Sukses

Sosok Min Hee Jin Si Tangan Ajaib, Produser NewJeans yang Garap Album Solo Perdana V BTS

V BTS kini tengah mempersiapkan perilisan album solonya bersama Min Hee Jin yang merupakan CEO ADOR. Min Hee Jin sebelumnya sukses mengorbitkan NewJeans dan sejumlah penyanyi top Korea lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Min Hee Jin sedang banyak dibicarakan para penggemar K-Pop setelah diketahui menjadi produser album solo terbaru V BTS. V BTS kini tengah mempersiapkan perilisan album solonya dengan Min Hee Jin yang merupakan CEO ADOR.

Melansir Soompi dan berbagai sumber lainnya, Rabu (2/8/2023), kesuksesan NewJeans tidak luput dari kerja keras Min Hee Jin. Grup yang beranggotakan Hyein, Haerin, Hanni, Minji, dan Danielle tersebut, namanya sedang naik daun saat ini berkat konsep unik, serta lagu-lagu mereka yang easy listening seperti Attention, Hype Boy, Ditto, dan yang terbaru, OMG.

Baru setahun debut, NewJeans telah menuai berbagai pencapaian luar biasa dan membuat sejarah baru dalam industri K-Pop. Sebelum ‘membidani’ NewJeans, nama Min Hee Jin telah dikenal lebih dulu sebagai "si tangan ajaib" dari SM Entertainment, yang telah melahirkan berbagai karya luar biasa untuk Girl's Generation, SHINee, EXO, f(x), Red Velvet, hingga NCT.

Awalnya, Min Hee Jin bergabung dengan SM Entertainment pada 2002 sebagai seorang desainer grafis. Berkat kemampuan dan ide briliannya, Min Hee Jin lalu didapuk sebagai direktur kreatif yang berperan dalam mengurus visual branding grup-grup SM Entertainment.

Sebagian kecil karyanya yang ikonis adalah album Genie dari Girl's Generation, Sherlock dari SHINee, 4 Walls milik f(x), dan Exodus milik EXO. Selama bekerja di SM Entertainment, Min Hee Jin berhasil membawa pulang piala MNet Asia Music Awards (MAMA) 2016, kategori Best Visual and Art Director.

2 dari 4 halaman

Kiprah Min Hee Jin di SM Entertainment

Setelah bekerja kurang lebih 17 tahun di SM Entertainment, Min Hee Jin memutuskan untuk mengundurkan diri. Wanita berusia 44 tahun ini sempat mengatakan kalau dirinya kelelahan mengikuti mobilitas kerja di SM yang harus memproduksi empat sampai lima album dalam sebulan.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada November 2021, Min Hee Jin ditunjuk oleh HYBE Labels sebagai CEO dari anak perusahaan mereka, ADOR Entertainment. Selang setahun kemudian, ADOR Entertainment mengorbitkan 'anak' pertama mereka, NewJeans, yang langsung menarik perhatian di seluruh dunia.

Min Hee Jin mengaku dengan posisinya sekarang sebagai CEO ADOR Entertainment, ia telah sepenuhnya siap untuk menggebrak perubahan dalam industri musik K-Pop. Dengan menghadapi berbagai tantangan baru, ia ingin menghadirkan berbagai konten artistik baru yang menampilkan filosofi unik ADOR.

Kabar terbarunya, menurut Bighit Music, Min Hee Jin akan memimpin keseluruhan produksi album V BTS termasuk musik, koreografi, desain dan promosi.

3 dari 4 halaman

Kolaborasi dengan V BTS

"Saya menerima tawaran pada akhir tahun lalu. Awalnya saya ragu-ragu karena jadwalnya, tapi saya tertarik dengan sikap dan semangat V serta nada suaranya," kata Min Hee Jin yang juga menggarap NewJeans, seperti melansir dari Soompi, dikutip dari kanal Citizen6 Liputan6.com, Rabu (2/8/2023).

Lebih lanjut Min Hee Jin mengatakan, "Kami menyiapkan musik yang mencerminkan preferensi V BTS sekaligus musik yang ingin saya rekomendasikan. Alih-alih gaya yang familiar, kami menempatkan fokus pada musik yang ingin kami buat dan musik yang bisa kami lakukan dengan baik. Kami sangat sibuk, tapi saya pikir produksi yang menarik muncul."

Sementara itu, V curhat mengenai perasaannya saat merilis album solonya. "Aku gugup tapi senang," ucap V.  Menurutnya, projek yang akan dirilisnya menjadi album yang menangkap seleranya.

"Akan ada banyak tontonan. Saya mempersiapkannya sambil berpikir bahwa ARMY akan senang, jadi saya harap kalian bisa mengantisipasinya. Saya pikir kalian akan bisa melihat sisi baru artis solo V yang berbeda dari V BTS," sambungnya. V sebelumnya telah merilis banyak lagu solo hit, di antaranya Stigma, Singularity, Inner Child, 4 OCLOCK, Scenery, Winter Bear, Blue&Grey, Snow Flower dan banyak lagi. 

4 dari 4 halaman

BTS Makin Mendunia

BTS kini telah menjadi boy grup paling populer yang pernah ada di dunia. BTS tercatat dalam sejarah sebagai grup K-Pop yang mengantongi penghargaan terbanyak tidak hanya di Korea tetapi juga di kancah internasional.

Grup ini telah memenangkan beberapa penghargaan Billboard Music sejak debutnya pada tahun 2013. Grup ini telah menikmati kesuksesan luar biasa tidak hanya di Korea tetapi juga di industri musik Amerika. Mereka telah memenangkan Penghargaan Musik Amerika beberapa kali.

Tak heran jika BTS memiliki penggemar di seluruh penjuru dunia. Dilansir Insider, BTS pertama kali dibentuk pada tahun 2010 oleh perusahaan manajemen mereka saat ini Big Hit Entertainment, sebuah perusahaan hiburan Korea Selatan. Perusahaan hiburan seperti Big Hit memiliki beberapa cara berbeda untuk merekrut beberapa bakat, baik itu online atau secara langsung.

Misalnya, Suga BTS yang ditemukan melalui audisi online pada musim gugur 2010. Sementara, Jungkook mengatakan kepada acara bincang-bincang Korea bahwa dia ditemukan oleh agensi bakat setelah mengikuti audisi untuk "Superstar K", acara Korea yang mirip dengan "American Idol".

 

Video Terkini