Sukses

Mengenal Bidara Laut, Salah Satu Tanaman Herbal untuk Jamu Bersalin Racikan Madura

Bidara laut atau dalam bahasa arab dikenal dengan sidr ini merupakan tanaman yang berasal dari Arab. Khasiat tanaman herbal ini sering dijadikan bahan untuk membuat jamu, salah satunya jamu persalinan.

Liputan6.com, Jakarta - Bidara laut dalam bahasa arab dikenal dengan sidr ini merupakan tanaman yang berasal dari Arab. Khasiat tanaman herbal ini sering dijadikan bahan untuk membuat jamu, salah satunya jamu bersalin.

Mengutip dari jurnal "Kajian Etnobotani dalam Tradisi Minum Jamu Madura: Jamu Khusus Kesehatan Ibu dan Anak" Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Sabtu, 5 Agustus 2023, terdapat racikan jamu bersalin yang memasukkan bidara laut di dalamnya.

Bahan jamu bersalin tersebut meliputi daun sirih, kunir, temu ireng, kunci pepet, bengle, kayu pucuk, kayu senlok, kencur, cengkeh, pala, adas, kayu dlembok, paka, jeruk purut, manis jangan, jintan hitam, kencur, kunir, temu giring, bengle, krangehan, daun kemukus, brotowali, widoro laut atau bidara laut, babakan pule, temulawak, dan madu. 

Bidara laut memiliki pohon kecil dengan daun yang hijau. Tanaman obat ini merupakan penghasil buah yang tumbuh di daerah tropis serta Asia Barat dan dapat tumbuh di lembah-lembah sampai ketinggian 500 mdpl.

Terdapat beberapa jenis bidara yang banyak dikenal masyarakat yaitu Bidara Upas, Bidara Laut, Bidara Cina, Putsa atau Apel India dan Bidara Arab atau Sidr. Namun, kebanyakan orang bertanya, manakah yang memiliki khasiat sekaligus daunnya dapat digunakan. 

Tanaman bidara laut dengan nama latin Ziziphus mauritiana L. memiliki beragamnama di masing-masing daerah seperti widara (Sunda, Jawa), bukol (Madura), bekul (Bali), ko (Sawu), kok (Rote), kon (Timur Leste), bedara (Alor), bidara (Makasar, Bugis), rangga (Bima), serta kalangga (Sumba). 

 

2 dari 4 halaman

Khasiat Bidara Laut

Mengutip dari laman Mongabay, Sabtu, 5 Agustus 2023, dalam buku Flora, 2005, Van Steenis mengatakan, bidara banyak memiliki kegunaan. Secara tradisional tanaman ini sebagai tonik.

Bijinya memiliki efek sedatif dapat menjadi obat tidur. Ia juga bisa untuk menghentikan mual, muntah dan meredakan nyeri dalam kehamilan serta penyembuhan luka. Daun bidara untuk mengobati diare, penurun panas dan antiobesitas.

Sharma, G.N. dan A. Gaur di buku Ziziphus mauritiana Lam-An Overview di Indo American Journal of Pharmaceutical Research memaparkan, dekoksi (ekstraksi sederhana dengan pelarut air) dari akar bidara untuk mengobati demam, dan serbuk untuk luka dan tukak. Sementara bagian kulit batang bisa diracik untuk mengatasi diare dan bisul. 

Tim peneliti dari Departemen Biokimia Universitas Rashtrasant Tukdoji Maharaj Nagpur, Maharashtra, India, meneliti, jika Ziziphus memiliki senyawa bioaktif, untuk penggunaan tradisional dan kepentingan obat. Ekstrak metanol tumbuhan ini memiliki kandungan antibakteri terbesar terhadap Staphylicoccus aureus.

Temuan penelitian ini menandakan ekstrak kulit batang Ziziphus dapat diandalkan sebagai sumber obat farmasi alami dengan potensi antibakteri.

 

3 dari 4 halaman

Jamu Madura untuk Kesehatan Ibu dan Anak

Jamu madura dengan khasiat untuk kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu yang paling terkenal. Mengutip dari buku Kaerifan Lokal Orang Madura, Jamu untuk Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak, Rabu, 19 Juli 2023, mengonsumsi rutin jamu tradisional dibedakan berdasarkan fase kehidupan seseorang atau siklus pertumbuhan dan perkembangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Jenis jamu untuk anak, seperti jamu sinom atau kunir asem yang mengatasi batuk, nafsu makan, dan perut kembung. Ketika remaja dan dewasa seorang perempuan akan mengonsumsi jamu galian putri atau sehat wanita.

Sedangkan setelah menikah hampir sama hanya ada tambahan jamu penyubur kandungan dan jamu perawatan kehamilan. Selanjutnya setelah melahirkan para wanita bisa minum jamu bersalin lengkap antara lain jamu pejje, empot-empot, galian rapet, cebokan, parem bawah dan atas. Jamu untuk memperlancar persalinan tersebut digunakan oleh ibu yang melahirkan supaya tetap sehat dan tubuh bisa kembali bugar.

4 dari 4 halaman

Daun Beluntas untuk Memperlancar Persalinan

Jamu yang diminum adalah racikan dari bahan seperti daun-daunan seperti beluntas, kesembuan, jebbeu, kepak tana, daun mengkudu, meniran, hingga daun kates. Daun-daunan ini ditumbuk halus kemudian dicampur dengan serbuk jamu yang terdiri dari temulawak, kunyit, kunci, temu ireng dan temu putih. 

Jamu dari daun-daunan tersebut dimaksudkan untuk melancarkan keluarnya air asi. Di samping itu juga harus memperbanyak makan sayur-sayuran hijau.

Salah satu bahan Jamu Madura untuk persalinan adalah daun beluntas. Mengutip kanal Hot Liputan6.com, Rabu, 19 Juli 2023, khasiat daun beluntas untuk rahim dapat dimanfaatkan para wanita. Daun beluntas atau dikenal nama latin pluchea indica merupakan tumbuhan semak yang tumbuh liar di daerah tropis. Tumbuhan ini banyak ditanam di pekarangan rumah sebagai pagar alami.

Tak cuma mempercantik pekarangan, daun beluntas juga terkenal akan khasiat kesehatannya. Daun beluntas biasanya bermanfaat sebagai obat herbal dalam bentuk minuman, ekstrak, maupun dimakan sebagai lalapan. Khasiat daun beluntas di antaranya untuk mencegah serta mengatasi berbagai penyakit.

Disclaimer: Jamu adalah ramuan tradional berbahan alami yang bisa membantu kesehatan tubuh. Bila ada keluhan kesehatan, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

 Â