warganet TikTok.

3 dari 4 halaman

Iriana Jokowi di China

"Lihat muka anak cowoknya kayak langsung terharu banget," tulis seorang warganet.  "Refleksnya seorang ibu memang begitu," tulis warganet lainnya.

Potret terkait kunjungan itu juga diunggah oleh akun Instagram resmi Presiden Jokowi yang memperlihatkan pertemuan antara Iriana dengan Peng Liyuan, istri Presiden China. Pertemuan dilakukan di Hotel Jinniu di Kota Chengdu, RRT, Kamis sore 27 Juli 2023 waktu setempat.

Di keterangan foto Presiden Jokowi menulis, "Saat saya dan Presiden Xi Jinping menggelar pertemuan bilateral, di ruang yang lain Ibu Negara menerima jamuan minum teh bersama Madam Peng Liyuan."

Keterangan juga mengungkap kedatangan Jokowi dan istri disambut dengan penuh keramahan. Madam Peng menunjukkan dan menjelaskan sejumlah koleksi guci dan kain yang ditampilkan di hotel itu.

Madam Peng juga memperlihatkan kegiatan meracik teh hijau, bahkan mengajak  Ibu Negara melukis di mangkuk teh. Dalam potret yang terdiri dari beberapa slide foto yang menunjukkan sisi anggun kedua ibu negara tersebut.

4 dari 4 halaman

Tampilan Sederhana Iriana

Sedangkan Iriana tampil anggun menggunakan tunik berwarna krem dengan potongan leher tinggi serta detail layering yang dilengkapi renda cantik. Padanan busananya semakin menawan berkat dandanan sederhana serta tambahan aksesoris anting mungil dan tas tangan berwarna hitam. Di momen ini Iriana tak tampak memakai barang bermerek yang mencolok seperti dalam penampilan sebelumnya.

Tak kalah anggun, Peng Liyuan ternyata memakai busana yang warnanya serasi dengan milik Iriana. Dalam balutan gaun midi yang memiliki detail potongan belt di pinggang, serta rempel kecil untuk bagian rok, Ibu Negara Tiongkok tersebut juga tampil simpel dan menawan.

Tatanan rambut Peng Liyuan sedikit berbeda dari iriana yang hanya dicepol. Ia sedikit memberikan sentuhan poni depan yang agak menyamping lalu sanggulnya tampak sedikit tinggi. Mengutip laman Sekretariat Negara, disebutkan bahwa momen hangat dalam pertemuan akrab itu berlangsung sekitar 30 menit.

Setelahnya, Iriana bersama Madam Peng melanjutkan kegiatan untuk menghadiri makan malam bersama Jokowi dan XI Jinping. Di kegiatan tersebut, Iriana juga didampingi istri Duta Besar RI Beijing Sih Elsiwi Handayani Oratmangun. Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi dan Iriana tiba China tepatnya di Chengdu pada 27 Juli 2023.

Video Terkini