Sukses

5 Fakta Fabienne Nicole Groeneveld, Pemenang Miss Universe Indonesia 2023 yang Dijuluki Crazy Rich Surabaya

Fabienne Nicole Groeneveld mengungguli finalis Miss Universe Indonesia 2023 lainnya, termasuk Vina Anggi Sitorus yang jadi runner-up pertama, disusul Muthia Fatika Rachman sebagai runner-up kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Fabienne Nicole Groeneveld, finalis asal Jakarta yang berhasil menyisihkan 29 pesaing lain untuk memenangkan mahkota Miss Universe Indonesia 2023. Malam final kontes kecantikan itu berlangsung di Beach City International Stadium , Jakarta, Kamis, 3 Agustus 2023.

Fabrienne mengungguli finalis lain, termasuk Vina Anggi Sitorus yang jadi runner-up pertama, disusul Muthia Fatika Rachman sebagai runner-up kedua. Sementara, Angela Yovita Lillo dan Baby Kristami masing-masing merupakan runner-up ketiga dan keempat.

Jadi, siapa Fabienne Nicole Groeneveld yang merupakan pemenang Miss Universe Indonesia 2023? Berikut beberapa fakta tentangnya, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/8/2023).

Profil Fabienne

Fabienne tercatat sebagai perempuan kelahiran Spijkenisse, Belanda, 27 Desember 1999. Ia disebut mengenyam pendidikan di Universitas Pelita Harapan (Bachelor in International Business Management), dan lulus pada 2019. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di University of New South Wales (Master in Business Administration), dan Australian Graduate School of Management (AGSM), lulus pada 2021.

Pemenang Miss Global Indonesia 2018

Tidak asing dengan ajang kecantikan, Fabrienne memulai perjalanan kontesnya ketika meraih gelar Miss Global Indonesia 2018. Titel itu membuatnya jadi wakil Indonesia di ajang Miss Global 2018 yang berlangsung di Filipina. Saat itu, ia masuk Top 20, serta membawa pulang penghargaan Best in Evening Gown dan Miss Photogenic.

Crazy Rich Surabaya

Keikutsertaannya di kontes kecantikan pada 2018, membuat nama Fabienne Nicole Groeneveld juga beken di media sosial. Ia bahkan disebut-sebut sebagai salah satu Crazy Rich Surabaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Habiskan Rp2 Juta untuk Sekali Pesan Makan

Pada 2020 lalu, melalui tayangan video di kanal YouTube Majelis Lucu, komika asal Kota Surabaya Dono Pradana kedapatan mengobrol dengan Fabienne. Saat itu, Fabienne mengaku lebih suka menghabiskan waktu di apartemen daripada di rumah. "Kamu kalo tinggal di sini masak juga enggak sih? Masak sendiri gitu?" tanya Dono.

"Eh enggak sih kalau di sini biasanya pesen makanan," sahut Febienne. "Biasanya sih sekitar (Rp)dua-an (juta) buat rame-rame," jawab Febienne.

"Kayak pesen Kijang ya," sahut Dono

Aktif Kegiatan Sosial

Setelah berpartisipasi di ajang Miss Global 2018, Fabienne dilaporkan aktif di berbagai kegiatan sosial. Salah satunya, ia turut mengampanyekan Save the Animals, termasuk mendorong pengurangan penggunaan plastik sekali pakai yang telah jadi ancaman bagi biota laut selama bertahun-tahun. 

Fabienne juga bergabung di Surabaya Animal Care Community, bekerja sama dengan Dog Meat Free Indonesia, untuk menyerukan larangan perdagangan dan pemotongan anjing, serta konsumsi daging anjing di seluruh Indonesia.

3 dari 4 halaman

Miss Universe Indonesia 2023

Miss Universe Indonesia tahun ini diikuti 30 finalis dari berbagai daerah, yang kemudian dikurasi jadi 15 besar. Seleksi berlanjut jadi 11 besar, lalu TOP 5, sebelum pemenang mahkota Miss Universe Indonesia 2023 diumumkan.

Di sesi tanya jawab terakhir, yang potongan klipnya sekarang jadi sorotan online, Fabienne Nicole Groeneveld, membahas peran teknologi dalam kehidupan masyarakat sekarang. Ia berkata, "Teknologi sangat membantu kita dalam komunikasi. (Dengan) bertanggung jawab dalam memanfaatkannya, saya percaya tekonologi dapat jadi kekuatan kebaikan yang bisa diberdayakan, menginspirasi, dan menghubungkan orang-orang dari jauh (secara jarak)."

"Saya percaya dengan kekuatan teknologi, manusia pada akhirnya bisa terhubung dengan hati. Terima kasih," ucap dia.

Jawaban itu kiranya yang mengantarkan Fabienne jadi pemenang Miss Universe 2023. Selain meraih titel utama, model ini juga mendapat penghargaan Miss Confidently Beautiful di babak penyisihan. Ia sekarang akan bersiap mewakili Indonesia di ajang  Miss Universe 2023 yang akan berlangsung di El Salvador pada November 2023.

4 dari 4 halaman

Kali Pertama Setelah Berganti Pemegang Lisensi

Kompetisi tahun ini merupakan edisi pertama di bawah direktur nasional baru Poppy Capella. Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel hadir sebagai jadi tamu istimewa dan menyerahkan mahkota Shimmering Hope pada pemenang di akhir acara.

Di keterangan sebelumnya, PT Capella Swastika Karya disebut resmi jadi pemegang lisensi Miss Universe Indonesia yang baru. CEO-nya, Poppy Capella, mengatakan bahwa penyerahannya dilakukan melalui surat resmi penunjukkan dari JKN Global Group, pemilik lisensi organisasi Miss Universe, pada Rabu, 8 Februari 2023.

"Prosesnya dimulai dengan pencarian dan seleksi ketat para talent yang memegang visi yang sama untuk kontes kecantikan, yakni kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan perempuan. Setelah melalui beberapa proses, the-A-team untuk Miss Universe Indonesia terbentuk," katanya melalui pesan pada Liputan6.com, 10 Februari 2023.

Terkait citra seperti apa yang ingin dibangun Miss Universe Indonesia di bawah kepemimpinannya, Poppy menyebut, "Saya yakin, ini saatnya kaum milenial untuk bersinar, dan saya ingin mewakili perempuan milenial di Indonesia untuk semakin maju, bisa memimpin, dan membawa perubahan."

"Perubahan itu terasa susah di awal, namun saya percaya perubahan itu diperlukan untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi," tuturnya. "Untuk Miss Universe Indonesia (pihaknya akan) menentukan standar baru yang next level bagi wakil Indonesia di ajang kecantikan internasional."

Poppy menyambung bahwa PT Capella Swastika Karya akan memegang lisensi Miss Universe Indonesia setidaknya sampai empat tahun ke depan, sesuai perjanjian yang sudah disetujui bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini