Sukses

Totalitas Luna Maya demi Dandanan Mirip Suzzanna di Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon

Luna Maya kembali berperan sebagai si Ratu Horor di film Suzzanna Malam Jumat Kliwon yang tayang di bioskop Rabu, 3 Agustus 2023. Sebelum waktu perilisan, wanita 39 tahun itu sempat membocorkan bagaimana totalitasnya berperan sebagai Suzzanna untuk kedua kalinya.

Liputan6.com, Jakarta - Luna Maya kembali berperan sebagai si Ratu Horor di film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon yang tayang di bioskop Kamis (3/8/2023). Sebelum waktu perilisan, perempuan 39 tahun itu sempat membocorkan bagaimana totalitasnya berperan sebagai Suzzanna untuk kedua kalinya.

Salah satunya dandanan Suzzanna agar dirinya benar-benar mirip si "Ratu Horor" aslinya. "Butuh waktu 4 jam setiap hari untuk make up selama shooting 54 hari," tulis Luna Maya di akun Instagram pribadinya, dikutip Kamis (3/8/2023).  

Dalam tayangan video timelapse video, Luna memperlihatkan tim makeup juga bekerja keras agar hasilnya maksimal. Bukan sekadar sapuan bedak, tapi wajahnya benar-benar dibentuk mirip Suzzanna termasuk alis, bentuk hidung, rahang, hingga tahi lalat ikoniknya.

Dari video itu juga nampak Luna dipakaikan rambut palsu yang ketebalan maupun ikalnya mirip dengan Suzzanna. Setelah selesai makeup, tim kreatif juga mengetes terlebih dulu tampilan makeup yang terlihat di kamera apakah sudah sesuai hingga syuting berlanjut.

FXDG studio, makeup artist yang mengerjakan makeup Luna Maya pun ikut mengunggah bagaimana prosesnya. "Film Indonesia tentang Suzzanna. Ini adalah film kedua di mana kami melakukan makeup prosthetic kepada aktris Luna Maya. Saya ingat suhu stabil di set +34 dan kelembaban 86," tulisnya di keterangan video. 

Tak sedikit warganet yang berkomentar dengan hasil makeup Luna Maya saat berperan sebagai Suzzana. "Makeup artistnya aja dari luar, pasti effort banget sih filmnya," tulis warganet.

"Totalitas yang ku nanti-nanti ini," sambung yang lain. 

"Makeupnya aja 4 jam haduh belum shootingnya, nggak kebayang lelahnya," cetus yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luna Maya Sewa Vocal Coach

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, Kamis (3/8/2023), tak hanya soal makeup, tentu gestur dan akting Luna Maya ikut diperhitungkan. Untuk itu Luna mengaku sudah menonton film-film Suzzanna demi memahami benar gaya berakting sang legenda film horor Indonesia itu.

Namun ternyata tak cukup sampai di situ, Luna juga sering berkonsultasi dan latihan dengan pelatih vokal. Tujuannya, agar paham tawa khas Suzzanna saat memerankan sundel bolong.

"Ada vocal coach juga, jadi, kita bareng-bareng nonton film Suzzanna, kebetulan ada ketawanya itu kita rekam," kata Luna Maya, seperti diwartakan Antara. 

Tawa Suzzanna ternyata bukan tawa biasa. Luna Maya mengaku sempat mengalami kesulitan menghidupkan kembali tawa yang ternyata punya banyak variasi. Seperti tertawa jahil, marah dan marah sekali. Ia membutuhkan waktu lama saat adegan tertawa.

Bahkan, Luna Maya mengalami sakit tenggorokan lantaran lengkingan tawanya yang harus dilakukan berulang-ulang. Walau sudah pernah memerankan Suzzanna di film Suzzanna: Bernapas dalam Kubur pada 2018, film kali ini menghadirkan tantangan baru untuknya.

"Karakternya agak berbeda, ya. Jadi, ini sesuatu yang baru, aku bener-bener kesulitan banget," sebut Luna.

3 dari 4 halaman

Gerakan Bibir Mirip Suzzanna

Bukan cuma soal tawa, mantan pacar Ariel Noah ini pun mesti menjaga gerak-gerik agar terlihat semirip mungkin dengan Suzzanna, mulai dari intonasi dan pelafalan, hingga gestur. Di film ini, ia juga mesti melawan rasa takutnya sendiri terhadap ular.

Pasalnya, penggunaan kecoa dalam film kemudian diganti menjadi hewan melata ini. Produser film Sunil Soraya mengungkapkan pemakaian kecoa untuk salah satu adegan menyulitkan para kru karena proses pembersihannya yang tidak mudah.

Oleh sebab itu, tim produksi sepakat menggantinya dengan ular karena lebih mudah dibersihkan dibandingkan kecoa. "Skenario aslinya itu kecoa. Yang harusnya scene pendek, namun, jadi dua hari syutingnya (gara-gara ular)," sebut Luna.

Film Suzzanna Malam Jumat Kliwon akan tayang secara serentak di bioskop Indonesia mulai Kamis (3/8/2023). Selain Luna Maya, film ini juga dibintangi oleh Achmad Megantara, Tyo Pakusadewo, Selly Marcelina, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Minim Gunakan CGI

Saat acara temu media, sang sutradara, Guntur Soeharjanto, mengatakan bahwa dalam film ini mereka minim penggunaan CGI. Oleh karena itu banyak adegan teknis dan sulit yang dilakukan aktor secara manual

Hal ini pun otomatis membuat Luna Maya harus keluarkan tenaga ekstra saat syuting beberapa adegan. Seperti scene tubuhnya terbalik yang dapat dilihat di uncut trailer filmnya.

"Thank God saya suka pilates dan yoga, perut saya cukup kenceng. Karena di adegan itu saya bener-bener dibalik pake sling, kaki saya di atas badan saya di bawah. Bener-bener jungkir balik, untungnya saya rutin olahraga jadi tahan," kata Luna.

Saat ditanyakan terkait pengalaman horor saat proses syuting, Luna Maya menceritakan momen yang agak misterius. "Lucu banget, ketawa aku disahut sama yang beneran. Serius, aku lagi take sama Megan di hutan pinus. Jadi aku lagi nunggu shot, terus aku kayak 'itu siapa sih yang ketawa?'. Trus pas dicek sama anak sound katanya 'kok suaranya kayak Suzzanna? Suzzanna ketawa? kan enggak ada scene ketawa". Persis kayak suara Suzzanna pas dia neror, haha itu kunti beneran kali," ujar Luna Maya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini