Sukses

Reaksi Sandiaga Uno Soal Dugaan Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Harus Jalani Body Checking Tanpa Busana

Prosedur body checking dan foto tanpa busana membuat para finalis Miss Universe Indonesia 2023 merasa dilecehkan. Menparekraf Sandiaga Uno ikut menanggapi polemik tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Miss Universe Indonesia 2023 telah sukses digelar. Namun beritanya justru semakin ramai beberapa hari belakangan ini karena dikabarkan ada sesi body checking dan foto tanpa busana yang membuat para finalis Miss Universe Indonesia 2023 merasa dilecehkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ikut menanggapi polemik tersebut. Sandiaga Uno menyebut kondisi ini sangat mengkhawatirkan terutama karena finalis Miss Universe Indonesia diduga mengalami pelecehan oleh oknum penyelenggara saat sesi body checking yang kabarnya tidak ada dalam agenda acara.

Pihak Kemenparekraf telah mengirim tim untuk mengkonfirmasi kebenarannya dan berkordinasi dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. "Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan berburuk sangka terlebih dahulu dengan adanya kabar tersebut. Kita tunggu dulu laporan lengkapnya seperti apa agar tahu kejadian yang sebenarnya," ucap Sandiaga, dikutip dari video di kanal Enamplus Liputan6.com, Selasa, 8 Agustus 2023.

Namun jika terbukti ada pelecehan atau melanggar adat budaya apalagi kalau melangar hukum Indonesia, Sandiaga mengatakan pihaknya akan melakukan tindakan secara tegas. Sementara itu, aparat kepolisian mengusut kasus dugaan pelecehan seksual terhadap kontestan Miss Universe Indonesia 2023.

Kasus ini dilaporkan oleh seorang kontestan Miss Universe Indonesia 2023 inisial N bersama tim penasihat hukumnya Mellisa Anggraini ke Polda Metro Jaya, Senin 7 Agustus 2023. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari N. Laporan tercatat dengan nomor:LP/B/4598/VIII/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA tanggal 7 Agustus 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyelidikan Dugaan Pelecehan Segera Dilakukan

"Ya Polda Metro Jaya sudah menerima laporan dari pelapor," kata Trunoyudo dalam keteranganya, dilansir dari kanal News Liputan6.com, Selasa (8/8/2023).

Trunoyudo mengatakan, proses penyelidikan segera dilakukan dengan merujuk laporan tersebut. "Dasar laporan tersebut akan dijadikan landasan Polda Metro Jaya untuk proses penyelidikan lebih lanjut," tukasnya.

Sebelumnya, penasihat hukum korban Mellisa Anggraini yang mewakili 6 kontestan Miss Universe Indonesia 2023 menjelaskan dugaan pelecehan seksual. Hal itu terjadi pada saat proses body checking atau pemeriksaan tubuh di ballroom Sari Pacific Hotel Jakarta pada 1 Agustus 2023.

Saat itu, tiba-tiba dilakukan body checking terhadap para kontestan, yang menurut keterangan dari salah satu kontestan berinsial N tidak ada di dalam agenda. Bahkan Provincial Director tidak diberitahu akan ada body checking.

"Di mana-mana orang kalau mau body checking di kasih tahu dong. Tapi tidak pernah ada dan tidak dilakukan dengan proper dan di sembarang tempat," ujar Mellisa. Menurut Mellisa, masalah lain body checking dilaksanakan tidak di tempat privat.

 

3 dari 4 halaman

Kontestan Miss Universe Indonesia 2033 Merasa Terlecehkan

Ada 30 orang kontestan diminta berdiri tanpa menggunakan sehelai pakaian sedikit pun. Hal inilah yang membuat para kontestan merasa terlecehkan, tidak nyaman, dan sakit hati, karena value sebagai perempuan tidak dihargai.

"Semestinya satu-satu tapi ternyata dalam beberapa keterangan tidak ada privacy sama sekali mereka juga tidak satu-satu. Ini membuat klien kami ini terpukul merasa martabatnya dihinakan," ujar Mellisa.

"Kemudian dilakukan di Ballroom, bisa kebayangkan gedenya, di situ CCTV dan hanya dibuat skat dari banner serta gantungan baju. Jadi mereka yang dari dalam bisa melihat dari luar. Kita bisa bayangkan bagaimana teman-teman konstetan tertekan dalam situasi seperti itu," sambung dia.

Miss Universe Indonesia 2023 dimenangkan Fabienne Nicole Groeneveld. Fabienne diumumkan sebagai jawara Miss Universe Indonesia 2023 di acara malam Grand Final yang berlangsung di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, Kamis, 3 Agustus 2023.

Para juri memberikan nilai serta apresiasi maksimal kepada Fabienne di babak Top 15, Top 11, hingga Top 5 Miss Universe Indonesia 2023. Hingga akhirnya, nama Fabienne diumumkan sebagai pemenang kontes kecantikan bertaraf dunia itu. 

4 dari 4 halaman

Pemenang Miss Universe Indonesia 2023

"Mulai sekarang aku akan menjadi perwakilan negara Indonesia melalui gelar ini (Miss Universe Indonesia 2023)," kata Fabienne usai namanya diumumkan sebagai jawara baru Miss Universe Indonesia 2023.

Fabienne tak menyangka namanya disebut sebagai pemenang Miss Universe Indonesia 2023. Ia menilai para finalis lain juga layak mendapatkan gelar tersebut."Benar-benar tidak menyangka, aku sangat bersyukur atas tanggung jawab ini," tturnya.

Fabienne diketahui menjadi juara Miss Universe Indonesia 2023 karena penilaian dewan juri. Ia disebut sebagai paket komplit finalis yang bisa mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2023.

Ajang Miss Universe Indonesia 2023 juga mengumumkan runner up 1 dan 2 dalam acara malam Grand Final, yakni Vina Anggi Sitorus (1st Runner-up) dan Muthia Fatika Rachman (2nd Runner-up).

Poppy Capella selaku pemilik lisensi Miss Universe Indonesia berharap pemenang bisa menjadi satu sosok inspiratif bagi perempuan Indonesia. "Kita harap pemenang bisa merepresentasikan Indonesia dan bisa menjadi inspirasi bagi wanita-wanita di Indonesia yang membanggakan," Poppy Capella mejelaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini