Sukses

National Director Miss Universe Indonesia Buka Suara Usai Dugaan Finalis Difoto Tanpa Busana Berujung CEO Mundur

Di tengah kisruh dugaan finalis difoto tanpa busana saat body check, National Director and Owner Miss Universe Indonesia Organization Poppy Capella buka suara. Pernyataan disampaikan National Director Miss Universe Indonesia itu melalui akun Instagram resmi kontes kecantikan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kisruh dugaan finalis difoto tanpa busana saat body check, National Director and Owner Miss Universe Indonesia Organization Poppy Capella buka suara. Pernyataan disampaikan National Director Miss Universe Indonesia itu melalui akun Instagram resmi kontes kecantikan tersebut.

"Kepada pendukung kami yang berdedikasi, perwakilan media, dan masyarakat luas. Dalam dunia pageantry yang dinamis, suara bergema dari segala arah. Setiap komentar, setiap masukan, baik yang berbalut pujian maupun yang ditaburi kritik, sangat vital dalam memahat narasi Miss Universe Indonesia," bunyi keterangan yang dibagikan Poppy Capella pada hari ini, Senin (7/8/2023).

Ia menambahkan bahwa, "Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua orang yang telah meluangkan waktu sejenak untuk berbagi pandangan, perasaan, dan perspektif mereka dengan kami. Komentar Anda bukan sekadar kata-kata: itu adalah kekuatan yang kuat, yang mendorong tekad dan semangat kami."

Poppy menutup pernyataan dengan menyebut beragam masukan dan komentar bertindak sebagai bahan bakar dan memperkuat tekad mendorong Organisasi Miss Universe Indonesia ke tingkat yang lebih baru. Ia juga berterima kasih atas perhatian ragam pihak pada organisasi ini.

"Partisipasi aktif Anda memastikan Miss Universe Indonesia terus bersinar lebih cerah, berdiri lebih tinggi, tetap menjadi lambang keunggulan di dunia kontes," lanjut keterangan.

Pada unggahan lainnya, Poppy juga menyertakan pernyataan lain. "Sebagai National Director Miss Universe Indonesia, saya ingin menyampaikan perubahan yang signifikan dalam pedoman kompetisi tahun ini karena, Direktur provinsi kami, yang telah melakukan kompetisi mereka pada tahap awal, memilih beberapa pemenang yang tidak memenuhi persyaratan ketinggian minimum sebelumnya," bunyi keterangan itu.

"Acara ini diselenggarakan dengan itikad baik, dan tidak adil untuk mendiskualifikasi pemenangnya berdasarkan kriteria yang dapat dianggap tidak penting. Untuk menjaga integritas kompetisi lokal kami dan untuk mengakomodasi semua pemenang dari tingkat provinsi, saya telah memutuskan untuk menghapus persyaratan tinggi badan minimum," tulisnya.

Poppy melanjutkan, "Perubahan ini bukan semata-mata sebagai tanggapan atas hasil dari kegiatan tingkat provinsi tahap awal, tetapi juga merupakan cerminan dari komitmen kami terhadap inklusivitas baik di tingkat provinsi maupun nasional."

"Oleh karena itu, kami merevisi panduan kami untuk menghilangkan persyaratan tinggi minimum di semua tahapan kompetisi kami. Hormat saya, Poppy Capella National Director and Owner Miss Universe Indonesia Organization," tutup pernyataan National Director Miss Universe Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dugaan Finalis Difoto Tanpa Busana Saat Body Checking

Semua bermulai dari kontroversi yang membelit ajang Miss Universe Indonesia. Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, kabarnya ada sesi para finalis diminta untuk berfoto tanpa busana sebagai salah satu penilaian. Hal tersebut diungkap Province Director Sally Giovanny melalui unggahan di Instagram Story.

Ia menyampaikan bahwa ada body check dan foto tanpa busana yang membuat salah seorang finalis sampai menangis. "Ada apa ini? Body check terus difoto anaknya sampe nangis itu gimana konsepnya ya?," tulisnya dalam Insta Story yang dikutip, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Sally juga membagikan tangkapan layar percakapan dengan seseorang, seperti mengadukan kejadian tersebut. Tudingan itu bahwa kontes kecantikan itu melakukan pelecehan pun muncul dengan dugaan foto tanpa busana.

"Saya mendapat kabar anak-anak melakukan body check dan disuruh telanjang, tapi difoto, apakah ini diperbolehkan?" tulis pesan tersebut.

"Waduh, ini sudah keterlaluan. Siapa yang bertanggung jawab jika foto-foto telanjang tersebar?" balas pesan tersebut.

Dalam percakapan yang diunggah melalui Instagram Story, juga dibahas mengenai ancaman untuk melaporkan hal ini ke pihak kepolisian. "Ini body check yang benar, tidak boleh difoto!!" bunyi keterangan unggahan Sally Giovanny sambil mengunggah foto manekin.

3 dari 4 halaman

CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang Mundur

Setelah menyeruak dugaan tersebut, CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang menyampaikan pengunduran dirinya dari jabatan itu. Keterangan tersebut diungkapkannya dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya dengan bahasa Inggris pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya," bunyi pernyataan tersebut.

Ia menambahkan, "Saya ingin mengucapkan terima kasih terutama kepada Direktur Nasional kami, Ms. Poppy Capella karena telah mempercayakan saya dengan tugas dan misi besar ini untuk membawa kekuatan yang sangat percaya diri, memberdayakan perempuan, memimpin secara transformasi, untuk nilai-nilai inti yang baik dari Indonesia ke Universe."

"Saya mohon maaf, saya harus membuat keputusan untuk fokus pada karier dan pekerjaan saya sebelumnya di kampung halaman saya," jelasnya.

Dilanjutkannya, "Setiap informasi dan tanggung jawab mengenai Miss Universe Indonesia silakan hubungi melalui PT. CSK. Sekali lagi, terima kasih MUID, finalis, pendukung, dan pecinta kontes atas perjalanan luar biasa yang tak terlupakan seumur hidup ini. Sampai jumpa."

4 dari 4 halaman

Rio Motret Mundur

Menyusul Eldwen, kini giliran Rio Motret yang menyatakan pengunduran dirinya dari keterlibatan di kontes kecantikan tersebut. Rio Motret menyampaikan pernyataannya dalam unggahan di akun Instagram pribadi pada Minggu, 6 Agustus 2023. Unggahan yang ditulis dalam bahasa Inggris itu berlatar hitam dan berisi ungkapan pamit hingga rasa terima kasih kepada berbagai pihak.

"Halo, saya Riomotret dan melalui kesempatan ini, saya hanya ingin memberi tahu kalian bahwa perjalanan saya dengan Miss Universe Indonesia telah berakhir," tulis Rio Motret.

Fotografer ternama ini melanjutkan, "Ini merupakan perjalanan yang indah namun menakjubkan, penuh tantangan, kesenangan, dan pengalaman baru. Tapi saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada Miss Universe Indonesia agar saya bisa lebih fokus pada proyek saya yang akan datang."

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua anggota tim saya, tim Miss Universe Indonesia, juga semua pihak dan orang-orang yang telah mendukung saya sejak awal perjalanan ini," tutup Rio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini