Sukses

Pandawara Berhasil Ajak 10.800 Orang Bersihkan Pantai Kesenden Cirebon dari Tumpukan Sampah

Pandawara Group kembali menggerakkan ribuan massa dalam aksi bersih-bersih. Kali ini, mereka melancarkan aksi gotong royong membersihkan Pantai Kesenden yang berlokasi di Cirebon, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Pandawara Group kembali menggerakkan ribuan massa dalam aksi bersih-bersih. Kali ini, mereka melancarkan aksi gotong royong membersihkan Pantai Kesenden yang berlokasi di Cirebon, Jawa Barat.

Semula, Pandawara mengajak 7.800 orang untuk ambil bagian dalam aksi gotong royong ini. Namun, hasilnya melebihi target, yakni sebanyak sekitar 10.800 orang bahu-membahu membersihkan tumpukan sampah di Pantai Kesenden.

"5,300 volunteers hari pertama dan 5,500 volunteers di hari kedua (-+)🙌🏻🥹 "Cirebon we love you❤️"" demikian bunyi keterangan dalam video singkat yang dibagikan Pandawara di akun Instagram mereka pada Minggu, 13 Agustus 2023.

Video singkat itu mengabadikan aksi ribuan orang tersebut memenuhi Pantai Kesenden dan mengumpulkan sampah dalam plastik hitam besar. Video tersebut diiringi dengan lagu "Lirik Berkibarlah Bendera Negeriku" dalam nuansa HUT ke-78 RI.

Dalam video di hari pertama bersih-bersih terlihat berbagai lapisan masyarakat saling gotong royong membersihkan. Tampak pula tumpukan plastik hitam yang sudah dipenuhi sampah yang siap diangkut.

Berlanjut dengan hari kedua bersih-bersih, para masyarakat yang berkumpul tak kalah semangat meski di tengah hari yang terik. Sejak diunggah, video tersebut sudah disukai lebih dari 136 ribu kali.

Kolom komentar pun dibanjiri dengan pujian dan doa-doa terbaik. Salah satu pujian datang dari pendakwah Habib Husein Ja'far Al Hadar, "Selalu keren."

"5 orang pemuda bandung bisa menggerakkan ribuan orang untuk melakukan hal positif," bunyi komentar seorang warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuai Pujian Warganet

Sementara lainnya menulis, "Bertahun tahun ada narasi dan diskursus mengenai sebenarnya apa itu "INFLUENCER? " dan jawabannya saya tidak temukan, selalu ada "tapi kan... ". Akhirnya saya paham definisi ini setelah mengenal PANDAWARA. Kalian lah The real Influencer."

"Kalian luar biasa , 5 orang yg menggerakan 5000 orang," lanjut lainnya.

Warganet lain menuliskan, "Anak muda gini yang di harapkan bung karno. Semoga virus kebaikannya semakin luas.. semoga relawan yang terlibat di setiap kegiatan pandawara juga tetap konsisten membuat group baru dilingkungan masing masing."

"Mereka cuma butuh penggerak. Buktinya 5.500 org tumpah ke lokasi. Gokil," lanjut lainnya.

Warganet lain menambahkan, "Bung Karno pernah berkata "Beri Aku 10 Pemuda niscaya akan ku Guncangkan Dunia" Tapi kalian keren bro, 5 pemuda tapi bisa menggerakkan ribuan massa!! Niscaya akan lahir ribuan pemuda lainnya yg bisa menjadi penggerak perubahan dibidangnya sendiri!! Tetaplah menjadi pelopor dan pembawa kebaikan dimanapun berada, karena sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain ❤️❤️❤️."

3 dari 4 halaman

Awalnya Ajak 7.800 Orang

Sebelumnya, Pandawara Group kembali melancarkan aksi bersih-bersih dan kali ini perhatian tertuju pada Pantai Kesenden, Cirebon, Jawa Barat. Pandawara mengumumkan akan membersihkan pantai tersebut dalam sebuah unggahan di akun Instagram mereka.

Video singkat yang digawangi lima pemuda itu menampilkan mereka tengah berdiri di atas tumpukan sampah di Pantai Kesenden, Cirebon. Aksi ini juga dilakukan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun alias HUT ke-78 RI.

"Cirebon, rayakan hari kemerdekaan untuk memerdekakan pantai terkotor nomor tiga di Indonesia," kata salah seorang anggota Pandawara, Gilang, sembari memegang bendera merah putih.

Video selanjutkan memperlihatkan penampakan Pantai Kesenden yang dipenuhi sampah. Pandawara juga menyebut, dalam memperingati HUT ke-78 RI, mereka mengajak 7.800 orang membantu mengurangi sampah di pantai tersebut.

Mereka mengajak warga Cirebon, Jawa Barat untuk menunjukkan pada dunia cara merayakan HUT ke-78 RI dengan bersih-bersih pantai. Pandawara menunjukkan pantai yang didominasi sampah plastik dan kondisi air pantai yang kotor.

4 dari 4 halaman

Ajakan Bersih-Bersih

Pandawara mendapat informasi bahwa sampah di sini adalah kiriman dari sungai. "Di hari kemerdekaan ini, kita bangkitkan kembali semangat dan jiwa nasionalisme untuk masa depan tanpa kerusakan lingkungan," kata Ikhsan, anggota Pandawara lainnya.

Agung, juga anggota Pandawara, menyampaikan, "Untuk alamatnya ada di Pantai Kesenden, Jalan Diponegoro, Kampung Baru Kesenden, Kota Cirebon RT 07/RW 01. Untuk kegiatannya, (bersih-bersih) akan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu pada 12--13 Agustus 2023 pukul 08.00 pagi WIB."

"Kami mengimbau untuk seluruh volunteer yang ikut hadir agar menggunakan pakaian bernuansa kemerdekaan, yaitu merah dan putih. Kami tunggu kehadirannya. Terima kasih," lanjut Agung.

Sebelum video berakhir, mereka kembali menyertakan informasi bersih-bersih pantai, mulai dari alamat, sampai waktu pelaksanaannya. "Mari kita rayakan hari kemerdekaan ini untuk memerdekakan sesuatu yang belum merdeka, sampai ketemu di sana guys," bunyi keterangan tersebut.

Unggahan Pandawara tersebut memantik deretan tanggapan dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang memuji aksi kelima anak muda ini. "This is pandawara, pahlawan tanpa lencana yang peduli Indonesia," tulis salah seorang warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini